5 Tips Seputar Concealer untuk Pemula


Suka bereksperimen dengan riasan wajah? Artikel ini akan berbagi info tentang pengetahuan dasar seputar concealer dan beberapa tips untuk pemula.

Merias wajah adalah kegiatan yang banyak diminati. Selain perias profesional, orang awam pun banyak yang tertarik meningkatkan skill dalam memoles make-up. Produk apa saja yang dibutuhkan untuk menghasilkan riasan yang cantik dan berbeda dari keseharian? Concealer adalah salah satunya. Ketahui panduan dasar mengenai produk ini sebelum kamu membelinya.

Apa itu Concealer?

Dilansir dari laman Maybelline, concealer adalah satu produk tata rias yang berfungsi untuk mengoreksi kekurangan wajah. Kondisi wajah yang bisa ditutupi kosmetik ini di antaranya lingkaran hitam bawah mata, noda bekas jerawat, pori-pori besar, serta bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

Lalu apa bedanya dengan foundation? Perbedaannya ada pada fungsi dan teksturnya. Foundation dipakai sebagai dasar riasan untuk meratakan warna kulit wajah sehingga tampak halus. Karena dipakai untuk area yang lebih luas, foundation teksturnya lebih cair sehingga mudah diratakan. Sementara itu, concealer ditujukan untuk menutup spot tertentu pada wajah. Teksturnya kental dengan tone warna yang lebih jelas. Jadi, pemakaian korektor wajahsetelah foundation akan makin menyempurnakan riasan. Kulitmu akan tampak lembut dan flawless.

Di pasaran, produk ini dijual dalam bentuk krim, powder, stick dan liquid. Ada pula yang dilengkapi aplikator pada kemasan.

5 Tips untuk Pemula

Masih bingung menentukan pilihan? Menurut info dari berbagai sumber, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli concealer, terutama pemula.

  1. Sesuaikan dengan jenis kulit

Kenali jenis kulitmu supaya bisa menentukan jenis yang tepat. Tekstur creamy cocok  untuk kulit kering. Bila kulitmu terasa berminyak, sebaiknya pilih yang cair. Ada juga bentuk powder yang bisa digunakan kulit normal.

  1. Pilih warna yang lebih terang dari kulitmu
Related Posts :  Cara Cepat Download Video Tanpa Aplikasi

Pilih yang tone warnanya satu tingkat lebih terang dari kulitmu. Tujuannya adalah agar produk dapat menutupi warna kulit yang tidak merata. Warna yang tepat mampu mengoreksi kekurangan di wajahmu termasuk bekas luka ringan. Agar yakin, bandingkan beberapa warna dengan cara mengoleskan pada kulit. Lakukan di tempat yang terang agar hasilnya jelas, ya!

  1. Formula ringan dan mudah diaplikasikan

Kenali formula yang terkandung dalam produkincaranmu. Produk berformula ringan adalah pilihan bijak untuk pemula. Pelajari reaksi kulit setelah menggunakannya, terutama kulit cenderung sensitif. Pemula juga sebaiknya memilih tekstur yang mudah diaplikasikan, seperti cream. Cari brand yang menawarkan produk berformula ringan dan praktis namun performanya bisa diandalkan.

  1. Gunakan dengan cara tepat

Pilihan yang berkualitas harus dibarengi dengan cara pemakaian yang tepat. Untuk hasil maksimal, awali dahulu dengan pelembap agar kadar air wajah terjaga dan riasan terkunci. Kemudian, pakai concealer dengan cara menepuk lembut wajah dengan jari tangan. Untuk hasil yang lebih halus, kamu bisa menggunakan beauty blender atau kuas khusus. Setelah itu, pakai bedak agar riasan awet lalu tutup dengan face mist. Pemakaian face mist membuat riasan lebih menempel sempurna juga menyegarkan wajah.

  1. Last but not least, pertimbangkan harga

Terakhir, pertimbangkan juga harga produk. Sesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhanmu. Pantau beauty forum dan temukan brand yang menjual produk dengan harga terjangkau dan kualitas bersaing.

Kesalahan yang Umum Dilakukan

Kesalahan dalam memakai produk tata rias ini akan menyebabkan hasil make-up tidak maksimal. Alih-alih menciptakan tampilan flawless, wajah malah terlihat belang dan berat. Beberapa kesalahan yang umum terjadi adalah:

  • Mengoleskan produk terlalu banyak

Untuk menutupi noda, yang diperlukan adalah teknik yang tepat, yaitu dengan mengoles tipis-tipis dan membaurkannya. Pemakaian terlalu banyak malah membuat warna wajah tidak merata.

  • Warna yang tidak sesuai
Related Posts :  Tutorial Cara Transfer Bank Lain Di Aplikasi BRILink Mobile

Warna yang tidak tepat membuat noda-noda di wajah tidak tertutupi sempurna. Pilih warna yang mendekati warna kulit untuk hasil yang natural.

  • Urutan pemakaian yang keliru

Pemula mungkin masih merasa bingung dengan urutan saat merias wajah. Kesalahan yang banyak dilakukan adalah memakai concealersebelum foundation. Sebenarnya, urutan antara dua item ini dipengaruhi juga dengan tingkat masalah pada wajah. Koreksi wajah bisa dilakukan lebih dahulu apabila banyak spot yang harus ditutupi.

Demikian pembahasan seputar concealeruntuk pemula. Semoga menginspirasi dan selamat bereksperimen dengan make-up.

Referensi

Concealer

Baca juga: Panduan Memilih Lip Serum Untuk Remaja.

Tinggalkan komentar