Laporan Traffic Tidak Valid – AdSense untuk Konten

Diposting pada

Pengalaman mendapat laporan Traffic Tidak Valid – AdSense untuk Konten pada akun Adsense pada setiap bulan.

Sudah pasti” saya sebagai publisher dari periklanan Google Adsense selalu melihat laporan penghasilan real pada akun Adsense pada setiap bulannya selalu berkurang.

Perbandingan trafik tidak valid dalam 3 bulan.

Bila dilihat dalam 3 bulan terakhir keseluruhan laporan pada setiap bulannya ada pengurangan Traffic Tidak Valid dengan nominal yang berbeda-beda seperti bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Traffic Tidak Valid – AdSense mei,juni,juli 2019 hanya sebagai gambaran saja

Di awal-awal mendapati laporan Traffic Tidak Valid pada menu pembayaran Adsense pada tanggal 2 bisa dibilang sangat kaget dan merasa tidak tenang menunggu pembayaran yang ditransfer, kebetulan saya menggunakan metode transfer Bank. Akankah dibayarkan pada tanggal 20-25 atau akun akan keburu dibanned’?”.

Baca juga: Cara mengatasi pelanggaran iklan tayang pada halaman yang melanggar atau halaman halaman 404 not found.

Tanggal 20 berlalu waktu itu pada pertama kali saldo memenuhi syarat minimal pembayaran yaitu Rp.1.300.000 tepatnya tangal 21 mendapat notifikasi email bahwa pembayaran sudah berhasil dilakukan dengan metode transfer bank.

Malam hari tanggal 21 mendapatkan email pemberitahuan pembayaran, pada paginya cek rekening koran Bank yang didaftarkan pada akun Adsense ternyata dana sudah masuk.

Senang hati bukan kepalang akhirnya pertamakalinya mendapatkan hasil dari jerih payah selama ini, dalam membangun sebuah blog, dari berusaha untuk bisa diterima sebagai publisher dan setelah diterima berusaha untuk meningkatkan pengunjung, dengan harapan pendapatan akan meningkat.

Akibat trafik tidak valid.

Apakah Traffic Tidak Valid akan berakibat pada di bannednya akun Adsense?

Dari beberapa artikel yang saya baca “iya” bahwa Traffic Tidak Valid akan mengakibatkan dibannednya akun Adsense. Dibanned tentunya dengan ketentuan nilai Traffic Tidak Valid melebihi presentase yang sudah ditentukan. Berapa presetasenya tidak ada yang bisa menjelaskan secara pasti dan memang dari pihak Google pun tidak ada satupun dari artikelnya yang menyebutkan nilainya.

Hitung presentase trafik tidak valid.

Namun sebagai gambaran untuk berapa presentasekah dari penghasilan publisher memiliki Traffic Tidak Valid akan dibanned atau dihentikannya kerjasamanya, bisa dibaca pada salah satu artikel yang membahas hal ini.

Ini judul artikelnya : Batasan maksimal traffic tidak valid, jika lebih bisa dibanned.

Disitu diungkapkan bahwa kemungkinan akun Adsense dibanned bila memiliki traffic tidak valid melebihi 10-15 persen dari total penghasilan yang didapat pada bulan itu.

Dengan 10% tersebut tentu kita bisa menghitungnya dengan cara misalkan penghasilan bulan ini adalah 5605450 sudah dikurangi nilai Rupiah traffic tidak valid yaitu semisal traffic tidak validnya 34250. Kita hitung sederhana saja “berapakah 10% dari 5605450?” jawabannya adalah 10/100x5605450=560,545.

Dengan begitu kita bisa dapatkan nilai angka 10% dari 5605450 adalah 560545. Sedangkan dilaporan traffic tidak valid yang dimiliki adalah dengan nilai 34250, masih sangat jauh dari nilai 10%nya. Untuk hitungan presentasenya tinggal hitung saja 34250/560545×100=0.61 jadi didapatkan trafik tidak valid adalah 0.61% dari jumlah penghasilan yang didapat yaitu Rp.5605450,-.

Jika memiliki penghasilan Rp.5,605,450 lalu dikurangi traffic tidak valid 560,545 maka apakah dipastikan akun “dibanned”?. Perhitungan ini bisa benar adanya bila benar bahwa batas ambang traffic tidak valid adalah 10% dari penghasilan.

Akun Adsense dibanned bukan hanya diakibatkan trafik tidak valid saja, namun masih banyak yang harus dipahami tentang kebijakan Adsense yang harus dipatuhi oleh semua publishernya.

Pengalaman saya selama ini belum pernah dan jangan sampai pernah mengalami traffic tidak valid sampai dengan 10% dari penghasilan yang kita terima, semoga saja tidak terjadi kepada kita semua para publisher” kita hanya bisa berdo’a.

Traffic tidak valid tertinggi saya adalah dinilai Rp 35.653,00 dan setelah dihitung-hitung sangat jauh dari 10 persen dari penghasilan yang saya terima, dan sampai sekarang akun saya masih aman. Kembali Do’a saya adalah semoga akun tetap aman untuk selamanya.

Itulah pengalaman saya menerima laporan traffic tidak valid pada akun Adsense pada 3 bulan terakhir. Semoga bermanfaat menambah pengetahuan walaupun mugkin Anda lebih berpengalaman dari saya. Terus semangat buatlah konten yang yang bisa bermanfaat bagi pembaca, InsyaAllah.

Update 2/1/21.

Hari ini saya update kembali artikel ini tujuannya adalah tetap berbagi perihal trafik tidak valid ini, dua tahun sudah blog saya ini bersama dengan Adsense menjadi publishernya. Banyak hal sudah dilalui dari teguran-teguran yang pernah saya terima, kalau tidak salah sudah 3 kali teguran yang saya terima, pertama masalah konten yang terlalu dewasa, kedua akibat menghapus salah satu link postingan sehingga iklan tampil pada halaman 404, ketiga postingan ada yang melaporkan telah melanggar hak cipta, pada akhirnya banding dan diterima, ternyata yang melaporkan postingan tersebut bukan pemiliknya asli, sudah saya tanya langsung ke pemiliknya, yang jelas orang itu ingin meningkatkan status blognya dengan cara pengecut. Sampai sekarang dari seringnya teguran maka membuat saya lebih dewasa dengan lebih berhati-hati sebelum memutuskan artikel saya untuk dipublikasikan.

Dari itu semua bisa diambil hikmahnya Alhamdulillah sampai sekarang akun saya masih aman bersih dari teguran pelanggaran-pelanggaran sebelumnya, dan semoga untuk selamanya. Sedangkan untuk traffic tidak Valid AdSense untuk konten sendiri pada setiap bulannya selalu ada, namun tentunya jumlahnya bisa dibilang kecil, yaa,,harapannya traffic tidak valid itu hilang dari pandangan saya, namun walaupun saya tidak pernah mengklik iklan yang tampil diblog sendiri, tetapi tentunya pengunjung yang memang mungkin kesalahan saya sendiri akibat dari posisi iklan yang terkadang muncul pada tempat yang membuat iklan terklik tidak sengaja oleh pengunjung.

Berikut traffic tidak valid dalam 3 bulan terakhir pada akun saya:

Desember 2020.

November 2020.

Oktober 2020.

Itulah traffic tidak valid untuk akun Adsense yang saya kelola, apabila dihitung seperti saya jelaskan diatas mungkin traffic tidak valid pada akun saya itu dibawah 1% dari penghasilan pada setiap bulannya.

2 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *