Kelebihan dan kekurangan pembayaran QRIS


QRIS (QR Indonesia Standard) adalah sistem pembayaran menggunakan kode QR yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi, seperti pembayaran tagihan, belanja, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa kelebihan dari pembayaran QRIS:

Kelebihan pembayaran QRIS

  1. Mudah digunakan: Anda hanya perlu memindai kode QR menggunakan smartphone atau mesin pemindai QR yang tersedia di lokasi transaksi.
  2. Aman: Sistem pembayaran QRIS menggunakan teknologi enkripsi yang canggih sehingga transaksi Anda aman dari risiko kebocoran data atau pencurian uang.
  3. Efisien: Anda tidak perlu membawa uang tunai atau kartu kredit saat melakukan transaksi. Selain itu, sistem pembayaran QRIS juga dapat mempercepat proses transaksi sehingga tidak perlu mengantri lama.
  4. Dapat digunakan di berbagai tempat: QRIS dapat digunakan di berbagai macam tempat, seperti toko, restoran, tempat parkir, dan lain-lain.
  5. Dapat digunakan oleh semua orang: Sistem pembayaran QRIS dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki smartphone dengan aplikasi pembayaran yang mendukung QRIS.

Kekurangan pembayaran QRIS

Berikut ini beberapa kekurangan dari pembayaran QRIS:

  1. Belum tersebar luas: QRIS masih belum tersebar luas di Indonesia, sehingga tidak semua toko atau merchant menerima pembayaran menggunakan QRIS.
  2. Ketergantungan terhadap teknologi: QRIS bergantung pada teknologi smartphone dan koneksi internet, sehingga tidak bisa digunakan di tempat-tempat yang tidak memiliki akses internet atau tidak memiliki smartphone.
  3. Masih ada merchant yang tidak memahami QRIS: Meskipun QRIS sudah dikeluarkan oleh Bank Indonesia, masih ada merchant yang tidak memahami cara menggunakan QRIS atau tidak memiliki perangkat untuk memindai QR Code.
  4. Biaya transaksi: Beberapa penyedia layanan QRIS mengenakan biaya transaksi kepada pengguna, baik kepada pembeli maupun kepada penjual. Biaya transaksi tersebut bervariasi tergantung pada penyedia layanan QRIS yang Anda gunakan.
Related Posts :  Cara mudah menemukan Agen BRILink terdekat

Itulah kelebihan dan kekurangan pembayaran QRIS, mungkin kelebihan dan kekurangan pembayaran QRIS lainnya bisa dirasakan oleh penggunanya itu sendiri, sedang orang yang tidak menggunakannya itu akan tahu dari orang lain dan pastinya bisa saja berbeda-beda.

Tinggalkan komentar