Contoh Proposal Pembuatan Lining (Saluran Irigasi)

contoh proposal pembuatan lining

Untuk bisa mendapatkan bantuan salah satunya adalah dengan cara mengajukan proposal.

Bacaan Lainnya

# Apa Itu Proposal?

Proposal singkatnya adalah 1 bundel pengajuan atau permohonan secara tertulis. Isi proposal sendiri biasanya terdiri dari bentuk tulisan berupa rancangan atau rencana kegiatan yang dijelaskan secara terperinci. Tujuan dari proposal sendiri adalah salah satunya untuk mendapatkan ijin atau persetujuan dari suatu pihak dengan rancangan yang sudah dibuat Sipengaju.

Sebagai contohnya adalah proposal dibuat untuk mendapatkan/permohonan bantuan dana misal melalui kerjasama denga pihak lain. Didalam proposal sendiri selain dijelaskan menegenai rancangan misal untuk kegiatan, dijelaskan juga secara terperinci rencana anggaran biaya yang dibutuhkan.

Sebagai contoh dibawah adalah proposal untuk permohonan bantuan dana dalam rangka pembuatan lining (saluran irigasi), proposal sendiri terdiri dari:

# Kerangka Proposal.

contoh proposal pembuatan lining

1. Halaman Depan Proposal (Cover).

Halaman depan (cover) sendiri bisa dibuat dengan kreatif masing-masing sebagai gambaran dari isi proposal tersebut, cover sederhana seperti pada proposal pembuatan lining diatas adalah contoh.

2. Surat Permohonan Pembuatan Lining.

Surat permohonan adalah berisi permohonan secara tertulis tentang apa tujuan dari pegajuan proposal tersebut. Surat permohonan berisi juga kemana proposal tersebut akan disampaikan. Kemudian ditanda tangani oleh para pemohon denga diketahui oleh instansi terkait lainya.

Contoh:

Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam Sejahtera Bapak Bupati Sukabumi Ibu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Senantiasa diberkati dan selalu ada dalam keadaan sehat serta selalu dalam lindungan Allah Swt, Amin. Kami atas nama Kelompok Tani Mekar Tani yang berada di wilayah selatan Sukabumi, Tepatnya di Desa Cibenda Kecamatan Ciemas, adalah salah satu kelompok Tani yang memiliki Areal sawah yang sangat luas yang pengairannya menggunakan Aliran air dari Sungai Ciletuh.Pada saat musim hujan, Air berlimpah/ besar, sehingga saluran sering kali jebol, sedangkan pada saat air berkurang sering kali jadi masalah para petani berebut air, maka dari itu kami memohon kepada bapak memberi bantuan dana untuk memperbaiki lining (saluran irigasi sekunder 6 dan pembagi air untuk dibuat pembagi permanen agar petani ter bagi sesuai kemampuan Air yang ada dan kebutuhannya.Kami ucapkan terima kasih seandainya bapak dapat mengabulkan permohonan ini demi kelancaran dan kebahagiaan para petani di Pedesaan.Kami selalu melaksanakan program Pemerintah agar mecapai produksi yang lebih baik untuk memenuhi pencapaian target produksi pangan Kabupaten Sukabumi, Jawabarat, umumnya seluruh Indonesia, Amin.

3. Kata Pengantar.

Kata pengantar sendiri dibuat sebagai tambahan, secara umum memberikan gambaran tentang kegiatan yang sedang dikerjakan atau rancangan sedang dibuat.

Contoh;

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan hidayah nya kepada kita semua, tidak lupa solawat dan salam semoga terlimpah curah kepada Nabi Muhamad SAW, kepada Keluarganya, sahabatnya serta kepada kita semua sebagai umatnya, Amin.Kami atas nama kelompok tani Mekar Tani Desa Cibenda Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, saat ini sedang berupaya memperbaiki lining saluran irigsi sekunder 6 Daerah irigasi Cinangka Beurit yang diharapkan agar air masuk ke areal sawah secara lancar serta petani pengguna air terbagi secara adil.Demiklan Permohonan ini Kami sampaikan, besar harapan bapakdapat mengabulkan, selalu berdo’a semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberi petunjuk dan hidayah kepada kita semua, Amin…

4. Latar Belakang.

Latar belakang adalah ulasan tentang kegiatan sebagai dasar acuan terbentuknya rancangan atau rencana kegiatan yang dijelaskan dalam proposal.

Contoh:

Sebagian dari sistem pembangunan nasional sektor pertanian memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional, sosial politik, budaya dan keamana atau ketahanan nasional. Kaitannya dengan pembangunan pertanian sebagai penyedia lapangan kerja terbesar dan penghasil pangan yang merupakan kebutuhan pokok penduduk, berbasis pada sumber daya domestic baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia dan pemacuan pembangunan merupakan kunci bagi pemulihan stabilitas dan pertumbuhan perekonomian. Sektor pertanian patut dijadikan sebagai alternatip andalan pembangunan perekonomian Kerakyatan.Pembangunan pertanian di wilayah sukabumi selatan lebih terpokus pada pertanian tanaman pangan seperti padi dan palawija, sehingga muncul disvarietas pendapatan sector lain. Sektor pertanian tidak akan mampu menjadi penggerak ekonomi masa depan bila dilakukan secara persial dan terpisah dari sector lain termasuk didalamnya perbaikan saluran irigasi desa atau irigesi usaha tani, karena dengan adanya perbaikan irigasi produksi padi dan palawija dapat dipertahankan atau ditingkatkan, untuk mewujudkan program tadi tidaklah mudah , sampai saat ini masih mempunyai kendala yaitu banyaknya saluran air yang bocor atau rusak maka perlu adanya perbaikan secara menyeluruh. Oleh karena itu melalui proposal ini kami berharap kepada pemerintah Propinsi Jawa Barat Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawabarat dapat kiranya merealisasikan program ini.

5. Maksud Dan Tujuan.

Maksud dan tujuan tentu adalah menjelaskan maksud atau tujuan dari kegiatan atau ranncangan tersebut.

Contoh:

Maksud.

  • Membantu dan mendukung Program pemerintah dalam mensukseskan program peningkatan beras nasional ( P28N)
  • Dapat memangpaatkan Irigasi desa
  • Mengolah Lahan Pertanian Secara intensip.

Tujuan:

  • Dapat meningkatkan produksi padi yang Optimal.
  • Dapat menambah pendapatan petani.
  • Dapat memenuhi kebutuhan akan npangan sebagai makanan pokok.

6. Permasalahan.

Penjelasan pokok masalah sehingga diadakannya kegiatan tersebut.

Contoh:

  • Saluran Irigasi bocor atau rusak dapat mengakibatkan pengatuaran air tidak normal
  • Irigasi merupakan saluran air yang sangat dibutuhkan oleh petani untuk mengairi tanaman
  • Lahan sawah tidak ter airi secara normal

7. Sasaran.

Sasaran adalah penjelasan manfaat untuk penerima manfaat dari diadakannya kegiatan tersebut.

Contoh:

Mengupayakan sekaligus mengusahakan agar saluran irigasi menjadi normal kembali, sehingga air dapat masuk dan mengalir secara normal sehingga air dapat digunakan sesuai kebutuhan untuk pertanian. Lahan yang terairi oleh saluran ini kira – kira 60 ha.

8. Penutup.

Normalisasi jaringan irigasi Desa atau jaringan irigasi usaha tani Desa Cibenda khususnya yang ada di kelompok tani MEKARTANI terwujud dan berjalan sesuai yang diharapkan dapat berdampak positip bagi pembangunan daerah, khususnya Desa Cibenda umumnya kecamatan ciemas.Dengan petunjuk dan pertolongan serta ridho Allah SWT, mudah mudahan rencana terlaksana sesuai harapan. Amin..

9. Lampiran-Lampiran.

Untuk lampiran-lampiran biasanya data-data seperti misalkan pada contoh proposal ini: Tanda tangan Warga Penggarap lahan (Petani), foto visual objek yang akan dikerjakan seperti disebutkan dalam proposal.

# Download Proposal Pembuatan Lining (Saluran Irigasi).

Download Contoh Proposal File Microsoft Word.

Setiap proposal yang dibuat tentunya berbeda-beda disesuaikan dengan kegiatannya masing-masing, seperti contoh diatas adalah proposal permohonan bantuan pembuatan lining (saluran irigasi) . Tetapi didalam proposal tentunya memiliki kesamaan kerangka seperti 1-9 disebutkan diatas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *