Kode Mil Honda Beat FI Nyala Diakibatkan Kabel Sensor O2 Putus

Diposting pada

Kode mil Honda Beat FI menyala prediksi awal masalahnya pada sensor O2 – Pada Honda beat, lampu mill bisa menunjukan ada masalah pada motor. Tapi lampu ini diatur agar menunjukan sinyal yang jelas waktu dinyalakan dan bukan waktu jalan. Jika ada masalah lampu kode mill nyala sendiri apalagi saat motor berjalan, hal ini harus segera diperbaiki.

Saat ada kode mill yang rusak atau bisa menyala sendiri tanpa dicek, Anda bisa bedakan dengan kodel mill biasa hanya dengan membandingkan.  Hal ini bisa dicek dengan memperhatikan kedipan pada lampu kode mill.

Lampu yang berkedip tidak beraturan, menyala terus dalam waktu lama dan bahkan menyala sambil keluar bunyi aneh merupakan masalah. Jika normal, lampu DTC ini hanya akan berupa sinyal morse. Biasanya terdiri lampu menyala lama beberapa kali dan kedipan cepat beberapa kali setelahnya.

Jika kejadian diluar pola kedipan lambat dan kedipan cepat setelahnya, bisa dipastikan indikator mill rusak. Hal ini bisa dilihat pada contoh laporan video dari Jangeby Channel. Bagi yang ingin belajar benarkan sendiri, cukup ikuti proses berikut ini:

Pastikan Cari Posisi Soket DLC Motor

Langkah pertama yang Anda harus cek socket DLC untuk cek kondisi. Tergantung jenis motor, letaknya bisa berbeda. Untuk motor Honda beat, biasanya letak soket ada di area bawah tempat duduk bagian depan. Letaknya lebih tepatnya di bagian atas tempat taruh kaki.

Letak soket bisa diukur dari letak aki dari motor. Biasanya tidak jauh dari sejengkal jaraknya. Jadi kalau sudah tahu posisi aki, Anda bisa cepat menemukan soket ini. Biasanya soket ini berwarna merah dan memiliki rangkaian dengan kabel soket lainnya.

Melakukan Penyalaan Paksa DTC dengan Teknik Jumper

Langkah kedua melibatkan buka bagian body tempat soket DLC. Pastikan membuka perlahan agar tidak melukai area bodi.  Baut untuk membuka standar dan hanya perlu obeng plus biasa. Setelah dibuka, Anda akan temukan soket DLC di situ.

Selanjutnya, lepas koneksi dan lakukan teknik jumper. Teknik ini menggunakan kabel pendek yang bisa ditekuk. Menggunakan kabel itu, Anda hubungkan dua soket sebelah kiri dengan catatan posisi cetol di atas.

Jadi tidak mau salah, cek cantolan terlebih dahulu. Anda juga bisa beli alat jumper untuk soket DLC yang lebih mudah digunakan jika tidak yakin bisa cara manual.

Cek Kondisi Kode DTC dari Lampu Mill

Kode Mil Honda Beat

Langkah ketiga, Anda cukup nyalakan kontak dengan memutar kunci. Tidak perlu distarter. Hal ini memastikan lampu DTC-nya memberi sinyal berapa. Tergantung nyala lampu mill ini, Anda akan dapat menerka apa yang terjadi pada motor Anda.

Pada video yang ditampilkan di Jangeby Channel sebagai contoh, lampu menyala 3 kali. Kedipan lampu 3 kali memiliki interval 2 kali lama menyala dan 1 kali menyala cepat. Hal ini bisa diartikan masalah nomor 21.

Untuk panduan membaca hal ini, coba cek data lampu DTC pada buku panduan perbaikan Honda. Untuk contoh pada Jangeby Channel, yang rusak adalah indikator level oksigen. Parts ini memastikan asap pembuangan knalpot aman dan tidak menyalahi aturan polusi.

Untuk perbaikannya, Anda cukup cek konektivitas kabel antara alat-nya. Kerusakan 21 bisa menunjukan kerusakan pada sensor oksigen ataupun koneksi kabel. Jika yang rusak adalah sensor, Anda harus ganti alatnya dengan yang baru.

Tapi jika hanya kabelnya, Anda cukup beli kabel baru untuk perbaiki koneksi Terkadang kabel yang putus, bahkan hanya perlu disambung ulang, tanpa harus ganti kabel. Biasanya dengan proses ini, masalah motor sudah selesai.

Penyelesaian dan Evaluasi

Saat perbaikan sudah selesai, cek kembali kode mill yang muncul. Hal ini tergantung proses terakhir perbaikan. Jika sudah diperbaiki tapi kode masih menyala, coba reset accu atau aki. Proses reset ini akan memastikan masalah kode mill nyala sendiri saat jalan berhenti.

Untuk reset, cukup kembali ke soket DLC. Coba klik tonjolan di atas, tunggu tiga detik, cabut kabel jumper yang dipasang, lalu coba jumper lagi. Mengembalikan posisi jumper ke semula akan mereset accu.

Pada contoh di Jangeby Channel, tampilan kedip DTC menjadi cepat. Setelah kondisi ini, putar kunci motor untuk mematikan lampu. Setelah itu putar lagi untuk nyalakan. Jika soket DLC pada kondisi jumper dan lampu DTC menyala terus tanpa berkedip. Motor artinya bebas masalah. 

Jika semisal tidak ada kondisi DTC tapi motor Beat masih bermasalah, Anda cukup service untuk masalah pembersihan. Biasanya pada parts yang kotor, ada masalah tapi tidak sampai serius dan mempengaruhi DTC motor.

Sekian bahasan tentang perbaikan masalah kode mill Honda Beat fi menyala sendiri saat motor jalan. Mudah – mudahan bahasan ini bisa berguna bagi Anda sekalian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *