Gunakan Proxy, Chattingan Whatsapp bisa tanpa internet

Proxy adalah sebuah server yang berfungsi sebagai perantara antara komputer atau perangkat lainnya dengan internet. Ketika komputer atau perangkat lainnya mengakses internet, mereka akan terlebih dahulu terhubung ke proxy, kemudian proxy akan mengirimkan permintaan tersebut ke internet dan mengirimkan kembali hasilnya ke komputer atau perangkat yang bersangkutan.

Dalam konteks WhatsApp, proxy dapat digunakan untuk membuka blokir yang diterapkan pemerintah atau ISP (Internet Service Provider) pada aplikasi tersebut, atau untuk menyembunyikan identitas asli pengguna WhatsApp dengan menggunakan alamat IP proxy yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan proxy pada WhatsApp dapat menyebabkan masalah keamanan dan privasi, terutama jika proxy tersebut tidak aman atau tidak dapat dipercaya.

Chattingan Whatsapp bisa tanpa internet?

Ya, fitur tersebut disebut dengan “WhatsApp Offline Messaging”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan, gambar, dan video meskipun tidak terhubung ke internet. Pesan akan disimpan sementara di perangkat pengguna, dan akan dikirim ke server Whatsapp saat perangkat terhubung ke internet kembali.

Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering berada di daerah dengan sinyal yang lemah atau tidak ada, atau bagi mereka yang ingin menghemat pemakaian data internet. Namun, fitur ini hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan teks biasa dan tidak dapat digunakan untuk panggilan suara atau video.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu memastikan bahwa opsi “Use Offline Messages” diaktifkan di pengaturan aplikasi Whatsapp. Setelah itu, semua pesan yang dikirim ke pengguna akan disimpan secara lokal di perangkatnya sampai terhubung ke internet. Pengguna juga bisa mengirim pesan meski tidak terhubung ke internet dengan cara mengetik pesan dan menekan tombol “Send” seperti biasa. Pesan tersebut akan dikirimkan ke server Whatsapp setelah terhubung ke internet. Selain itu, pengguna harus memastikan bahwa nomor telepon yang digunakan terdaftar dalam daftar kontak Whatsapp penerima pesan.

Untuk menghubungkan ke proxy Whatsapp di perangkat Android, pertama-tama Anda perlu mengetahui alamat proxy dan port yang akan digunakan. Anda dapat menanyakan kepada administrator jaringan atau mencari informasi mengenai proxy yang tersedia secara online.

Jika Anda sudah mengetahui alamat proxy dan port yang akan digunakan, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Jaringan dan Internet”.
  3. Pilih opsi “Wi-Fi” dan tap pada nama jaringan yang sedang terhubung.
  4. Pada halaman pengaturan jaringan Wi-Fi, tap pada opsi “Lanjutkan ke Internet”.
  5. Pada halaman selanjutnya, tap pada opsi “Proxy”.
  6. Pilih opsi “Manual” dan masukkan alamat proxy dan port yang telah Anda dapatkan ke dalam kolom yang tersedia.
  7. Tap tombol “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi Whatsapp di perangkat Android Anda akan terhubung ke proxy yang telah Anda masukkan. Namun, pastikan bahwa penggunaan proxy yang telah Anda masukkan diizinkan oleh administrator jaringan atau pemilik perangkat.

Cara aktifkan proxy di aplikasi WhatsApp

Untuk mengaktifkan proxy di aplikasi Whatsapp, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Whatsapp di perangkat Android atau iOS Anda.
  2. Pilih ikon “Setting” atau “Pengaturan” pada tab titik tiga.
  3. Pilih opsi “Penyimpanan dan data.
  4. Pilih opsi “Setelan proxy”.
  5. Pilih opsi “Gunakan proxy”.
  6. Masukkan alamat proxy dan port yang telah Anda dapatkan ke dalam kolom yang tersedia.
  7. Tap tombol “Save” atau “Simpan” untuk menyimpan pengaturan.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi Whatsapp di perangkat Anda akan terhubung ke proxy yang telah Anda masukkan. Namun, pastikan bahwa penggunaan proxy yang telah Anda masukkan diizinkan oleh administrator jaringan atau pemilik perangkat.

Tinggalkan komentar