Keunggulan Recruitment Software untuk Perusahaan

Diposting pada

Keunggulan Recruitment Software – Recruitment Software adalah perangkat lunak pada Komputer yang memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk memproses seperti pendaftaran Karyawan, seleksi, pengiriman data, terkait pengumuman hasil pun bisa dilakukan dengan fasilitas Software Recruitment ini, banyak keunggulan yang didapat dari menggunakan fasilitas Recruitment Software, selain efisiensi;

Temukan keunggulan Recruitment Software disini!

Recruitment Software untuk Perusahaan

Mendapatkan karyawan unggulan tentu saja menjadi keinginan semua perusahaan. Untuk itu, perusahaan selalu berusaha memaksimalkan proses rekrutmen yang diadakan. Cara yang dapat digunakan perusahaan untuk memaksimalkan jalannya rekrutmen adalah menggunakan recruitment software.

Sederhananya, recruitment software adalah sebuah perangkat lunak yang mampu memproses rekrutmen lebih sistematis serta menyimpan informasi kandidat secara terpusat. Apa sih yang menjadi keunggulan spesial dari recruitment software? 

Mempercepat Proses Rekrutmen

Proses rekrutmen mengandalkan cara manual terkenal memakan waktu cukup lama. Di sisi lain, posisi kosong tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan menghambat kinerja.

Untuk mengadakan rekrutmen, HRD harus merancang perencanaan rekrutmen terlebih dahulu, mengajukannya kepada manajer terkait, memposting lowongan pekerjaan, menyaring dan memilih kandidat, hingga menempatkan kandidat di posisi yang tersedia.

Namun, bila menggunakan recruitment software, HRD dapat mempercepat proses rekrutmen karena semua berjalan dalam sistem. Approval dari berbagai pihak seperti manajer terkait pun bisa berjalan lebih cepat. 

Mengurangi Pekerjaan Administrasi

Bayangkan jika Anda harus memeriksa semua CV dalam bentuk fisik yang masuk setiap harinya. Padahal, lamaran kerja yang masuk tiap hari sangat banyak. Daripada berkutat dengan tugas administrasi, ada baiknya HRD melakukan analisis yang lebih mendalam untuk menentukan siapa kandidat yang paling cocok dan layak untuk bergabung dengan perusahan.

Meningkatkan Kualitas Rekrutmen

Karena HRD punya waktu lebih banyak untuk melakukan analisis, kualitas rekrutmen yang dilakukan pun dapat lebih unggul. Menyimpan lamaran dari kandidat dalam satu pusat juga memudahkan HRD untuk mengklasifikasikan CV dan informasi kandidat yang diterima ke dalam berbagai kategori

Tidak hanya itu, HRD bisa menyaring informasi saat mencari kandidat dengan keahlian tertentu. Dengan begitu HRD dapat memastikan bahwa calon potensial cocok dengan posisi yang tersedia.

Aman dan Rahasia

Saat merekrut, Anda mendapatkan informasi detail yang sangat pribadi dari masing-masing kandidat. Informasi ini rentan sekali disalahgunakan. Dengan menggunakan recruitment software, Anda dapat memastikan semuanya disimpan di satu tempat yang aman dan terenkripsi dan hanya dapat diakses oleh tim HRD. hal ini tidak akan ditemukan dalam proses rekrutmen manual.

Ada begitu banyak recruitment software yang tersedia di luar sana. Contoh rekomendasi recruitment software yang aman dan rahasia adalah LinovHR. Hal ini sesuai dengan pengalaman LinovHR sebagai vendor Software HR Indonesia yang sudah dipercaya banyak perusahaan.

Memperluas Database Kandidat

Tidak perlu lagi menyaring tumpukan kertas ketika menyeleksi kandidat! Mengandalkan recruitment software, HRD mampu menyimpan semua informasi kandidat yang masuk dalam satu tempat.

Walau bisa saja HRD menolak lamaran seorang kandidat karena dinilai kurang sesuai, HRD dapat menghubungi kandidat sewaktu waktu jika perusahaan membutuhkan kandidat tersebut untuk bergabung dengan perusahaan. Cara ini memudahkan HRD untuk menjangkau kandidat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulannya, implementasi recruitment software dapat meningkatkan proses rekrutmen menjadi jauh lebih cepat dan sistematis. Jika proses rekrutmen berjalan lancar dan maksimal, kemungkinan salah rekrut pun bisa diminimalisir. Dengan begitu, tentu saja perusahaan yang akan diuntungkan dalam hal ini.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *