Daftar BPJS online 2018 terhindar dari penipuan

Diposting pada

Maraknya penipuan pembuatan kartu BPJS palsu sangat meresahkan cara menghindarinya adalah ada dua, cara untuk mendaftar BPJS yang di rekomendasikan oleh pihak BPJS adalah,

  1. Datang langsung ke kantor BPJS terdekat dengan membawa identitas KK dan KTP dan pas poto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar atau lebih daripada nantinya kurang.
  2. Daftar secara online di website-nya BPJS 

Untuk pendaftaran BPJS secara online kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini. Langkah-langkanya adalah anda berada di depan komputer dan terkoneksi internet untuk mengakses website BPJS disini pastikan anda mengakses website yang benar.   Ini langkah atau cara saya daftar BPJS secara online :

1. Masuk ke websitenya BPJS disini cari link untuk pendaftaran online sebelah kiri kanan atas

Gambar 1

2. Bila sudah melakukan cara di atas akan terbuka laman seperti gambar 2 atau Bila ingin mendaftar dengan layar full disini , centang! Saya menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan layanan pendaftaran layan bpjs kesehatan selanjutnya klik Pendaftaran.  

Gambar 2

3. Cara 2 selesai dilakukan akan terbuka laman seperti gambar 3 dibawah ini ikuti langkah-langkahnya sesuai nomor urutan digambar

Gambar 3

  4. Masuk ke langkah 4 setelah langkah 1,2,3 selesai, disini kita akan mengetahui siapa saja yang wajib kita daftarkan menjadi anggota BPJS lihat gambar 4 dan bila muncul kotak pada Nomor kartu terdaftar sebelah kanan itu menandakan keluarga yang ada dalam KK sudah terdaftar dan bila ingin melanjutkan Nomor Kartu Terdaftar harus di masukan.   Banyak kejadian pendaftar BPJS yang tidak mengetahui diantara keluarganya sudah ada yang terdaftar seperti postingan saya sebelumnya, bila tidak mengalami hal ini anda bisa melanjutkannya dengan mengklik Proses selanjutnya.

RELATED :  Cek denda BPJS berikut tagihannya
Gambar 4

5. Langkah 5 adalah pengisian data yang diperlukan selain Nama,Alamat,Tanggal lahir termasuk nomor NIK karena data itu sudah sesuai dengan yang teregistrasi di dinas kependudukan, yang kita harus lengkapi adalah seperti Nomor telpon yang mendaftar,Faskes terdekat dengan cara memilih pilihan yang sudah ada seperti Propinsi tempat kita berada lalu pilih Kota/Kab. selanjutnya Kecamatan selanjutnya Desa dan terakhir memilih Faskes biasanya Fasilitas Kesehatan (FASKES) adalah Puskesmas terdekat yang ada didaerah anda, selanjutnya dilangkah 5 ini adalah mengisi alamat surat menyurat bisa disesuaikan dengan alamat terdafar di BPJS dengan mencentang kotak tersedia dan bisa mengisinya dengan alamat tinggal/kerja anda sekarang, terakhir dari langkah 5 (gambar 5) adalah meng-Upload poto keluarga yang kita daftarkan Baca cara mengkompres poto atau mengecilkan ukuran poto untuk BPJS.

Gambar 5

Saya sarankan ukuran poto untuk BPJS ini kurang dari 20KB/poto karena BPJS membatasi ukuran poto yang kita kirim. 6. Langkah 6 di laman ini kita bisa melihat daftar keluarga yang di daftarkan termasuk poto yang sudah kita upload.(gambar 6,7)

Gambar 6
Gambar 7

Langkah 6 ini adalah langkah terakhir dalam melakukan pendaftaran BPJS secara online ada beberapa Form harus kita isi atau pilih setelah melihat Daftar anggota yang kita daftarkan tadi, yaitu Kelas perawatan dan iuran yang dipilih,Nomor rekening boleh dikosongkan,Nomor hp dan yang terpenting adalah alamat EMAIL wajib diisi dan harus valid, bila sudah dilengkapi yang wajib diisi klik kirim email dan proses pendaftaran selesai (gambar 8,9) dan cek email untuk konfirmasi pendaftaran BPJS (gambar 10)

Gambar 8
Gambar 9
Gambar 10

Terakhir di postingan kali ini untuk catatan saja, bila email konfirmasi pendaftaran tidak masuk ke email yang kita masukan saat pendaftaran coba cek di spam dan bila masih tidak ada juga dalam kurun waktu 12 jam kemungkinan email anda sudah pernah dipakai untuk mendaftar BPJS cobalah mendaftar ulang dan gunakan email lain atau buat dulu yang baru dari pengalaman saya satu email hanya bisa digunakan untuk satu pendaftaran, dalam proses konfirmasi pendaftaran BPJS hanya memerlukan hitungan menit setelah langkah 6 diatas selesai.Selanjutnya baca cara cetak Kartu Virtual Acount BPJS setelah konfirmasi Email.

RELATED :  Cara kompres / mengecilkan ukuran poto BPJS online

Update:

Artikel ini mungkin sudah tidak relevan namun ada beberapa langkah-langkah diatas masih sama kecuali lankah 5 pada gambar 5 dan gambar 6 untuk lebih jelasnya bisa dilihat dividio dibawah ini,

Dengan seiring waktu pendaftaran online BPJS Kesehatan seperti dijelaskan diatas pada halaman resmi BPJS Kesehatan link pendafaran Peserta untuk Non PBI sudah ditiadakan. Untuk pendaftaran secara online silahkan bisa coba gunakan aplikasi Mobile JKN dengan cara download dan instal terlebih dahulu, untuk pengguna smarphone android silahkan download di play store google.

Gambar Gravatar
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *