Error 503 Service Unavailable Pada Website WordPress (Kasus Pribadi)

Cara tepat mengatasi error 503 service unavailable apabila kasusnya sama dengan yang saya alami, adalah dengan cara upgrade hosting pada website. Namun jika untuk sementara bisa dengan cara naik dan turunkan versi PHP pada cPanel, namun ini pungsinya hanya sementara, ketika penggunaan resource mengalami lonjakan maka masalahnya akan muncul kembali.

# Penyebab error 503 service unavailable

  1. Maintenance server
  2. Pemakaian resource melebihi limit pada hosting
  3. Overload karena serangan DDoS
  4. Plugin bermasalah
  5. Theme yang terlalu berat
  6. Masalah pada custome PHP

# Sefisifikasi hosting yang digunakan pada kasus ini

Hosting yang saya gunakan pada saat muncul masalah ini adalah menggunakan Unlimited Hosting Personal shared hosting dari Niagahoster.

Bacaan Lainnya

# Unlimited hosting kena masalah juga

Kenapa masih terkena masalah error 503 service unavailable disebabkan melebihi limit bukannya unlimited? Paket unlimited tentu iya, namun paket unlimited ini tentunya memiliki S&K yang harus dipatuhi. Ketika melanggar maka akan dibatasi bahkan akunnya akan disuspend. Silahkan baca S&K-nya sebelum melakukan pembelian, sesuaikan dengan kriteria website yang akan dikelola, salah satunya jangan sampai mengganggu pengguna lainnya, karena yang namanya shared hosting itu adalah satu server digunakan bersama, ketika salah satu pengguna melanggar syarat dan ketentuan penggunaannya maka pengguna lain akan kena dampaknya.

# Cara memperbaiki

Untuk cara memperbaikinya tentunya temukan dulu masalahnya. Masalahnya sudah disebutkan diatas. Apabila sulit untuk menemukan masalah maka yang harus dilakukan adalah dengan mencoba cara-cara berikut dengan melihat penyebab-penyebab yang bisa menyebabkan masalah ini diatas:

# 1.Tanyakan ke pihak penyedia hosting apakah server yang digunakan lagi maintenance

 error 503 service unavailable

# 2. Cek di cPanel resource statistics. Apabila statistics pada cPanel terlihat banyak yang merah sudah dipastikan satu masalahnya sudah ditemukan. Untuk mengatasi sementara masalah ini bisa dengan cara menaikan atau menurunkan versi PHP pada cPanel. Dengan menaikan atau menurunkan versi PHP. Proses menaik-turunkan versi PHP memang gunanya adalah untuk melakukan refresh pada server hosting Anda, sama seperti tombol F5 pada komputer/laptop Anda untuk melakukan refresh komputer/laptop Anda. Namun, apabila penggunaan website Anda tetap tinggi dan tetap melebihi batasan pada hosting Anda, maka nantinya website Anda akan tetap mengalami 503 nantinya, sehingga supaya kendalanya tidak terjadi lagi, Anda tetap perlu melakukan upgrade paket hosting Anda ke paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

# 3. Overload oleh serangan DDoS tentunya kasusnya akan sama dengan kelebihan penggunaan resouce pada hosting. Cara mengatasinya apabila tidak upgrade hosting maka atasi dengan hubungi pihak provider untuk meminta bantuan. Kemudian lakukan proteksi keamanan berlapis.

# 4. Terjadi karena plugin error, mengatasinya maka harus mematikan terlebih dahulu semua plugin yang membuat masalah. Dengan adanya masalah ini tentunya pengguna tidak bisa login ke dashboard maka mematikan plugin bisa dari cPanel> Filemanager.

# 5. Theme terlalu berat, apabila kasusnya karena theme yang digunakan terlalu berat tentu yang harus dilakukan adalah mengganti atau memperbaiki theme supaya lebih ringan, ini juga lakukan dari cPanel apabila dashboard sama tidak bisa diakses.

# 6. Masalah pada custome PHP, ketika semua cara diatas sudah dilakukan masalah error 503 service unavailable masih saja, maka silahkan lakukan perbaikan pada custome PHP.

Itulah beberapa penyebab dari website error 503 service unavailable saat diakses, masalah ini termasuk pada saat akses dashboard WordPress. Cara mengatasinya sedikit diulas diatas, dan pada kasus website saya sendiri memang terjadi karena kelebihan resource pada hosting sehingga masalahnya tuntas dengan cara upgrade hosting, hosting sebelumnya unlimited personal shared hosting di up ke cloud hosting.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *