Curug Sodong Sekarang, Perubahannya Begitu Signifikan

curug sodong sekarang

Dulu tidak begitu menjadi tempat wisata yang menarik, tetapi kini tempat ini menjadi salah satu primadonanya Geopark Ciletuh. Inilah Curug Sodong yang kini disulap menjadi tempat selfi dan foto-foto yang instagramable dialam terbukanya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu Sukabumi.

Bacaan Lainnya

# Curug Sodong

Curug Sodong menjadi terkenal setelah resminya Geopark Ciletuh masuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional oleh Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) bersama dengan Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) pada 22 Desember 2015. Kemudian dengan perluasan zona Geopark maka dilakukan perubahan nama menjadi Geopark Ciletuh-Palabuhanratu oleh komite yang sama pada 21 Juni 2016 dan ditetapkan menjadi UNESCO Global Geopark pada 17 April 2018.

Curug Sodong sendiri berada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, tepatnya di desa Ciwaru Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Air terjun ini memilki nama lain yang dikenal Masyarakat, nama itu adalah Curug Kembar dan curug Panganten. Disebut Curug Kembar, karena Curug ini memiliki dua air terjun atau curug yang berdampingan dengan memiliki kemiripan diantara keduanya. Disebut Curug Panganten, karena memang kalau dilihat-lihat curug ini bisa di ibaratkan seperti pengantin yang berdampingan dipelaminan. Diantara kedua nama lain dari air terjun ini tentunya tidak sepopuler nama Curug Sodong itu sendiri. Dikalangan masyarakat sekitar dan juga pengunjung dari daerah lain tentunya lebih mengenal air terjun ini dengan sebutan Curug Sodong. Sodong sendiri diambil dari bahasa Sunda, Sodong menjadi istilah para pemancing lokal ketika memancing di air terjun ini, dulu sebelum ramai dikunjungi seperti sekarang ini. Sodong adalah istilah untuk lubang mirip Gua yang ada dibalik air terjun.

Diawal pembukaan Curug Sodong untuk dijadikan tempat wisata dan bisa dikunjungi wisatawan dengan mudah, tentunya tidak seindah saat ini dengan banyak dibangun fasilitas-fasilitas pendukung yang memberi kesan modern dan instagramable, pas banget untuk dijadikan tempat foto-foto. Beberapa perubahan yang bisa dilihat ketika kunjungsn sekarang dan dulu sebelum adanya perombakan yang bisa dibilang signifikan, berikut adalah penampakannya sekarang:

# Curug Sodong Sekarang

  • Memiliki bale pinton
  • Memiliki gazebo-gazebo yang berjejer menghadap bale pinton
  • Memiliki menara, menara ini tingginya cukup untuk bisa melihat Curug Cikanteh yang berada diatas Curug Sodong. Dengan adanya menara tentunya bagi pengunjung yang ingin melihat Curug Cikanteh dan sekitarnya dari ketinggian, tidak perlu lagi menaiki tebing dan menelusuri sungai untuk sampai ke Curug Cikanteh yang lumayan jauh yang akan menguras tenaga, cukup manfaatkan menara ini maka pengunjung sudah bisa melihat Curug Cikanteh dan view sekitarnya dari atas menara.
  • Memiliki tempat bermain yang luas dengan view langsung langsung air terjun
  • Memiliki kolam renang menghadap air terjun dengan sumber air terpisah dari air terjun, ketika air air terjun keruh dimusim hujan maka air dikolam tidak akan terpengaruh karena sumber air terpisah. Menurut warga sekitar sumber air kolam ini terletak diatas tebing yang berada di sebelah selatan kolam renang. Namun, sayangnya pada saat berkunjung (9/1/22) kolam renang belum selesai dibangun, semoga kunjungan berikutnya kolam renang sudah selesai dibangun.

# Curug Sodong dilihat dari atas

# Vidio

# Foto

Foto diambil pada tanggal 9/1/22, lokasi belum selesai dibangun dan masih dalam tahap pembangunan sarana dan prasarana, menara pun belum bisa dinaiki sampai keatas.

curug sodong sekarang
curug sodong sekarang

Curug Sodong sekarang menjadi primadonanya wisata air terjun di Geopark Ciletuh, dengan banyaknya fasilitas pendukung yang dipersiapkan akan lebih mengundang banyak pengunjung baru, bagi yang sudah pernah berkunjung dipastikan akan meluangkan waktunya untuk kembali berkunjung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *