Kopi Ternikmat di Indonesia

Diposting pada

Kopi Ternikmat di Indonesia

Minum kopi sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Bagi si pecinta kopi, kamu pasti sadar bahwa rasa dan aroma kopi sangat mempengaruhi kenikmatan sebuah kopi. Kopi memiliki jenis yang beragam mulai dari kopi impor hingga kopi lokal Indonesia. Setiap jenis kopi -memiliki kenikmatan dan ciri khas masing-masing. Lalu jenis kopi apa saja sih yang dikenal paling nikmat di Indonesia ?. Kali ini kita akan membahas beberapa kopi ternikmat di Indonesia yang wajib kamu coba.

Kopi Ternikmat di Indonesia

Kopi Luwak

Siapapun pasti tahu, bahwa kopi luwak merupakan salah satu kopi ternikmat di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia kopi luwak juga dinobatkan sebagai salah satu kopi ternikmat dan termahal di dunia, loh. Kopi luwak adalah kopi yang berasal dari biji kopi yang dikeluarkan berasama kotoran luwak hewan sejenis musang.

Proses panennya yang rumit dibandingkan kopi lainnya menjadikan harga dari kopi ini mahal. Lalu bagaimana proses panen kopi luwak ?, pertama biji kopi harus terlebih dahulu dimakan oleh luwak. Biji kopi yang telah dimakan oleh luwak tersebut akan mengalami proses fermentasi di dalam perut luwak. Setelah luwak mengeluarkan kotoran, pada saat itu petani kopi akan mengumpulkan kotoran dari luwak tersebut, lalu mengolahnya hingga menjadi kopi yang bisa dinikmati.

Selain proses panen yang rumit, jumlah persedian kopi yang terbatas menjadikan harga kopi ini mahal. Kopi luwak dikenal memiliki cita rasa yang halus dibandingkan kopi lainnya dan aman untuk lambung.  

RELATED :  Sempurnakan Rencana Traveling dengan 10 Tips Traveling Super Hemat!

Kopi Aceh Gayo

Aceh terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia. Aceh juga terkenal dengan kedai-kedai kopinya yang memiliki racikan kopi khas masing-masing. Inilah mengapa kopi Aceh dikenal sebagai salah satu kopi ternikmat di Indonesia. Kopi Aceh Gayo merupakan kopi berjenis Arabika.

Kopi Aceh Gayo memiliki rasa yang khas dan aroma yang nikmat. Jika di test rasa dan aromanya kopi Aceh Gayo memiliki hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia. Selain di Indonesia, kopi Aceh Gayo juga terkenal di dunia. Kopi Aceh Gayo pernah beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia.

Kopi Wamena

Kopi wamena berasal dari Papua. Kopi arabika yang tumbuh di dataran tinggi yang sangat subut ini dirawat secara organik, hal inilah yang membuat kopi wamena memiliki kualitas yang baik.

Kopi Wamena memiliki cita rasa yang lembut dan tidak terlalu asam serta tidak terlalu manis. Kopi Wamena sudah di ekspor ke berbagai macam negara seperti Amerika dan Jepang.

Kopi Toraja

Kopi ini berasal dari Sulawesi tepatnya Toraja. Kopi Toraja juga dikenal oeh pecinta kopi di seluruh dunia. Kopi toraja memiliki after taste atau rasa setelah diminum yang tidak terlalu pahit, hal  inilah yang membuat kopi Toraja menjadi salah satu kopi ternikmat di Indonesia bahkan dunia. Kopi Toraja memiliki aroma yang khas, hal ini dikarenakan kopi Toraja biasanya ditanajm berdekatan dengan tumbuhan rempah lainnya, sehingga kopi toraja mampu menghasilkan aroma yang sangat khas.

Kopi Toraja terdiri dari kopi toraja arabika dan kopi toraja robusta. Kopi toraja robusta memiliki cita rasa yang lebih pahit dibandingkan kopi toraja arabika. Untuk jumlah produksi, saat ini kopi toraja arabika di produksi lebih banyak dibandingkan dengan kopi toraja robusta.

RELATED :  Mengaku Pecinta Martabak ? Yuk, Kenali Martabak Lebih Dalam

Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang merupakan kopi yang berasal dari Sumatera Utara. Sidikalang adalah nama ibu kota dari kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kopi ini tumbuh didataran bukit barisan dan memiliki cita rasa yang khas. Di kalangan pecinta kopi, kopi Sindikalang dianggap sebagai saingan utama kopi Brazi, loh. Jadi, untuk kamu si pecinta kopi, kamu harus mencoba kopi Sidikalang ini.

Gambar Gravatar
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *