Jenis-Jenis Rendang yang Harus Kamu Coba

Diposting pada

Siapa sih yang tidak tau rendang, makanan khas sumatera barat ini pernah dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia. Rendang memiliki cita rasa yang khas pastinya memanjakan lidah kamu. Tapi apakah kamu tahu, bahwa rendang memiliki banyak macam, tidak hanya rendang daging yang sering kita temui di rumah makan padang.

Jenis-Jenis Rendang yang Harus Kamu Coba

Rendang Daging

Jenis rendang ini merupakan jenis rendang yang sangat popular karena biasa ditemui di rumah makan padang dan berbagai acara special, seperti hajatan dan hari raya.

Rendang Talua

Rendang talua yang berarti rendang telur, meupakan jenis rendang yang berasal dari payukumbuh, sumatera barat. Berbeda dengan rendang daging yang basah, rendang talua memilki tekstur yang kering dan garing seperti kerupuk. Jika dilihat sepintas kamu pasti tidak akan menyangka jika rendang ini terbuat dari telur. Rendang telur terbuat dari telur ayam yang dadar dan kemudian dimasak dengan beraneka rempah hingga teksturnya menjadi keras dan menyerupai kerupuk.

Rendang Itiak

Proses pembuatan dan bentuk dari rendang itiak hampir mirip dengan rendang daging, tetapi karena rendang itiak menggunakan daging itik, maka proses pembuatannya pun jauh lebih singkat dibandingkan rendang daging. Sebelum direndang, daging itik direbus terlebih dahulu agar tekstur dagingnya lebih empuk.

Rendang Ayam

Selain itik, ayam juga bisa dijadikan bahan baku untuk membuat rendang. Bumbu yang digunakanpun hamper sama antara rendang daging, itik dana ayam. Ayam yang digunakan bisa ayam kampung atau ayam negri sesuai selera. Sama seperti rendang itik, proses pembuatan rendang ayam juga lebih singkat dibandingkan rendang daging.

RELATED :  Mau Liburan Ke Jepang? Simak Barang-barang Penting dan Destinasi Berikut Ini Ya!

Rendang Pakis

Selain daging-dagingan, sayuran juga bisa dijadikan rendang, loh. Salah satunya rendang pakis. Dalam Bahasa minag rendang pakis disebut juga dengan rendang paku. Cara pembuatannya daun pakis dimasak dalam waktu yang lama Bersama bumbu-bumbu rendang lainnya.

Rendang Lokan

Lokan dalam Bahasa Indonesia disebut dengan kerang. Sesuai dengan Namanya rendang ini terbuat dari daging keran yang dimasak dengan bumbu-bumbu dalam waktu yang lama. Kerang yang digunakan biasanya adalah kerang air tawar yang memiliki ukuran lebih besar dibanding kerang lainnya.

Rendang Jariang

Rendang ini merupakan rendang favorit, jariang atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan jengkol. Sebelum dimasak Bersama bumbu rendang jengkol direbus terlebih dahulu. Untuk kamu si pecinta jengkol, kamu wajib mencoba rendang jariang.

Rendang Pucuk Ubi

Selain daun pakis, daun pucuk ubi atau dalam Bahasa Indonesia disebut daun singkong, juga bisa dijadikan bahan baku utama untuk membuat rendang. Rendang pucuk ubi ini memiliki cita rasa yang gurih, loh.

Rendang Kalio

Rendang kalio sebenarnya adalah bentuk setengah matang dari rendang daging. Jika rendang daging dimasak dengan waktu yang lama sampai berwarna kehitaman, maka rendang kalio dimasak hanya sampai kuah berwarna kecoklatan. Beberapa rumah makan Padang menyediakan rendang kalio karena pembuatannya dianggap lebih cepat.

Nah, itu dia jenis-jenis rendang yang harus kamu coba, bagaimana tertarik untuk mencobanya bukan?.

Gambar Gravatar
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *