Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemasangan Processor

Diposting pada

Berikut cara pasang processor dan beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat pasang processor pada CPU .

Apakah Anda pernah pasang processor sendiri? Proses ini sebenarnya mudah tapi sangatlah beresiko. Banyak orang melakukan kesalahan dan akhirnya merusak CPU processor yang akan di pasang. CPU processor sangatkan sensitive, jika tersentuh dengan tangan biasa di area pin-nya, CPU processor tersebut bisa rusak. Untuk memastikan instalasi yang baik, mari bahas hal – hal penting yang harus Anda perhatikan dalam artikel ini!

Perhatikan beberapa hal ini sebelum melakukan pemasangan processor.

Berikut adalah yang harus diperhatikan sebelum melakukan pemasangan processor untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang akan menyebabkan kerusakan pada unit processor itu sendiri.

Pastikan Motherboard dan CPU Cocok.

Sebelum memasang CPU, Anda harus tahu apakah motherboard yang digunakan cocok. Anda bisa buka website seperti PCPartPicker untuk melihat kecocokannya. Jangan sampai sudah beli tapi ternyata CPU tidak bisa Anda pasang di motherboard seri itu.

Pastikan Kondisi Ground Pada Badan.

Listrik statis bisa disimpan pada tubuh Manusia. Untuk menghindari pengaruh listrik statis pada tubuh hilang, sentuh material metal di dekat Anda. Pastikan juga Anda memiliki alas kaki agar akumulasi listrik statis tidak kembali lagi. Jika sudah melakukan hal ini, barulah lanjut memasang CPU processor.

Hati – Hati Membuka Socket CPU

Setiap motherboard akan memiliki tipe tertentu untuk socket-nya. Pada motherboard dengan CPU Intel, socketnya akan dilengkapi cover. Sedangkan untuk AMD, socket dikunci dengan tuas sederhana. Pastikan buka dengan hati – hati. Jangan sampai ada kotoran ataupun debu besar masuk ke situ sebelum CPU bisa dipasang.

Soket CPU Processor memiliki pengunci seperti contoh pada gambar dibawah,

cara membuka pengunci processor tentunya tidak membuka baut tetapi dengan cara menarik penguncinya, sepintas memang bila tidak paham pasti mengiranya cara membuka pengunci processor ini dengan cara membuka bautnya terlebih dahulu, berikut dalam vidio cara buka pengunci Processor yang benar,

Perhatikan Tanda Panah di CPU Processor Cocok dengan Tanda Di Socket.

Cara pemasangan CPU processor.

Saat pemasangan, Anda cari tanda untuk membantu pemasangannya. Tanda ini berupa panah di ujung bagian processor. Biasanya hal ini ada di kiri bawah CPU processor. Anda juga harus lihat tanda bulat seperti yang ditandai dengan panah merah pada gambar diatas, di ujung socket CPU motherboard. Pastikan keduanya saling menyentuh presisi dengan processor saat pemasangan, 2 tanda bulat pada soket posisinya harus pas pada lubang pada processor, setelah itu baru processor dilepas menyentuh PIN dengan benar, setelah processor sudah terpasang jangan menggeser-geser processor cukup dengan sedikit menekan saja ke arah PIN. Pastikan processor sudah terpasang dengan benar pada tempatnya.

Jangan Lupa Dikunci Kembali.

Saat CPU sudah kencang terpasang, kunci kembali tempat tersebut. Jangan sampai lupa hal ini dan menyebabkan CPU mudah bergeser saat tersentuh. Lupa mengunci juga mengakibatkan instalasi pendingin di atas CPU menjadi sulit.

Lakukan penguncian dengan cara kurang lebih sama dengan pada saat membuka, bisa dilihat pada vidio diatas, yang berbeda hanya arahnya saja, apabila membuka pengunci ditekan lalu ditarik keluar, maka ini ditekan ditarik kedalam sampai benar-benar mengunci unit processor dengan kuat.

Sekian bahasan mengenai hal penting dalam pemasangan processor. Mudah – mudahan bahasan tersebut membantu Anda melakukan perakitan PC sendiri. Terima kasih sudah membaca artikel-nya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *