Contoh Surat Berita Acara Perpindahan Badan Hukum Yayasan

Diposting pada

Contoh surat berita acara perpindahan badan hukum Yayasan ini mungkin dibuat dikarenakan oleh sesuatu hal sehingga, sebagai salah satu contoh adalah sekolah Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) mengharuskan pindah badan hukum, awalnya bernaung atau menginduk pada salah satu Yayasan dan kemudian pindah ke Yayasan yang lainnya tentunya yang sudah berbadan hukum juga, dikarenakan Yayasan lama dimana lembaga MDTA menginduk sebelumnya sudah tidak aktif lagi.

Muncul pertanyaan, kenapa sekolah MDTA tersebut harus bernaung atau menginduk pada Yayasan yang lain atau tidak berdiri sendiri?

Kita tidak membahas atau memberikan contoh untuk mengurus badan hukum suatu MDTA, tetapi memberikan contoh bagaimana satu MDTA yang bernaung pada Yayasan lain yang berbadan hukum ingin berpindah ke Yayasan yang baru, bisa saja alasannya karena Yayasan yang telah menaunginya berhenti beropersi atau tidak aktif lagi seperti sudah disebutkan diatas.

Untuk perpindahan badan hukum Yayasan ini tidak terlalu ribet, cukup memberikan data lembaga MDTA yang dikelola ke Yayasan yang baru, dan apabila Yayasan yang baru ini sudah setuju dan siap menerima maka selanjutnya untuk sebagai legalitas hitam diatas putih diantara ketiga pihak, maka dibuatkan surat berita acara dan juga pernyataan diantara ketiga pihak ini, antara Yayasan lama dan Yayasan baru juga pihak yang mengajukan yaitu pihak MDTA yang belum berbadan hukum yang berdiri sendiri.

Sebagai contoh berikut adalah surat berita acara dan pernyataan perpindahan badan hukum Yayasan:

  • Pertama, adalah buat surat permohonan perpindahan menginduk Yayasan kepada Yayasan lama
  • Kedua, buat berita acara antara pihak MDTA dan Yayasan yang lama, dilengkapi surat pernyataan dari pihak Yayasan yang lama.
    • Isi dalam berita acara kurang lebih seperti berikut: Bahwa pihak MDTA mengajukan untuk pindah menginduk yayasan yang menaungi lembaga pendidikan tersebut, dari Yayasan yang lama kepada Yayasan yang baru. Selanjutnya Pihak Kedua sejak dibuat berita acara ini sudah tidak bergabung lagi dengan Yayasan sebelumnya.
    • Isi pernyataan kurang lebih: Sesuai dengan permohonan pihak pihak MDTA yang mengajukan perpindahan badan hukum, bahwa lembaga tersebut sudah tidak bergabung lagi dengan Yayasan kami, dan akan bergabung dengan Yayasan yang baru, sertakan legalitas akte Notaris. Selanjutnya segala sesuatu yang berhubungan dengan Yayasan lama, sudah menjadi tanggung jawab yayasan yang baru.
  • Ketiga, buat surat permohonan ke Yayasan yang baru.

Preview contoh surat berita acara perubahan badan hukum Yayasan:

Contoh surat berita acara

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *