Jangan Salah Pilih: Jenis-Jenis Masker wajah dan Kegunaannya


Bingung dengan beragam pilihan jenis masker wajah? Artikel ini akan mengulas penggunaan masker dalam rutinitas skincare serta jenis dan kegunaannya.

Jangan Salah Pilih: Jenis-Jenis Masker wajah dan Kegunaannya

Merawat kulit dengan masker wajah memang menyenangkan. Rutinitas ini menciptakan efek calming setelah beraktivitas seharian. Selain itu, kulit pun akan tampak segar dan bercahaya.

Sekarang, produk kecantikan ini hadir dengan bentuk dan nama yang beragam. Bingung harus pilih yang mana? Kenali dahulu jenis dan manfaatnya agar bisa menentukan yang paling sesuai dengan kondisi kulit wajahmu.

Memaksimalkan Skincare Lewat Masker wajah

Memakai masker memang tidak termasuk step dasar perawatan wajah. Namun, masker yang tepat dan cara penggunaan yang benar akan memaksimalkan kerja skincare. Kalau kamu ingin hasil perawatan terlihat lebih nyata, produk ini bisa jadi pilihan.

Kapan sebaiknya kita memakai masker wajah? Dirangkum dari laman Wolipop, langkahini umumnya merupakan bagian dari rutinitas perawatan malam hari. Lebih tepatnya, dipakai setelah  pengaplikasian toner dan sebelum pelembap. Jika kamu juga memakai serum, masker digunakan setelah serum. Kemudian, rangkaian perawatan diteruskan dengan pelembap. Pemakaian masker umumnya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Jenis-Jenis Masker Wajah

Ada bermacam-macam masker yang mudah dijumpai di pasaran. Jangan salah pilih, ternyata masing-masing jenis memiliki fungsi tersendiri. Pilih yang manfaatnya paling sesuai dengan kebutuhan kulitmu agar hasilnya optimal. Dilansir dari laman Watsons, jenis-jenis masker populer di kalangan skincare enthusiast adalah sebagai berikut.

  1. Sheet mask

Disebut-sebut sebagai perawatan wajah ala Korea, masker ini populer karena bentuknya unik dan pemakaiannya praktis. Wujudnya berupa lembaran dengan serum dalam kemasan. Serum di dalamnya mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kulit. Beberapa di antaranya adalah ekstra hidrasi untuk kulit kering, dan pencegah penuaan dini.

Related Posts :  Untuk Di Rumah, Ikuti 4 Tips Memilih Air Purifier Terbaik Ini!

Agar hasilnya maksimal, lakukan rangkaian perawatan wajah, seperti double cleansing dan aplikasi toner sebelumnya. Pastikan posisi sheet mask terasa nyaman saat digunakan agar serum menyerap maksimal. Akhiri dengan memakai moisturizer.

  1. Peel-off mask

Produk jenis ini dipakai dengan cara dioleskan merata ke seluruh wajah, didiamkan sekitar 15 menit lalu dikelupas dari dagu ke arah atas. Kamu bisa pilih bentuk bubuk atau pasta yang praktis. Masker ini berfungsi untuk mengangkat kelebihan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori.

  1. Clay mask

Untuk yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat, coba lengkapi step skincare dengan yang satu ini. Bertekstur padat dan terbuat dari campuran tanah liat, clay mask berfungsi untuk membersihkan dan menyamarkan pori. Ratakan tipis-tipis ke seluruh wajah. Lalu, diamkan hingga mengering. Karena termasuk produk eksfoliasi, kamu harus menggunakan pelembap setelah memakai masker ini.

  1. Gel mask

Bagaimana dengan kulit sensitif dan kering? Kamu bisa memilih gel mask yang teksturnya ringan. Pilih yang memiliki efek melembapkan dan menenangkan. Pemakaian secara teratur akan membuat kulit wajahmu kenyal dan lebih sehat.

  1. Sleeping mask

Ini adalah pilihan tepat untuk proteksi  maksimal selama kamu tidur. Masker ini membantu regenerasi sel kulit dan meningkatkan metabolisme. Jenis ini cocok untuk kamu yang membutuhkan perawatan antiaging. Pemakaiannya sangat praktis, cukup dioles merata di wajah lalu biarkan sampai esok hari. Bilas setelah bangun tidur dan kulit akan terasa segar dan kencang.

Suka Pakai Masker? Perhatikan Hal-Hal Berikut

Pelengkap rutinitas skincare ini memang banyak manfaatnya. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. Dirangkum dari berbagai sumber, hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.

  • Perhatikan jenis masker dan kondisi kulit.
  • Pastikan wajah dalam kondisi bersih saat menggunakan masker. Jika wajah kotor, masker malah akan menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.
  • Jangan memakai masker terlalu lama. Jika takut lupa, pasang pengingat di ponsel.
  • Pastikan tangan dalam keadaan bersih. Kotoran di tangan bisa masuk ke dalam pori.
  • Pakai masker kesayanganmu secara rutin. Jangan berharap hasil instan dalam semalam. Hasil yang optimal hanya akan didapat jika kamu konsisten.
  • Aplikasikan secukupnya, jangan terlalu banyak. Pemakaian berlebih justru membuat produk tidak bisa bekerja maksimal. Gunakan sewajarnya sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan.
Related Posts :  Susu Syaraf Kejepit Apa Yang Paling Recommended?

Wah, ternyata selain menyenangkan, ritual menggunakan maskerjuga membuat wajah lebih sehat dan cerah. Pastikan lagi masker wajah pilihanmu memiliki manfaat yang memang dibutuhkan kulitmu.

Referensi:

jenis masker wajah

Baca juga: Seberapa Penting Toner dalam Rutinitas Skincare?

Tinggalkan komentar