Komputer Rakitan dan Branded, Pahami ini sebelum membeli

Diposting pada

Mau beli Komputer Dekstop, branded atau rakitan? Berikut rekomendasi dan pertimbangan sebelum memutuskan membeli kedua jenis Komputer ini, sesuaikan dengan kebutuhan.

Komputer memang telah menjadi bagian yang penting bagi kelangsungan kegiatan harian masyarakat pada era modern ini. Kebutuhan akan komputer menjadi hal yang utama dalam bekerja maupun bersenang-senang. Jadi, bukan suatu hal yang luar biasa ketika anda rela merogoh kocek yang tidak sedikit demi membeli maupun merakit sebuah komputer.

Banyak orang memilih PC desktop untuk memenuhi kebutuhan akan teknologi. Pasalnya, komputer jenis ini memang menawarkan performa yang optimal dengan harga yang lebih terjangkau. Terlebih lagi jika anda harus membandingkannya dengan harga sebuah laptop atau notebook.

Tak hanya itu, PC desktop juga menawarkan kemudahan dalam hal upgrade komponen. Bagaimana tidak? Anda bisa dengan mudah mengganti komponen PC hanya dengan membeli di toko komputer. Ini merupakan opsi yang sangat praktis ketimbang harus membeli laptop baru setiap ada perkembangan teknologi.

Keunggulan PC desktop tentu saja membuatnya terlihat sebagai opsi yang menarik bagi berbagai kalangan masyarakat. Tak pelak banyak yang akhirnya berlomba-lomba membeli komputer branded dan rakitan yang saat ini masih merajai pasaran.

Jika anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang ingin beralih menggunakan teknologi ini, ada baiknya untuk mempelajari segala elemen yang berkaitan dengan PC desktop.

Untuk itulah, artikel ini menyediakan informasi lengkap tentang rekomendasi komputer branded dan rakitan. Jangan sampai salah pilih! Pertimbangan yang matang perlu anda lakukan sebelum membuat keputusan yang mungkin akan mengubah hidup anda.

Macam-macam Hardware Pada Komputer

Komputer memiliki dua macam perangkat yaitu hardware dan software. Saat hendak membeli atau membangun komputer rakitan, anda perlu memahami macam-macam hardware pada sebuah komputer.

Hardware atau perangkat keras komputer merupakan sebuah komponen fisik yang nantinya akan menjalankan perintah pemrograman komputer. Komponen ini adalah bagian yang dapat anda sentuh, lihat dan raba. Apa saja yang termasuk hardware dalam sebuah komputer?

Processor.

Komponen processor merupakan hardware pada komputer yang berfungsi dalam melakukan pembacaan dan pelaksanaan perintah yang berasal dari program.

Motherboard.

Komponen Motherboard sering juga disebut Mainboard. Perangkat keras yang satu ini adalah sirkuit utama yang memiliki fungsi sebagai penghubung perangkat keras yang lain. Oleh karena itu, motherboard memiliki bagian khusus seperti port, chip bios, jalur konektor dan slot.

Harddisk.

Perangkat keras ini memiliki kegunaan sebagai penyimpan data pada komputer. Harddisk terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu HDD eksternal dan internal.

RAM atau Random Access Memory.

Komponen RAM merupakan sebuah perangkat keras yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan informasi sementara dalam sebuah komputer. Pada komponen ini, anda dapat menemukan instruksi-instruksi pemrograman yang hendak dilaksanakan.

VGA card.

Kartu VGA merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berguna dalam mengatur tingkat kualitas visual. Semakin canggih sebuah VGA maka semakin tinggi pula kualitas gambar yang ditampilkan.

Power Supply.

Komponen ini adalah perangkat keras komputer yang berhubungan langsung dengan arus listrik. Power Supply memiliki fungsi sebagai penyalur daya listrik pada komputer anda.

Perhatikan hal ini sebelum membeli sebuah Komputer.

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah PC Desktop. Anda perlu mengetahui bahwa ada dua jenis PC Desktop yang umumnya dijual oleh toko komputer. Yang pertama adalah PC Branded dan yang kedua merupakan PC rakitan.

PC Branded adalah PC desktop yang merupakan produk jadi dari sebuah brand komputer. Karena termasuk sebuah end product maka PC Branded tentu saja memiliki spesifikasi tertentu yang berasal dari pengembangnya.

Sebaliknya, PC Rakitan adalah PC Desktop yang tidak bernaung pada brand manapun. PC yang sering disebut PC Jangkrik ini biasanya merupakan hasil rakitan toko komputer independen.

Kedua jenis komputer meja ini tentu saja menghadirkan alternatif yang menarik bagi para penggemarnya. Sebagian gemar membeli yang branded sedangkan yang lain lebih suka versi rakitan. Kendati keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum membelinya.

Perhatikan hal ini sebelum membeli PC branded.

Seperti yang telah kami sebutkan, PC Branded merupakan sebuah produk jadi dari brand komputer tertentu. Hasilnya, anda tidak dapat memilih sendiri spesifikasi dari sebuah PC Branded. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membelinya anda harus mengetahui terlebih dulu kebutuhan utama anda dari sebuah PC.

Bila kebutuhan anda meliputi penggunaan software yang berat, maka anda harus meneliti terlebih dahulu requirement-nya. Dari situ anda akan mendapatkan perkiraan spesifikasi komputer yang tepat dalam menjalankan program yang anda butuhkan. Perkiraan ini akan membantu anda dalam menentukan model PC Branded yang harus anda miliki.

Beberapa pertanyaan inilah yang biasanya harus anda jawab ketika hendak membeli PC Branded:

  • Sudahkah spesifikasi prosesornya mampu mengatasi kebutuhan anda?
  • Apakah PC tersebut memiliki RAM yang cukup untuk melakukan multitasking?
  • Mampukah VGA Cardnya menyajikan kualitas gambar yang paling menawan?
  • Apakah PC tersebut memiliki HDD yang cukup besar untuk menyimpan seluruh data anda?

Ketika anda bisa menjawab seluruh pertanyaan tersebut dengan kata “iya”, maka yang perlu anda lakukan tinggal menyesuaikan budget yang anda miliki dan melakukan pembelian.

Perhatikan hal ini sebelum membeli PC Rakitan.

PC Rakitan atau built-up dapat menjadi opsi yang lebih ekonomis bagi anda yang memiliki kocek terbatas. Komputer jenis ini juga dapat menjadi solusi murah meriah bagi anda yang membutuhkan komputer dalam menjalankan berbagai bidang usaha.

Fleksibilitas menjadi poin penting ketika hendak membeli PC Rakitan. Dalam artian, anda dapat mengatur sendiri spesifikasi PC sesuai dengan kebutuhan. Untuk itulah, hal yang utama dalam membeli PC Rakitan adalah mengerti terlebih dahulu tentang apa sebenarnya yang anda inginkan.

Keperluan komponen sebuah komputer game tentu akan berbeda dengan kebutuhan komputer desainer. Jika anda ingin menggunakannya untuk kebutuhan game maka VGA card yang berkualitas tinggi saja sudah cukup. Sedangkan untuk desain, anda akan menginginkan prosesor, RAM, serta VGA yang mumpuni.

Berikutnya, anda harus memperhatikan apakah vendor yang membangun PC Rakitan memiliki kredibilitas yang cukup baik. Jangan sampai anda terjebak membeli PC Rakitan yang ternyata dibangun dari komponen komputer bekas. Untuk itulah, anda perlu memilih vendor yang mampu menyediakan garansi resmi.

Harga komputer rakitan biasanya memang lebih miring ketika anda membandingkannya dengan PC Branded. Meski demikian anda perlu juga memperhatikan spesifikasi bangunan komputer anda. Beberapa merk komponen mungkin saja tidak bisa dirangkai menjadi satu kesatuan. Ini perlu anda teliti untuk mendapatkan komputer yang awet dan jarang mengalami kerusakan.

Rekomendasi Merk PC Branded.

Ada banyak sekali Merk PC Branded yang dapat anda temui di pasar komputer. Pada bagian ini, kami akan mengulas rekomendasi merk-merek terbaik untuk kebutuhan teknologi anda.

Merk Apple.

Perusahaan yang satu ini selalu berhasil mencuri posisi pertama dari kompetitornya. Apple dapat meraih peringkat nomor satu karena produknya memang memiliki spesifikasi terbaik dalam bidang teknologi informasi.

Hadir dengan tampilan desain yang elegan tidak membuat PC merk Apple kalah dalam hal pemrosesan data. Inilah yang membuat banyak orang selalu saja berlomba untuk membeli PC keluaran Apple yang terbaru.

Kendati memiliki harga jual yang mahal, banyak yang berpendapat bahwa harga tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Konon membeli iMac, juga dapat meningkatkan sekuritas data-data anda karena iMac memiliki ios sendiri yang membedakannya dengan merk lain di pasaran.

Merk Dell.

Perusahaan Dell merupakan salah satu dari perusahaan pengembang barang elektronik yang memiliki fokus dalam pembuatan komputer saja. Inilah yang kemudian menjadikan brand tersebut unggulan ketika anda membandingkannya dengan brand yang lain.

Setiap komponen komputer Dell telah teruji dengan baik dan memiliki garansi yang mumpuni. Kualitasnya sendiri mampu menyamai Apple dan mengalahkan banyak perusahaan lain yang sejenis. Itulah yang menempatkan komputer Merk Dell pada urutan kedua PC Branded terbaik dunia.

Merk ASUS.

Perusahaan asal Taiwan ini termasuk dalam jajaran manufaktur komputer terbesar dunia. ASUS merupakan salah satu perusahaan yang terdepan dalam hal pengembangan teknologi. Oleh karena itu, produk buatan ASUS sering kali muncul dan langsung diserbu jutaan penggemarnya di pasar komputer.

Teknologi yang selalu baru membuat komputer keluaran ASUS memiliki banyak sekali penggemar. Bila anda memang suka komputer dengan terobosan terkini, maka merk ini akan memberi jawaban yang manis bagi pencarian anda. Tak hanya canggih, ASUS juga terkenal memiliki kualitas inovasi yang baik.

Rekomendasi merk komponen PC rakitan.

Penggemar PC Rakitan tentu memiliki pertimbangan yang berbeda dengan fans PC Branded. Merk komponen yang baik adalah yang dicari. Inilah beberapa rekomendasi merk komponen PC Rakitan yang telah kami rangkum khusus untuk anda.

Merk Processor rakitan terbaik.

Processor AMD A10-5800K.

Spesifikasi :

  • 4C/4T, 4MB cache, 3.8GHz
  • Socket: FM2

Keunggulan:

Processor terbaik bagi pengguna FM2, tahan lama dan sangat baik untuk sistem komputer anda.

Dengan harga yang tidak sampai satu juta, anda sudah mendapatkan processor yang memiliki garansi hingga 3 tahun lamanya. Salah satu keunggulan AMD A10-5800K terletak pada sistem yang terintegrasi dengan baik. Processor ini termasuk salah satu yang efisien karena jumlah intinya dapat di-upgrade hingga 12.

Processor AMD FX-9590.

Spesifikasi :

  • 8C/8T, 16MB cache, CPU only, 4.7GHz
  • Socket: AM3+

Processor yang satu ini memiliki kecepatan clock turbo dari 4.7GHZ hingga 5GHz. Keunggulannya terletak pada kemampuannya untuk tetap berada pada suhu rendah meski digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Processor Intel Core i3-6100.

Spesifikasi :

  • 2C/4T, 3MB cache, boxed, 3.7GHz
  • Socket: Socket 1151

Dengan harga yang sangat ramah di kantong, Intel Core i3-6100 berhasil masuk ke jajaran processor komputer PC terbaik dari generasi core. Performanya sendiri sudah sangat layak pakai karena kecepatan yang mencapai 3.7GHz.

Merek Motherboard terbaik untuk PC rakitan.

MSI Z270 SLI Plus.

MSI Z270 adalah motherboard kekinian yang meraih banyak penggemar di kalangan gamer. Motherboard ini juga sudah masuk ke dalam jajaran Intel generasi terbaru, yakni i7. Pada soketnya, MSI Z270 memiliki kelengkapan LGA 1151. Motherboard ini juga datang dengan fitur canggih seperti VR Ready dan VR Boost.

Salah satu kelebihan motherboard ini adalah kemampuannya untuk bekerja meski ditempatkan pada ruang sempit. Pasalnya, MSI Z270 masih berfungsi dengan ATX yang mempunyai lebar 24.4 cm serta panjang 30.5 cm. Motherboard ini menggunakan Chipset X299. Harga belinya sendiri mencapai 1,5 jutaan.

Asus Prime Z270-A.

Merk motherboard paling baik selanjutnya merupakan hasil besutan Asus yaitu Prime Z270-A. Motherboard yang satu ini datang dengan fitur OverClocking (OC) yang membuat penggunanya dapat memaksimalkan performa motherboard. Prime Z720-A sudah terkoneksi dengan pendingin ganda M2 yang membuatnya selalu stabil.

Motherboard keluaran Asus ini memiliki lebar 9.6 inch serta panjang 12 inch. Chipsetnya sendiri menggunakan Z270 Express. Sayangnya, motherboard ini belum memiliki fitur Bluetooth dan WiFi. Padahal, Budget yang anda perlukan untuk bisa membelinya adalah sekitar 2 jutaan.

Merk PSU terbaik bagi Komputer rakitan.

Corsair AX1600i.

Merk PSU Corsair memang merupakan brand terdepan di bidangnya. PSU jenis ini telah memiliki sertifikasi 80 Plus Titanium. Artinya, komponen PSU tersebut mampu menghantarkan tegangan listrik sejumlah 1.600 W. Dilengkapi dengan kipas FDB 140 mm, PSU ini dapat bekerja optimal dengan suara yang anti bising. Anda bahkan juga bisa membuatnya tidak bersuara dengan mode zero RPM fan.

Seasonic Prime Platinum 1200PD.

Sama seperti Corsair AX1600i, Seasonic Prime Platinum 1200PD telah memiliki sertifikasi 80 Plus Platinum. Tak hanya itu, PSU ini diakui memiliki efisiensi setinggi 92% jika beroperasi pada beban 50%. Kipas FDB milik PSU ini mampu meredam suara dengan lebih baik ketimbang jenis lainnya. Selain itu, PSU ini juga menyajikan sistem koneksi yang lain daripada yang lain dimana panel belakang pada papan sirkuitnya dihubungkan melalui plat perunggu.

Kekurangan dan kelebihan dari membeli komputer asli/branded bukan rakitan.

Tentu saja, memilih untuk membeli PC Branded memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang anda dapatkan ketika membeli komputer asli bukan rakitan:

Kelebihan membeli PC branded.

  • Bebas dari kerepotan memilih-milih merk dan spesifikasi perangkat keras.
  • Anda bisa membeli PC Branded yang tersedia sepaket dengan sistem operasi original.
  • Jika terjadi kerusakan, anda bisa langsung mengklaim garansi ke support service brand komputer.
  • Kualitas komputer lebih terjamin karena brand pasti sudah menguji coba produk dengan baik.
  • PC Branded biasanya hadir dengan desain ergonomis yang membuatnya tampak lebih rapi dari kabel-kabel yang berserakan.

Kekurangan membeli PC Branded.

  • Anda tidak dapat membangun PC yang sesuai dengan kebutuhan spesifik pribadi.
  • Harganya relatif lebih mahal dibandingkan PC Rakitan.
  • Kesulitan untuk melakukan upgrade komponen tertentu.

Kekurangan dan kelebihan dari membeli komputer asli rakitan.

Ada juga beberapa kelebihan dan kekurangan ketika anda hendak membeli komputer rakitan. Mari kita lihat bersama apa saja kelebihannya:

Kelebihan membeli Komputer rakitan.

  • PC Rakitan dapat dibangun sesuai kebutuhan anda.
  • Bila ada komponen yang rusak, anda hanya perlu mengganti komponen tersebut.
  • Harga untuk PC rakitan dengan spesifikasi tinggi masih sangat terjangkau.
  • Dapat di-upgrade sesuai dengan teknologi terkini.

Kekurangan beli Komputer rakitan.

Sedangkan, kekurangan membeli Komputer rakitan:

  • Garansi tidak bisa diklaim di satu tempat saja karena harus disesuaikan dengan merk masing-masing komponen.
  • Tidak rapi, karena anda mungkin akan melihat banyak kabel berserakan di sekitar meja komputer anda.
  • Jika anda tidak memiliki pengetahuan komputer yang baik, maka anda akan rawan tertipu PC rakitan murah dengan komponen bekas.

Pilihan terbaik, rekomendasi memilih Komputer.

Pilihan kembali kepada Penggunanya itu sendiri.

Memilih komputer yang tepat untuk kebutuhan sehari-hari memang seperti mencari teman hidup. Anda harus pandai memilih dan membandingkan produk PC desktop yang terbaik bagi keperluan anda.

Ini adalah beberapa hal utama yang harus anda pertimbakan sebelum mengambil keputusan:

  • Pahami dulu keperluan anda dalam membeli komputer. Ini adalah modal awal untuk menentukan mana spesifikasi komputer yang terbaik bagi anda.
  • Hitung budget yang tersedia! Mengetahui budget anda akan membuat anda lebih mudah melakukan penyesuaian dalam membeli PC Desktop idaman.
  • Belilah komputer pada vendor yang terpercaya. Hindari penipuan dengan mendatangi toko komputer yang memiliki kredibilitas tinggi di kota anda.

Baik komputer rakitan maupun yang bukan rakitan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Harapan kami, ulasan ini mampu memberikan sedikit banyak pengetahuan untuk sebuah pengambilan keputusan penting dalam hidup anda.

Nah, sudah siapkah anda berbelanja? Mulailah dengan mendatangi toko komputer terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *