Kick Starter Motor Matic Keras Atau Macet Saat Diselah

  • Whatsapp

Kick starter motor matic keras atau macet saat diselah? Berikut cara mudah mengatasinya;

Pernahkah Anda mengalami kendala saat hendak menggunakan kick starter? Tentu tidak sedikit dari Anda pernah mengalami hal ini.

Bacaan Lainnya

Saat ini, banyak masyarakat di Indonesia memilih untuk menggunakan motor matic sebagai kendaraan transportasi roda andalan.

  • Pengguna motor matic

Perkembangan motor matic terus mengalami perkembangan dengan hadirnya beragam jenis varian yang makin menarik. Apalagi fitur teknologinya juga makin canggih. 

Siapa saja bisa mengendarai motor matic. Terbukti banyak kita lihat dari anak sekolahan hingga orang tua dapat mengendarainya dengan mudah.

Tidak hanya di jalanan perkampungan tapi juga di jalan raya mayoritas telah menggunakan motor matic sebagai alat transportasi.

Memang jenis sepeda motor matic mudah untuk dikendarai karena tidak menggunakan operan gigi manual melainkan hanya menggunakan satu akselerasi.

Selain itu, bobot motor matic terbilang lebih ringan ketimbang sepeda motor bebek. Terlebih ada ruang kosong di antara jok dan kemudi.

Dengan adanya ruang kosong tersebut, pengemudi dapat lebih leluasa untuk menempatkan kaki ataupun meletakkan barang bawaan.

Varian motor matic terbaru juga telah menyematkan teknologi canggih seperti panel instrument yang sudah full digital hingga pengembangan teknologi ISS.

Selain memiliki kelebihan seperti penggunaannya mudah dengan menawarkan tampilan dan teknologi yang canggih, ada juga kekurangan dari motor matic terbaru.

  • Kelebihan dan Kelemahan Motor Matic

Segudang keunggulan bisa Anda temui dalam motor matic terbaru yang hadir di Indonesia. Tidak hanya kelebihan tapi ada juga kelemahannya.

Menggunakan motor matic saat keadaan jalanan yang macet tidak membuat Anda lelah karena Anda dapat dengan mudah untuk melakukan manuver.

Kelebihan lain dari motor matic yaitu terletak pada tampilan dan desainnya. Desain body terlihat dinamis, stylish dan sporty.

Tentu ini akan membuat Anda lebih percaya diri saat mengendarainya di jalanan. Ditambah lagi motor matic terbaru lebih irit BBM.

Dibalik beberapa keunggulan pasti ada juga kelemahannya. Untuk motor matic terbaru harganya masih terbilang cukup mahal. 

Harga yang relatif mahal memang sesuai dengan fitur teknologi yang disematkan. Selain itu, motor matic menggunakan monoshock tunggal.

Penggunaan monoshock tunggal memang kurang baik apalagi saat membawa beban berat karena akan mengurangi kenyamanan.

Dan yang cukup sering menghantui pengendara motor matic adalah sulit menyalakan motor baik menggunakan electric starter maupun kick starter.

Mungkin ada beberapa faktor yang menjadi penyebab jika motor sulit dinyalakan sehingga mau tidak mau harus menggunakan kick starter.

kick starter motor matic
  • Mengatasi Kick Starter Yang Keras Atau Macet Tidak Bisa Kembali ke Posisi Normal

Ada tiga faktor yang menyebabkan electric starter tidak bisa nyala yaitu masalah pada aki, switch starter dan dinamo starter.

Jika Anda mengalami permasalahan tersebut maka Anda perlu mewaspadai ketiga komponen penyebab di atas. Oleh karena itu, solusinya menggunakan kick starter.

Karena motor matic praktis dalam penggunaannya maka para pengguna pun lebih sering menggunakan  electric starter. Sehingga kick starter jarang digunakan. 

Padahal dengan menggunakannya diyakini bisa memperpanjang usia aki. Akibat jarang digunakan, engkol kick starter akan keras bahkan macet saat disela.

Tak jarang Anda akan membawanya ke bengkel saat tidak bisa mengatasinya. Tarif perbaikannya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Sebenarnya untuk mengatasi kasus seperti ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Penyebab macet atau keras bisa jadi karena karat.

Selain berkarat, ada juga kemungkinan posisi pistonnya terkunci. Untuk mengetahuinya Anda perlu mengecek terlebih dahulu. 

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membuka blok CVT. Bersihkan debu menggunakan kuas dan angin kompresor.

Selanjutnya per stopper dan alur gir penghubung diolesi menggunakan chain lube. Jika tidak ada, Anda bisa menggunakan oli atau grease.

Setelah selesai melumasinya, pasang kembali per stopper dan alur gir penghubung seperti posisi semula kemudian tutup blok CVT.

Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kesehatan kick starter. Usahakan selalu melakukan perawatan secara berkala setiap 8000 km.

Bahkan Anda dapat melakukannya sendiri dengan cara melepas blok CVT kemudian lepaskan gigi pengungkit.

Saat melepaskan gigi pengungkit, tarik dan gerakkan kick starter ke bawah.

Silahkan untuk lebih detilnya bisa cek di vidionya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *