Gagal Top Up Saldo Aplikasi OVO Ini Penyebabnya

Gagal top up saldo aplikasi OVO ini penyebabnya, dan ini cara mengatasinya.

Pernah mengalami Top Up saldo aplikasi OVO gagal terus? Giliran Top Up berhasil saldo tidak masuk. Bila diantara Kalian pernah mengalami dan sudah melakukan komplain ke CS OVO pasti sudah tahu penyebabnya.

Ini adalah pengalaman saya sendiri sebagai pengguna aktif bertransaksi menggunakan aplikasi OVO ini. Aplikasi OVO bagi saya menjadi kebutuhan yang sangat memudahkan dalam melakukan transaksi transfer uang kesesama OVO maupun transfer ke rekening bank.

Aplikasi OVO selain untuk melakukan transaksi transfer uang, karena saya pengguna aplikasi online shop Tokopedia maka aplikasi OVO digunakan juga untuk pembayaran belanjaan maupun pembayaran online tagihan bulanan baik tagihan saya pribadi dan juga pelanggan Agen BRILink saya.

Aplikasi OVO adalah solusi transaksi transfer antar bank dengan biaya admin yang murah hanya dengan 3rb saja untuk jumlah transaksi transfer antar bank lebih dari 10 transaksi dalam satu bulan, dan gratis biaya admin untuk kurang dari 10 transaksi dalam satu bulan.

Biaya admin transfer antar bank untuk normalnya adalah 6500 menggunakan internet banking SMS banking ataupun melalui ATM bersama dan Agen BRILink EDC, lain halnya dengan melalui Agen BRILink Mobile biaya transfer antar bank lebih mahal sampai dengan 15 rb bahkan bisa lebih tergantung kebijakan Agennya.

Dari itu dengan adanya aplikasi OVO sangat menguntungkan untuk penggunanya dari sisi biaya admin yang murah, mungkin yang menjadi masalahnya untuk para Agen jasa transfer uang adalah aplikasi OVO tidak bisa mencetak tanda bukti transaksi atau struk transaksi, walaupun memang bisa saja dengan memberikan screen shot bagi sebagian Orang tetapi menjadi masalah bila pelanggan menginginkan bukti transaksi diatas kertas.

Setiap aplikasi memang ada kelebihan tentunya ada kekurangannya seperti aplikasi OVO yang memang diperuntukan penggunaan pribadi selain kekurangannya tidak bisa cetak struk seperti disebutkan diatas aplikasi OVO juga memiliki batas saldo maksimal bulanan yaitu 20 juta.

Bagi Agen yang melayani banyak transaksi mungkin 20 juta adalah nominal yang terbilang kecil seperti yang saya pernah alami Top Up saldo gagal dan gagal dan pada akhirnya Top Up berhasil namun saldo tidak masuk pada aplikasi OVO.

Penyebab Top Up OVO gagal ini adalah salah satu penyebabnya

Setelah komplain kepada pihak OVO melalui email diketahuilah bahwa akun OVO saya sudah mendekati limit saldo bulanan yaitu 20 juta jadi oleh CS OVO disarankan Top Up dengan nominal lebih kecil berikut adalah penjelasan perihal maksimal saldo aplikasi OVO akun saya via email:

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap transaksi top up OVO sejumlah Rp1.000.000,00 tanggal 30 Oktober 2019, kami informasikan bahwa transaksi top up tersebut gagal dikreditkan secara otomatis pada saat transaksi dilakukan.

Sebagai tindak lanjut, jika dana top up telah diterima di OVO, kami akan melakukan penyesuaian secara manual saldo OVO cash Anda dalam waktu maksimal 2 hari kerja. Anda akan menerima SMS pemberitahuan dari OVO ketika penyesuaian manual dilakukan.

Kami informasikan kembali bahwa akun OVO Anda sudah mendekati limit bulanan, limit top up di aplikasi OVO Adalah Rp20.000.000,00 perbulan, limit akun OVO Anda akan kembali setiap tanggal 1 di bulan berikutnya. Sisa limit Anda saat ini sebesar Rp827.000,00 mohon melakukan top up dengan nominal yang lebih kecil.

Pada awalnya saya memang tidak tahu bahwa setiap akun OVO memiliki batas maksimal saldo bulanan, saya kira Top Up OVO lagi gangguan biasa saja sehingga Top Up gagal. Setelah mendapat penjelasan diatas diketahui bahwa akun OVO saya memiliki sisa limit 827000 dan saya Top Up pada saat itu 1 juta jadi otomatis akun saya melebihi maksimal saldo bulanan dan Top Up akan otomatis gagal sekalipun Top Up berhasil maka saldo tidak otomatis masuk akun OVO.

Bagaimana cara mengatasi masalah Top Up OVO berhasil tetapi salado tidak masuk ke akun OVO tujuan?

Langkah pertama bila mengalami hal seperti ini tentunya sebelum menghubungi langsung ke CSnya ada baiknya pengguna membaca terlebih dahulu panduan panduan mengenai permasalahan terkait transaksi pada aplikasi yang sudah disediakan pada menu pusat bantuan, karena jawaban permasalah dari CSnya langsung dan pada artikel panduan yang sudah disediakan tidak akan jauh berbeda.

Setelah membaca panduan dipusat bantuan OVO maka disitu sudah dijelaskan bahwa perihal saldo tidak bertambah secara otomatis setelah melakukan top up berhasil, pastikan Anda melakukan pengecekan pada hal-hal berikut:

  1. Nomor ponsel tujuan top up sudah diinput dengan benar dan masih aktif
  2. Anda melakukan top up melalui partner resmi OVO. Untuk melihat daftar partner top up OVO,  klik disini
  3. Saldo OVO Cash Anda belum mencapai limit (CLUB Rp2.000.000 dan PREMIER Rp10.000.000)
  4. Perlu diingat limit top up di aplikasi OVO Adalah Rp20.000.000,00 perbulan, dan akan normal kembali ditanggal 1 bulan berikutnya
  5. Tunggu paling lambat 1 x 24 jam setelah transaksi top up Anda sukses. Jika dalam kurun waktu tersebut saldo OVO Cash Anda belum bertambah, laporkan kendala yang Anda alami melalui form ‘Hubungi Kami’. Kendala top up Anda akan kami tindak lanjuti dalam waktu 5 hari kerja sejak laporan diterima.

Bila poin 1-5 sudah terpenuhi maka yang terakhir adalah melakukan komplain melalui kontak form pada aplikasi maupun melalui email cs@ovo.id dengan menyebutkan masalahnya atau sesuai yang diminta pada form hubungi kami.

Data yang dibutuhkan untuk laporan ke pihak OVO

  • Nama bank
  • Nama pemilik rekening
  • Nomor rekening
  • Foto/capture bukti transaksi top up tersebut yang mencantumkan nomor akun OVO yang di-top up

Setelah data diterima oleh pihak OVO maka akan terima email balasan keemail yang dimasukan pada form hubungi kami sebelumnya sebagai tindak lanjut dari laporan.

Tunggu informasi selanjutnya sampai maksimal 5 hari kerja setelah pelaporan diterima, bila setelah 5 hari kerja belum juga tindak lanjut atau dana belum masuk atau dikembalikan silahkan konfirmasi kembali ke pihak OVO dengan menyebutkan nomor pelaporan yang diterima sebelumnya pada email.

Itulah penyebab Top Up OVO berhasil tetapi saldo tidak bertambah salah satunya seperti yang saya alami dikarena akun saya sudah limit saldo bulanan.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat