Komponen Yang Harus Ada Pada PC Gaming Dan Cara Merakitnya Secara Benar

Diposting pada

Komponen apa saja yang harus ada pada PC Gaming, dan bagaimana cara merakitnya dengan benar?

Di dalam merakit PC atau komputer untuk gaming sejak proses awal merupakan cara agar sistem tersebut bisa berjalan sesuai dengan apa yang menjadi harapan Anda. Karena tentunya saat bermain game, Anda menginginkan bisa melakukan secara lancar dan nyaman.

Oleh karena itu, hal tersebut sangat bergantung dari proses pemasangan PC-nya. PC yang Anda rakit juga haruslah disesuaikan dengan perubahan teknologi yang terjadi saat ini, kebutuhan apa saja yang Anda perlukan, serta yang tidak kalah penting adalah menyesuaikannya dengan anggaran Anda. 

Komponen Yang Dibutuhkan Untuk Merakit PC Game.

Di dalam merakit PC game ada beberapa komponen yang harus Anda penuhi sehingga PC tersebut bisa berfungsi dengan baik. Berikut adalah komponen-komponen tersebut.

CPU.

CPU adalah otak dari komputer, sehingga CPU sangatlah dibutuhkan dalam perakitan PC atau komputer gaming. Di dalam pemilihan CPU ini terdapat dua metrik performa utama yang bisa membantu Anda, yakni jumlah core dan kecepatan clock.

Jumlah core ini akan memberi tahu pada Anda tentang jumlah tugas yang nantinya bisa dilakukan oleh CPU dalam waktu bersamaan. Sedangkan kecepatan clock untuk memberitahu Anda tentang seberapa cepatnya CPU di dalam menjalankan tugas-tugas tersebut.

Motherboard.

CPU letaknya berada di motherboard. Di mana motherboard ini adalah berupa papan sirkuit utama yang terhubung dengan semua bagian. Bentuk-bentuk yang paling umum dari motherboard berupa Extended ATX, ATX, microATX, dan Mini-ITX.

RAM.

Di RAM inilah PC akan menyimpan data yang digunakannya. Pastikan Anda memilih RAM yang sesuai dengan kebutuhan komputer gaming Anda. Secara ideal, komputer gaming membutuhkan RAM rata 8 hingga 16 GB. Hal yang tidak kalah penting saat memilih RAM adalah apa yang bisa didukung oleh motherboard dan processor di komputer Anda.

GPU.

Graphics Processing Unit (GPU) terbagi menjadi dua, yakni terintegrasi dan terpisah. Untuk processor grafis terintegrasi adalah bersatu dengan CPU. Sedangkan untuk grafis terpisah merupakan komponen yang besar dan andal, serta dipasangkan pada motherboard.

PSU.

PSU atau unit catu daya ini adalah hal penting untuk segala rakitan. PSU haruslah dibuat secara baik dan kuat untuk bisa mengatasi semua komponen.

Sistem Operasi (OS).

Tidak kalah penting adalah sistem operasi. Di mana Anda perlu mempersiapkan instalasi sistem operasi setelah semua komponen dirakit di dalam casing. Sistem operasi inilah yang nantinya akan membantu dalam pengelolaan komunikasi antara program dan perangkat keras komputer.

CPU Terbaik Untuk Gaming.

Ketika Anda hendak memilih CPU gaming, maka pastinya Anda ingin untuk menyesuaikan antara kinerja dan fitur-fiturnya serta budget yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting sekali melakukan pertimbangan di dalam memilih CPU gaming.

Untuk masalah merek, baik itu intel maupun AMD sudah ada CPU dari masing-masing yang berkualitas. Lalu perhatikan juga bahwa untuk CPU gaming, clock speed menjadi sangat penting dibandingkan dengan jumlah core.

Kemudian untuk RAM dan VGA card juga harus memiliki kualitas yang seimbang dan pemilihan CPU cooler juga tidak perlu untuk membeli yang terlalu mahal jika Anda memang bukan orang yang senang Overlock.

Berikut adalah rekomendasi CPU terbaik untuk gaming.

Intel Core i5-10600K.

CPU ini memiliki peningkatan jumlah thread dan dipasangkan dengan frekuensi boost yang lebih tinggi. Hal ini pun mampu menghasilkan gameplay yang lebih cepat dibandingkan dengan Core i5. Sehingga chip ini dirasa sangat cocok untuk para pemain game yang bisa mendapatkan refresh rate tinggi. Bahkan harganya sama dengan Core i5-9600K.

AMD Ryzen 9 3950X.

CPU memiliki 16 core dan 32 thread dengan kinerja CPU kelas HEDT ke motherboard standar. Diketahui bahwa harga CPU ini lebih tinggi, namun bisa dipastikan harga ini sangat terjangkau jika dibandingkan dengan processor HEDT yang lain.

AMD Ryzen 7 3700X.

CPU inilah yang memungkinkan Anda untuk bisa melakukan streaming game sembari mengedit video. Walaupun diketahui CPU ini boros listrik, namun thread yang diberikan dua kali lebih banyak daripada Core i7-9700K dan harga yang lebih murah. AMD Ryzen 7 3700X bisa menjadi pilihan yang tepat, khususnya untuk Anda yang ingin menghemat anggaran.

AMD Ryzen 5 3600X.

AMD Ryzen 5 3600X menjadi CPU yang terbaik untuk bermain game serta mendapatkan produktivitasnya. Bahkan di dalam pengaturan stok, CPU ini mampu mengalahkan Core i5-9600K yang harganya lebih mahal.

AMD Ryzen 3 3300X.

Untuk kelas menengh bawah, maka CPU AMD Ryzen 3 3300X adalah pilihannya. Di mana CPU ini memiliki 4 core dan 8 thread yang bisa membantu kartu grafis kelas menengah ke bawah dalam memperoleh kinerja secara maksimal. Anda pun bisa merasakan kenyamanan dan kinerja yang bagus saat bermain game.

Cara Merakit PC Gaming.

Berikut adalah beberapa cara di dalam merakit PC gaming.

Pemasangan Processor.

Hal pertama adalah menentukan dan memasang processor yang diinginkan. Sebelum memasang motherboard ke casing-nya, maka Anda harus memasang processor RAM ke motherboard terlebih dahulu untuk lebih memudahkan daat pemasangan.

Memasang RAM.

Selanjutnya adalah memasang RAM pada motehrboard. Sebelumnya, Anda harus membuka penguncinya terlebih dahulu dan menyesuaikan posisi lekukan pada moodel memori dengan lekukan di slot. Jika sudah pas, tinggal ditekan dan dipasang kembali pengunci RAM-nya.

Pemasangan Power Supply.

Jika Anda sudah membeli power supply, maka pasang di casing lebih dulu sebelum motherboard. Hal ini akan lebih memudahkan Anda saat akan memasang motherboard.

Memasang Motherboard Ke Casing.

Bagian ini tidak bisa dikatakan mudah, sehingga Anda yang baru pertama kali harus membaca buku petunjuk saat Anda membeli motehrboard. Dengan begitu, hal ini akan meminimalkan kesalahan saat akan memasang port.

Memasang HDD Atau SSD.

HDD dan SSD ini memiliki peran yang sangat penting di dalam penyimpanan semua file Anda.

Memasang Card Adapter.

Card adapter adalah sound card, video card, dan sebagainya. Pemasangannya tidaklah terlalu sulit, yakni dengan memasukkan card adapter di slot yang sudah disediakan pada motehrboard. Kemudian tekan sampai konektornya masuk dan beri sekrup agar bisa menahan card.

Merapikan Setiap Komponen.

Inilah tahap terakhir dalam perakitan PC gaming adalah merapikan setiap komponen. Mulai dari pengaturan kabel dan aksesoris lainnya seperti kipas dan lampu RGB. Anda juga harus memastikan bahwa sokter dan kabel sudah terpasang secara baik.

Dengan begitu, aliran daya dari power supply bisa mengalir ke seluruh komponen. Jika semua sudah selesai, Anda bisa mengecek lagi dan mengetesnya dengan menggunakan program BIOS.

Dengan melengkapi semua komponennya, memilih CPU yang terbaik, dan memahami bagaimana cara merakit PC gaming yang benar, maka Anda pun bisa segera mendapatkan PC gaming tersebut sesuai dengan harapan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *