Ciri-ciri Motherboard yang rusak, ini perlu diketahui

  • Whatsapp
Cir-ciri Motherboard yang rusak

Ketahui ciri-ciri Motherboard yang rusak – Motherboard merupakan salah satu komponen yang penting dalam perangkat komputer atau laptop. Jika motherboard mengalami kerusakan tentu akan sangat mengganggu kinerja dari perangkat Anda. Untuk itu, penting untuk Anda mengetahui bagaimana ciri-ciri dari motherboard rusak agar segera bisa dianalisa kerusakaan yang terjadi sebelum mengambil tindakan untuk memperbaiki atau membeli yang baru. Maka dari itu, di artikel ini akan membahasnya. Mari simak!

Berbagai ciri-ciri Motherboard yang Rusak.

ciri-ciri Motherboard yang rusak

Adanya kerusakan fisik di Motherboard.

Ciri yang cukup terlihat jika motherboard rusak adalah terdapat kerusakan di fisik motherboard tersebut. Periksalah motherboard Anda apakah ada kapasitor yang rusak atau membengkak sehingga menyebabkan masalah di motherboard. Kapasitor yang rusak, membengkak ataupun bocor bisa karena overheating, umur yang sudah tua, hingga cacat material. 

Bacaan Lainnya

Tercium bau terbakar.

Salah satu dari ciri-ciri dari motherboard rusak adalah terciumnya bau terbakar. Jika Anda mencium bau bakar yang sangat menyengat, itu bisa menjadi indikasi jika komponen sudah terlalu panas. Kadang-kadang, Anda mencolokkan komponen tidak sesuai atau kompatibel bisa menyebabkan kerusakan maupun panas yang berlebih. Jadi, setelah Anda memasang komponen lalu mencium bau terbakar, segera lepaskan. Anda tidak bisa asal-asalan memasang komponen di motherboard. Anda harus melakukan pertimbangan yang matang untuk melihat dan memeriksa kompatibilitas dari motherboard lebih dulu sebelum dipasang. 

Komputer sering mengalami freeze ataupun mati secara total.

Jika komputer atau laptop Anda sering mengalami freeze atau hang ketika dioperasikan, maka Anda harus mengecek apakah ada masalah pada software-nya. Namun, jika tidak ada masalah pada semua software yang ada, maka Anda harus mempertimbangkan untuk memeriksa perangkat kerasnya seperti motherboard yang mungkin mengalamo kerusakan. 

Cir-ciri Motherboard yang rusak: Muncul blue screen of death (BSOD).

Blue screen of deathBSOD memang tidak bisa secara langsung dikatakan sebagai ciri dari motherboard yang rusak. Hal itu karena mungkin hanya kegagalan hardware atau driver buruk. Jika komputer Anda sedang mengalami BSOD, sebaiknya Anda catat kodenya. Lalu periksa kode itu di mesin pencarian internet, lalu pastikan apakah kode tersebut mengatakan sesuatu mengenai kegagalan motherboard. 

Beberapa perangkat berhenti sesaat.

Ciri lainnya dari motherboard yang rusak adalah fungsi beberapa perangkat yang berhenti sesaat. Namun, sebelum Anda mengatakan jika motherboard rusak karena masalah di atas, Anda sebaiknya melihat dahulu baterai dan juga kabelnya. 

Cir-ciri Motherboard yang rusak lainnya, booting Komputer lambat.

Motherboard yang rusak bisa menyebabkan booting pada komputer menjadi lambat sekali, apalagi ketika booting awal. Hal itu karena tahap booting awal merupakan tahap motherboard melakukan Power on Self Test (POST) guna mengidentifikasi perangkat tertanam seperti hard disk, RAM, keyboard dan lain sebagainya. Namun tentu masalah bukan disini saja, karena akar masalah dari suatu kasus pada perangkat komputer itu komplek, tidak bisa dipastikan eror seperti ini adalah penyakitnya ini, harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

Nah, itulah ciri-ciri dari motherboard rusak yang bisa Anda kenali. Dengan mengetahui berbagai ciri tersebut diharapkan Anda bisa cepat tanggap untuk mengetahui apakah motherboard pada komputer atau laptop Anda sudah rusak atau tidak. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *