Ini masalahnya gagal daftar BPJS secara online

Diposting pada

BPJS terus berbenah untuk kemudahan para peserta baik itu peserta yang sudah terdaftar ataupun yang belum terdaftar untuk melakukan pendaftaran secara mandiri.
Dengan perkembangan teknologi daftarpun jadi sangat mudah tidak perlu lagi keluar rumah atau harus kekantor BPJS yang jaraknya jauh kini secara onlinepun bisa dengan adanya smartphone dan tersambung ke internet dengan syarat-syarat sangat mudah seperti:

  1. Kartu keluarga (KK)
  2. Siapkan pas poto filenya saja tidak perlu dicetak 1 keluarga (sekarang pas poto tidak diperlukan lagi)
  3. Nomor Hp aktif
  4. Nomor BPJS bila sudah ada anggota keluarga yang terdaftar
  5. Nomor rekening Bank milik kita bila pendaftaran melalui PC / komputer
  6. Email aktif (akan diperlukan bila kita ingin mencetak e-id BPJS)

dengan persyaratan diatas begitu sangat mudahnya kita mendaftar menjadi peserta BPJS namun kenapa judul coretan ini berhubungan dengan masalah pendaftaran online yang gagal kita akan jawab dari cerita saya dalam membantu tetangga sekampung saya dalam pendaftaran online secara mandiri.

Dari beberapa KK yang pernah saya daftarkan atau hanya sekedar mengecek saja karena seringnya tetangga yang bertanya “bisa ga daftarkan menjadi peserta BPJS?” selalu saya jawab “bisa” namun kita coba dulu cek nomor KKnya karena terkadang pendaftaran secara online ada nomor KK yang tidak ditemukan di data BPJSnya tidak tahu belum online atau gimana, yang tahu pihak DUKCAPIL dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Diatas adalah salah satu masalahnya yaitu nomor KK tidak ditemukan pada persyaratan nomor 1 dan yang kedua adalah pada saat pendaftaran dengan menginput nomor KK semisal ada salah satu anggota keluaraga yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS dan bila tidak menginput nomor BPJS anggota keluarag yang sudah terdaftar maka pendaftarnpun tidak bisa dilanjutakan seperti disyaratkan menurut saya pada nomor 4 pada persyaratan pendaftaran BPJS secara online.

RELATED :  Alamat rumah sakit penerima pasien BPJS wilayah kabupaten Sukabumi

Kita simpulkan, menurut pengalaman saya adalah ada dua masalah yang sering menjadi penyebab gagalnya pendaftaran peserta BPJS Kesehatan secara online yaitu,

  1. Nomor KK tidak ditemukan
  2. dan kedua ada anggota keluarga yang sudah terdaftar menjadi anggota BPJS namun tidak diketahui nomor ID BPJSnya ini terkadang diakibatkan anggota tersebut mendapatkan bantuan atau penerima Bantuan Iuran (PBI) namun disayangkan kartu BPJSnya tidak sampai kepada yang menjadi haknya sebagai penerima, tentu ini solusinya adalah pendaftaran harus datang langsung kekantor Cabang BPJS terdekat karena pendaftaran secara online tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh BPJS.

Catatan:
(untuk pendaftaran melalui aplikasi JKN walaupun nomor BPJS angota keluarga terdaftar ada tetap tidak bisa dilanjutkan, disarankan daftar melalui PC atau akses https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/15/Pendaftaran-Peserta).

Sekian artikel untuk kali ini semoga bermanfaat…

Gambar Gravatar
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

3 thoughts on “Ini masalahnya gagal daftar BPJS secara online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *