Dengan Internet, Jual Beli Barang Kini Makin Mudah

Diposting pada

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini menjual barang bisa dilakukan melalui internet. Sehingga dari yang dulunya hanya sekedar menjual di tempat asal baik membuka gerai atau semacamnya, kini pelanggan yang berada tidak satu tempat (satu kota) dengan penjual juga bisa mendapatkan barang tersebut. Sudah pasti jasa pengiriman menjadi untung dengan adanya kecanggihan teknologi ini karena penjual akan menggunakan jasa pengiriman untuk mengirimkan barang ke tempat tujuan.

Bahkan dengan adanya internet, produk-produk lokal juga bisa berkembang dan bersaing, serta dikenal oleh khalayak luas sehingga di satu sisi bisa memajukan usaha mikro ataupun menengah ke bawah. Selain itu kita bisa memesan barang yang berada di luar negeri sehingga tidak perlu repot-repot mengunjungi negara tersebut.

Dengan kemudahan yang telah disebutkan sebelumnya, bisnis jual beli barang kini menjadi bisnis yang paling diminati karena pastinya masyarakat selalu membutuhkan barang-barang yang mereka inginkan tanpa harus pergi bertatap muka dengan penjual.

Media online untuk jual beli barang di internet

Berikut beberapa media yang digunakan untuk berbisnis jual beli barang melalui internet.

  1. Aplikasi pesan seperti WhatsApp, LINE, dan BBM yang biasa digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Bahkan WhatsApp dan LINE memiliki aplikasi yang digunakan untuk berbisnis sehingga interaksi pelanggan tidak tercampur dengan interaksi pribadi.
  2. Situs web marketplace (e-commerce) seperti Tokopedia, Shopee, BukaLapak, Lazada, dan lain-lain. Dengan sistem yang canggih, proses transaksi jauh lebih aman dan mudah. Biasanya e-commerce akan menjadi pihak untuk menjaga uang transaksi dimana uang tersebut akan dicairkan kepada penjual ketika pembeli sudah menerima barang pesanannya.
  3. Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter memiliki banyak sekali pengguna sehingga bisa digunakan untuk menjual barang dagangan, meskipun dari segi keamanan transaksi masih kurang aman karena tidak ada pihak penengah untuk memfasilitasi transaksi. Namun pastinya banyak penjual yang menjamin keamanan bertransaksi karena pembeli akan selalu memberikan testimoni dari barang yang dijual dan testimoni tersebut akan digunakan oleh penjual sebagai track record penjualan.
  4. Situs iklan baris seperti OLX akan menampilkan barang yang akan dijual tetapi transaksi akan dilakukan ketika pembeli dan penjual bertatap muka.
RELATED :  Bisnis Cuci Motor, Solusi Bagi Kendaraan Yang Kotor

Produ-produk paling banyak dijumpai dijual di internet

Berikut beberapa produk yang bisa (dan paling sering) dijual melalui media internet yang telah disebutkan di atas.

  1. Pakaian dan aksesoris
    Pakaian merupakan komoditas yang wajib dipenuhi baik pria maupun wanita. Dengan desain yang bagus dan unik, ditambah dengan aksesoris pendukung tentunya mampu menunjang penampilan penggunanya.
  2. Makanan
    Makanan ringan, ataupun makanan beku menjadi produk yang juga laris untuk dijual. Ini dikarenakan makanan tersebut terjaga keawetannya walaupun produk tersebut dikirim ke tempat yang cukup jauh.
  3. Produk kecantikan
    Produk kecantikan menjadi produk yang paling laris di kalangan wanita dikarenakan produk kecantikan menjadi penunjang untuk selalu tampil menawan.
  4. Perangkat dan aksesorisnya
    Jika toko terdekat tidak menyediakan perangkat yang diinginkan, maka dengan adanya internet kita bisa membeli perangkat di tempat yang menyediakan perangkat tersebutm, meskipun lokasinya cukup jauh. Bahkan aksesoris pendukung mulai dari case, headset, anti gores, dan lain-lain juga dijual untuk memenuhi kebutuhan pembeli.
  5. Barang dari luar negeri
    Meskipun tidak banyak, tetapi beberapa penyuplai mendatangkan barang dari luar negeri yang biasanya tidak ada di negara kita tinggal. Tentunya ini sangat memudahkan para pembeli yang ingin mendapatkan barang dari luar negeri tanpa harus mengunjungi negaranya.
Gambar Gravatar
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *