Contoh Form catatan transaksi Agen BRILink yang perlu dimiliki


Berikut adalah File format MS. Word yang saya gunakan untuk Catatan Transaksi Harian Agen BRILink.

Preview: 

transaksi Agen BRILink
Contoh form catatan transaksi Agen BRILink

Link Download:

Download Form catatan transaksi harian Agen BRILink dalam format Microsoft Word disini.

Download Form catatan transaksi harian Agen BRILink dalam format Microsoft Excel disini.

Apa fungsi dari Catatan Transaksi Harian Agen BRILink dengan format diatas?

Pungsi catatan transaksi Agen BRILink

  1. Yang pertama, untuk mengetahui jumlah transaksi yang dilakukan dalam satu hari dan satu bulan tanpa harus mencetaknya dari mesin EDC atau website portal BRILink. Dengan catatan setiap transaksi diinput tanpa ada yang terlewat.
  2. Yang kedua, sebagai file penyimpanan rekening nasabah. Di tempat saya sering ada nasabah yang datang dan bilang “A, masih ada nomor rekening yang kemarin saya transfer?” Nah, dengan file diatas cukup ctrl+f saja, ketik nama pemilik rekening dan bisa langsung ketemu nomor rekeningnya.
  3. Dan yang terakhir, sebagai catatan rincian transaksi. Yang nantinya untuk diinput ke file catatan keuangan agen brilink.

Sebenarnya pungsi dari mencatat setiap transaksi pada Agen BRILink banyak sekali manfaatnya, selain telah disebutkan diatas, perlu diingat pada pekerjaan Agen BRILink tentunya bukan tanpa ada masalah, masalah akan selalu ada pada setiap pekerjaan, begitupun Agen BRIlink terkait transaksi dan uang yang setiap hari dikelola.

Potensi masalah pada transaksi Agen BRILink selalu ada dan kita tidak tahu kapan masalah itu akan datang, jangan sampai ketika ada masalah dengan transaksi Agen BRILink tidak memiliki data terkait transaksi tersebut. Memang semua transaksi Agen BRILink tercatat otomatis dilaporan transaksi pada rekening operasional maupun pada sistem BRILink itu sendiri, namun tentunya itu semua harus diakses melalui sistem yang dirasa rada-rada repot apalagi ketika lagi offline, beda dengan kita catat dengan tulis tangan ataupun dipenyimpanan milik kita misal dikomputer.

Pada contoh form diatas beberapa catatan yang menjadi perhatian untuk dicatat, berikut catatat itu:

  • Hari dan Tanggal

Mencatat Hari dan Tanggal tentunya menjadi hal yang wajib dalam pencatatan, dimana Hari dan Tangal menjadi tolak ukur kapan transaksi dilakukan.

  • Rekening tujuan

Dengan mencatat rekening tujuan tentunya bisa menjadi data kita ketika ada masalah, atau ketika ada nasabah akan transaksi kesekian kalinya pada rekening tersebut dan lupa bawa nomornya, maka Agen bisa melihat pada catatan Agen.

  • Nama Bank

Nama Bank tentu dibutuhkan sebgaai Bank tujuan transfer, transaksi transfer Bank tidak seperti transaksi pulsa yang otomatis mendeteksi operator dengan memasukan nomornya. Mungkin bagi beberapa Agen sudah bisa menebak Bank tujuan dengan melihat nomor rekening, namun ini tentunya tidak disarankan.

  • Nomor HP

Nomor HP perlu dicatat bahkan wajib ketika menerima nasabah yang bertransaksi orang lewat yang tidak dikenal. Beberapa contoh kasus yang tentunya bisa saja merugikan Agen, dimana Agen salah input nominal transfer ataupun tarik tunai, bisa juga salah hitung uang, dengan adanya nomor HP nasabah maka Agen akan mudah mengkonfirmasi transaksi tersebut.

  • Nominal transaksi

Nominal transaksi adalah jumlah nominal transaksi yang telah dilakukan, baik diterima oleh agen maupun diterima pada rekening tujuan.

  • Catatan/Keterangan

Catatan atau keterangan bisa ditambahkan pada catatan transaksi, catatan atau keterangan pada transaksi perlu juga dicatat, bisa diisi dengan jam atau menit transaksi, atau bisa juga lainnya, misal ada kekurangan uang dari nasabah, bisa sajakan” kalau nasabah yang kenal atau tetanggaada yang ngutang.

Itulah fungsi dari Catatan Transaksi Harian Agen BRILink dengan format diatas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar