Keuntungan Dan Kerugian Bagi Nasabah Yang Mmelakukan Transaksi Di Agen BRILink

APA SAJA KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MELAKUKAN TRANSAKSI PERBANKAN DI AGEN BRILink?

Program BRILink merupakan salah satu layanan tanpa kantor (branchless) yang dikeluarkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Pada tulisan sebelumnya, Apa itu BRILink dan Agen BRILink?, saya sudah membahas apa itu program layanan keuangan BRILink dan AGEN BRILink.

Pada tulisan ini saya akan membahas apa saja keuntungan dan kerugian bagi nasabah melakukan transaksi di Agen BRILink. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi bagi para nasabah baik itu nasabah bank BRI atau bank lain sehingga bisa menentukan baik tidaknya melakukan transaksi di Agen BRILink.

Setiap daerah memberikan kondisi yang berbeda-beda. Menjadi Agen BRILink di kota/desa kecil tidak akan sama kondisinya dengan menjadi Agen BRILink di kota besar. Begitupun bagi pihak masyarakat yang melakukan transaksi, masyarakat di kota besar mungkin akan menganggap melakukan transaksi di kantor bank lebih baik jika dibandingkan melakukan transaksi di Agen BRILink.

Sementara bagi masyarakat yang tinggal di pelosok desa, kemungkinan besar akan menganggap transaksi di Agen BRILink lebih menguntungkan, karena di pelosok desa biasanya jumlah kantor bank terbatas, karena itu nasabah pasti harus mengantri selama berjam-jam hanya untuk melakukan satu transaksi.

Tetapi secara garis besar, untung ruginya melakukan transaksi di Agen BRILink tidak akan terlalu berbeda.

Apa Saja Keuntungannya??

  1. Yang pertama, cepat dan hemat waktu. Banyak nasabah bank, khususnya nasabah bank BRI yang mengeluh karena harus mengantri berjam-jam ketika akan melakukan transaksi. Transaksi di agen BRILink bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena nasabah Agen BRILink tidak terlalu banyak jadi tidak perlu mengantri. Karena itu bisa menghemat waktu nasabah. Pelayanannya juga pasti lebih cepat. Apalagi jika transaksi dilayani langsung oleh Agen (bukan pegawai). Pelayanannya pasti super cepat karena setiap Agen pasti ingin memberikan pelayanan yang terbaik demi memuaskan nasabah agar nasabah kembali datang untuk melakukan transaksi di tempatnya.
  2. Bisa melakukan transaksi kapan saja tidak terikat jam kantor. Pada dasarnya, jam kerja agen BRILink ditentukan oleh agen itu sendiri. Biasanya mengikuti jam operasional usaha utamanya. Sementara kantor bank buka hanya hari Senin – Jumat. Sabtu dan Minggu libur plus tanggal merah. Jam buka 8.00 – 15.00. Jam 12.00 – 13.00 istirahat tidak bisa melayani nasabah. Kalau Agen BRILink bisa buka setiap hari Senin – Minggu, dari pagi sampai malam, pada hari Raya sekalipun, sesuai dengan ketentuan sang agen BRILink.
  3. Bisa setor ke rekening bank lain (selain bank BRI) on line, langsung sampai. Karena prosesnya menggunakan mesin EDC dan Kartu ATM yang fungsinya sama persis seperti mesin ATM biasa, jadi transfer antar bank prosesnya ON LINE.
  4. Bisa Tarik uang, bukan Cuma setor/transfer, tarik uang pun bisa, dengan menggunakan ATM, baik itu ATM BRI ataupun ATM bank lain yang berlogo Link, Prima dan ATM Bersama. Prosesnya: Dengan menggunakan ATM nasabah, uang dari rekening nasabah ditransfer ke rekening Agen BRILink, kemudian agen memberikan uang tunai ke nasabah.
  5. Bisa tarik uang tanpa limit dengan menggunakan kartu ATM BRI. Jika kita menarik uang di ATM biasa, pasti ada limitnya. Untuk kartu ATM BRI jenis classic hanya bisa tarik Rp. 5.000.000 per hari. Tapi tarik uang di agen BRILink bisa lebih dari itu, selama agen Brilink memiliki uang cash.
  6. Bukan hanya transfer, nabung, tarik tunai, dan cek saldo, tapi juga bisa melakukan transaksi lain seperti isi ulang pulsa, bayar listrik, beli token listril, cicilan bank, kartu kredit, dll.
  7. Nasabah bank atau bukan, punya rekening bank atau tidak, bisa melakukan transaksi tunai disini. Misalnya para Online Shop Lovers, yang belanja dan harus transfer uang, tapi tidak punya rekening di bank, bisa menggunakan jasa agen BRILink untuk mentransfer uangnya. Atau para orang tua yang mempunyai anak sedang sekolah di luar kota, ingin mengirim uang ke rekening sang anak, bisa menggunakan jasa Agen BRILink.

Terus Apa Kerugiannya??

  1. Yang pertama, tentu saja dikenakan biaya setiap transaksi. Semakin besar jumlah transaksi, semakin besar juga biayanya, sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing agen BRILink. Kalau di kantor bank, setor ke sesama rekening BRI tidak dikenakan biaya. Kalau di agen BRILink transaksi apapun terkena biaya. Besar kecilnya biaya ditentukan oleh Agen itu sendiri (karena ini merupakan sumber penghasilan bagi para agen BRILink.) tetapi biasanya tidak terlalu mahal kalau dibandingkan dengan waktu yang harus diluangkan untuk mengantri di bank. Karena dalam menetapkan biaya transaksi, setiap Agen pasti sudah mempertimbangkannya dengan baik, disesuaikan dengan kondisi daerah dan masyarakat tempat usaha BRILinknya berjalan.
  2. Jumlah uang transaksi dibatasi. Karena uang yang digunakan adalah uang Agen BRILink otomatis besar kecilnya transaksi yang bisa dilakukan disesuaikan dengan saldo/jumlah uang yang ada/dimiliki oleh sang Agen. Biasanya Agen BRILink lebih mengutamakan melayani transaksi jumlah kecil. Kalau ada nasabah yang ingin melakukan transaksi dalam jumlah besar, biasanya sang agen BRILink menganjurkan nasabah tersebut untuk melakukan transaksinya di kantor bank saja. Kecuali kalo sang agen BRILinknya punya modal besar, dia bisa melayani transaksi besar.
  3. Tidak bisa cetak buku tabungan. Nasabah yang setor uang ke rekening sendiri biasanya ingin mencetak buku tabungannya. Agen BRILink tidak bisa melakukan ini. Tetapi cek saldo bisa dilakukan dengan menggunakan kartu ATM.
  4. Untuk tarik uang, Wajib pakai kartu ATM, tanpa kartu ATM tidak bisa.

Kurang lebih itulah untung ruginya melakukan transaksi di agen BRILink. Dimanapun anda bertransaksi, di bank atau di agen BRILink, pilihlah yang paling nyaman buat anda. selamat bertransaksi!! Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *