Kamu Perlu Tahu, apa saja Jenis-jenis Software Adobe dan Kegunaannya

Pasti Anda sering mendengar kata Adobe bahkan sering menggunakannya. Terlebih jika menekuni bidang desain, akan sering berhadapan dengan perangkat lunak tesebut. Salah satu yang bisa digunakan adalah Adobe Photoshop. Selain itu, juga masih banyak jenis-jenis software adobe dan kegunaannya yang lain.

Lebih Mengenal SoftWare Adobe

Adobe ini merupakan perusahaan perangkat lunak terbesar dengan bidang animasi, desain grafis, video dan pengembangan website. Lokasi dari kantor pencipta software tersebut berada di California, Amerika Serikat.

Adobe telah berkembang dengan begitu pesat, baik dari segi penjualan maupun pengguna. Ada beberapa produk-produk unggulan perusahaan tersebut yang terkenal dan mendunia, seperti Adobe Photoshop, Adobe Flash, Adobe Acrobat dan sebagainya.

Tetapi Adobe Flash merupakan salah satu produk dari perusahaan tersebut yang sangat terkenal bahkan sering digunakan. Hampir semua komputer, laptop dan smartphone dilengkapi dengan perangkat lunak jenis ini.

Jenis-jenis Software Adobe dan Kegunaannya

Selain Adobe Flash, Photoshop dan Acrobat juga masih banyak perangkat lunak yang diciptakan oleh perusahaan tesebut. Untuk lebih jelasnya maka di bawah ini nantinya akan dijelaskan tentang jenis-jenis software Adobe dan kegunaannya

  • Adobe Photoshop

Software tersebut adalah yang paling terkenal dari perusahaan Adobe. Photoshop merupakan program aplikasi yang bisa digunakan untuk memodifikasi gambar maupun foto secara profesional. Selain itu, juga bisa dipakai untuk membuat grafis.

  • Adobe Flash

Software ini telah didesain khusus oleh Adobe dan program aplikasi standart authoring tool professional, serta bisa difungsikan dalam membuat animasi dan bitmap dengan hasil sangat menarik.

Biasanya dipakai untuk keperluan pembangunan situs web interaktif dan dinamis. Selain itu, berguna juga saat dipakai memutar video yang beredar di internet.

  • Adobe Acrobat

Acrobat merupakan salah satu program aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat dokumen berekstensi PDF. Kelebihannnya adalah bisa membuat file tersebut dari berbagai sumber dengan format apapun. Selain itu, juga bisa mengkonversi ke doc, xls, ppt dan sebagainya.

  • Adobe Dreamweaver

Dreamweaver adalah salah satu program yang sering digunakan untuk mengedit halaman website. Perangkat lunak tersebut banyak dipakai dalam mengembangkan web karena fitur-fiturnya begitu menarik dan memiliki kemudahan saat penggunaannya.

  • Adobe Illustrator

Jenis Adobe ini adalah program editor yang membantu pengguna untuk berbagai kebutuhan grafis. Saat ini, Kamu sudah bisa menggunakan versi terbarunya yaitu illustrator CS6 dan merupakan generasi ke 16.

Jenis tersebut biasanya digunakan untuk mengolah dan juga mengedit. Akan tetapi sangat berbeda dengan Adobe Photoshop yang digunakan mengolah gambar raster atau bitmap. Cara membedakan keduanya adalah jika diperbesar (zoom).

Apabila gambarnya terlihat pecah-pecah, berarti termasuk raster. Sedangkan jika sebaliknya maka termasuk vektor. Dari situ sudah sangat jelas tentang perbedaan antara Adobe Photoshop dengan illustrator.

  • Adobe After Effects

Adobe effect merupakan software yang sangat terkenal dalam bidang pembuatan video maupun film, terutama ketika penambahan efek visual khusus.

Salah satu hasil dari menggunakan perangkat lunak tersebut adalah film-film Hollywood. Akan tetapi keberadaanya dilengkapi dengan fitur utuk membuat efek-efek spektakuler.

  • Adobe Audition

Ini merupakan program untuk mengolah file multimedia terutama audio. Dengan menggunakan Adobe Audition, Kamu bisa merekam suara, menambahkan berbagai efek, memperbaiki kualitasnya dan menggabungkannya menjadi satu track. Kemudian, menyimpannya dalam berbagai format.

  • Adobe Authorware

Adobe Authorware merupakan flowchart berbasi grafis bahasa pemrograman. Authorware tersebut digunakan untuk membuat program interaktif dan dapat mengintegrasikan di berbagai konten multimedia khususnya e-learning aplikasi.

Itulah jenis-jenis software adobe dan kegunaanya. Semoga penjelasan di atas bisa membuat Kamu semakin mengenal dan mengetahui fungsinya. Sehingga, tidak kebingunan ketika harus menggunakannya.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *