Komputer Alami Blue Screen, Ini Penyebabnya

  • Whatsapp
Komputer Alami Blue Screen, Ini Penyebabnya

Penyebab Komputer alami blue screen ini beberapa penyebabnya, diantaranya adalah oleh kerusakan pada driver itu sendiri, dan beberapa penyebab lainnya, berikut ulasanannya;

Ketika Anda sedang bekerja dengan menggunakan komputer, lalu tiba-tiba komputer mengalami blue screen, tentu ini membuat bingung bagi sebagian besar orang. Apalagi di saat blue screen juga muncul kode-kode yang tidak Anda ketahui sama sekali artinya. Pastinya kondisi ini akan membuat pekerjaan Anda semakin tertunda. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui penyebab komputer blue screen.

Read More

Penyebab Komputer Mengalami Blue Screen.

Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab dari adanya blue screen yang menyerang komputer Anda.

  • 1. Rusaknya Driver Komputer

Blue screen pada komputer bisa disebabkan karena rusaknya driver komputer Anda. Hal ini ditandai dengan adanya pesan berupa IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A atau pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE. Pesan ini artinya bahwa driver di komputer sedang rusak.

Di mana sistem operasi tidak bisa mendeteksi secara baik perangkat yang dihubungkan. Dengan begitu, driver yang manual maupun yang otomatis di-instal telah mengalami kerusakan. Blue screen pun terjadi karena driver tidak cocok dengan sistem operasi.

  • 2. Komputer Yang Terlalu Panas

Jika Anda menggunakan komputer secara terus-menerus, hal ini bisa membuat komputer menjadi panas. Hal inilah yang bisa memunculkan blue screen dengan adanya pesan berupa UNEXPECTED_KERNEL_TRAP dengan kode 0X0000007F atau pesan berupa MACHINE_CHECK_EXCEPTION.

  • 3. RAM Atau Slot RAM Yang Rusak

Kerusakan pada hardware komputer berupa RAM juga bisa menjadi penyebab komputer blue screen. Diketahui bahwa sistem komputer berfungsi untuk menhubungkan antara hardware, software, dan brainware.

Sistem operasi ini yang nantinya akan melanjutkan proses ketika hardware, khususnya RAM mengalami kerusakan. Pesan yang muncul di saat blue screen adalah DATA_BUS_ERROR atau PEN_LIST_CORRUPT.

  • 4. File System Alami Kesalahan

Ketika komputer mengalami blue screen akibat kesalahan di file system, maka akan memunculkan pesan berupa NTFS_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000024 atau pesan berupa FAT_FILE_SYSTEM yang berkode 0X00000023.

Permasalahan ini terjadi karena file di partisi FAT, FAT32, atau NTFS. Anda bisa mengatasinya dengan mengecek hard disk yang tidak perlu untuk diformat atau mengecek kabel power dan kabel data komputer.

  • 5. Memory Video Card Mengalami Kerusakan

Saat kapasitas memori digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan grafik, maka permasalahan blue screen pun bisa terjadi. Untuk mengetahui bahwa blue screen ini disebabkan oleh rusaknya memory video card ditandai dengan munculnya pesan berupa PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA.

  • 6. Boot Sector Atau Boot Device Alami Kesalahan

Hadirnya blue screen bisa terjadi karena adanya kesalahan pada boot sector atau boot device. Di mana hal ini bisa karena adanya virus yang telah merusak boot sector atau hard disk tersebut. Biasanya kemunculan blue screen juga disertai dengan pesan berupa INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE.

Dengan mengetahui penyebab komputer blue screen tersebut yang juga disertai dengan pesan dan kodenya, maka Anda pun tidak perlu bingung lagi jika sewaktu-waktu komputer Anda mengalami blue screen dan menampilkan kode-kode tersebut.

Penyebab blue screen memang tidak selalu disebabkan yang sama seperti disebutkan diatas, banyak penyebab yang tentunya untuk mengetahui dan memperbaikinya harus diserahkan kepada ahlinya, seperti pernah diulas juga sebelumnya bahwa setelah ganti Motherboard Komputer pun bisa mengalami bue screen ini.

Related posts