Hasil Uji Kemampuan Copy Kyocera M2040dn

Mesin Kyocera M2040dn adalah salah satu merk dengan tipe yang cukup populer pada saat ini dikalangan pebisnis percetakan, kenapa tidak? Mesin ini dihargai cukup murah dengan kemampuannya cukup mumpuni untuk menengah kebawah, misal untuk bisnis percetakan rumahan atau dikantor.

Fitur dari mesin ini tentunya sangat cukup untuk mempermudah dalam melakukan copy dokumen. Dengan harganya yang murah tentunya ini menjadi sesuatu yang semestinya dipahami oleh pengguna. Bahwa tentunya mesin ini tetap memiliki keterbatasan yang kita tidak tahu dibalik kemampuannya. Keterbatasannya tentunya pengguna tidak akan tahu sebelum menggunakannya. Dari itu penulis sendiri sebagai pengguna melakukan uji coba mesin ini, uji coba kali ini adalah terkait kekuatan copy dalam jumlah banyak dengan mesin ini. Ketika mesin dilakukan uji coba memiliki usia belum genap 6 bulan, sudah isi ulang toner asli 1 kali, lainnya belum ada yang diganti atau diperbaiki.

Bacaan Lainnya

# Uji coba fotocopy bolak balik

Sebetulnya uji coba kemampuan atau kekuatan potokopi pada mesin Kyocera M2040dn ini bukan sengaja dilakukan, tetapi memang sesuai pekerjaan yang sedang digarap, yaitu membuat buku raport untuk MDTA, buku raportnya ini ingin yang murah yang penting jadi, pada akhirnya diputuskan buku raport diprint out asli satu rangkap dan kemudian dipotokopi untuk memperbanyaknya.

# Uji coba pertama

Pertama mencoba mengcopy untuk 10 buku saja, dalam satu buku itu ada 6 halaman bolak balik dalam bentuk tek saja, kalau dijumlahkan jadinya 60 rangkap bolak balik-balik. Kita potokopi hasil dari print out tadi menjadi 10 rangkap. Dengan cara mempotokopi seperti ini maka mesin tidak akan berhenti sampai 10 rangkap atau 120 halaman ini selesai.

# Uji coba kedua

Kemudian lakukan uji coba kedua setelah uji coba pertama berhasil. Uji coba kedua yaitu meningkatkan jumlah yang dipotokopi menjadi 2 kali lipat, yaitu menjadi 20 buku raport, yang artinya hasil potokopi menjadi 20 rangkap dengan jumlah halaman 240 halaman, atau 120 rangkap bolak balik.

# Hasil uji coba fotocopy

# Uji coba pertama

Hasil uji pertama, hasil uji kemampuan copy bagus dan terlihat tidak ada masalah baik tek maupun lainnya.

# Uji coba kedua

hasil uji kemampuan copy

Hasil uji coba kedua ternyata jauh dari harapan. Mengecewakan, hasil terlihat ada seperti tumpahan toner atau terlihat seperti ketika mempotokopi dokumen yang tidak rapi. Untuk tek sendiri terlihat baik.

# Uji coba print out 1 halaman

Uji coba print out ini dilakukan tentunya tidak bebarengan dengan uji coba copy diatas, uji coba dilakukan sebelumnya mesin dalam keadaan dingin. Print out dilakukan sebanyak sekitar 500 lembar atau 1 rim kurang lebih halaman kertas tanpa bolak balik. Print out dilakuan tidak dirangkap namun berbeda-beda dokumen atau satu persatu, dan ketika print out pun ada jeda mesin untuk berhenti. Dalam satu dokumen itu ada yang 2 lembar dan ada juga sampai 8 lembar.

# Hasil uji coba print out

Hasil uji kemampuan untuk prin out 500 lembar satu halaman ini terlihat bagus untuk hasilnya. Namun kendala pada mesin terkait kertas yang sering menyangkut.

# Berapa maksimal fotocopy Kyocera M2040dn?

Ketika ingin mempotokopi 1 halaman dengan rangkap banyak maka pengguna harus mempertimbangkan untuk mencicil jangan sekali jalan. Misal, dokumen akan di copy sebanyak 500 rangkap maka disarankan dicicil hingga kurang dari 10 kali jalan apabila melihat dari hasil uji coba diatas.

Ketika potokopi bolak balik maka jumlah maksimal yang disarankan adalah cukup dengan membagi 2 ketika potokopi 1 halaman. Misal diatas, 500 halaman dibagi 10 sama dengan 50 halaman per sekali jalan, maka 50 halaman tersebut di bagi 2 lagi menjadi 25 halaman.

# Masalah-masalah ketika potokopi Kyocera M2040dn

Masalah yang sering timbul ketika potokopi banyak dengan mesin Kyocera M2040dn ini tentunya secara umum sama saja yaitu, ketika menyimpan kertas tidak rapi pada kaset maka akan terjadi mesin macet karena kertas menyangkut. Kemudian ketika kertas lembab itu juga bisa sering membuat mesin macet juga, karena lembab tersebut kertas akan sulit ditarik oleh mesin atau malah terlipat. Solusinya jangan memasukan kertas dalam keadaan tidak rapi, rapikan dulu sebelum disimpan kedalam kaset atau tempat kertas. Jangan juga memasukan kertas dalam keadaan lembab, pastikan menyimpan kertas ditempat yang kering dengan suhu terjaga untuk penyimpanan kertas. Namun ketika masalahnya pada hasil seerti diatas, pastikan hasil uji coba diatas bisa dipahami dan pengguna mengerti akan kelemahan mesin yang digunakan, jangan dipaksakan.

Hasil uji kemampuan copy diatas adalah menggunakan mesin yang penulis miliki, mungkin hasil akan berbeda ketika dilakukan pada mesin yang berbeda. Hasil uji coba diatas bisa dijadikan toleransi kita dalam menggunakan mesin Kyocera M2040dn ini, tentunya tidak mau dong kalau mesinnya dipaksakan dan akhirnya rusak fatal? Semoga setelah membaca post ini pengguna lainnya menjadi tahu bahwa segini kemampuan dari mesin Kyocera M2040dn ketika digunakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *