Cetak kartu virtual acount BPJS online

Diposting pada

Setelah mendapatkan email dari BPJS untuk konfirmasi pendafaran pada langkah ini kita akan mendapatkan link untuk mencetak kartu VIRTUAL ACOUNT BPJS langkah-langkah adalah, buka email anda,

Buka link yang diberikan pada email dan lakukan aktivasi pendaftaran dan setelah aktivasi berikut pencetakan Virtual Acount. Virtual Acount adalah sebagai kode pembayaran terdiri dari beberapa digit angka yang nantinya saat pembayaran tinggal membawanya ke tempat pembayaran BPJS semisal Agen BRILink terdekat. Virtual Acount BPJS bisa dibayarkan setelah 14 hari dari setelah hari pendaftaran dan 30 hari adalah batas pembayaran pertama iuran BPJS. Bila lebih dari 30 hari belum membayar maka calon peserta harus mendaftar ulang.

Setelah melakukan pembayaran barulah e-id BPJS Kesehatan (KIS) bisa dicetak dan bisa digunakan untuk berobat kerumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS.

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah tanda kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang komprehensif pada fasilitas kesehatan melalui mekanisme sistem rujukan berjenjang dan atas indikasi medis*.
KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan untuk seluruh peserta jaminan kesehatan termasuk penerima bantuan iuran (PBI).
Kepesertaan KIS ada 2 kelompok:

  1. Kelompok masyarakat yang wajib mendaftar dan membayar iuran, baik membayar sendiri, ataupun berkontribusi bersama pemberi kerjanya;
  2. Kelompok masyarakat miskin dan tidak mampu yang didaftarkan oleh pemerintah dan iurannya dibayari oleh pemerintah*) Kartu lainnya: Kartu Eks Askes, Eks Jamkesmas, KJS, Kartu JKN BPJS Kesehatan, masih tetap berlaku sesuai ketentuan sepanjang belum diganti dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Segera setelah anda melakukan Pembayaran, anda dapat mencetak e-ID BPJS-Kesehatan (KIS) dengan cara membuka kembali link pada email. Nantinya link setelah dibuka akan tampil halaman seperti dibawah ini,

RELATED :  Mau Daftar BPJS Online? Gunakan Aplikasi Mobile JKN.

Lakukan cetak e-id dengan mengklik icon PDF dilingkari merah pada gambar diatas. Pencetakan nantinya bisa menggunakan printer warna biasa kita gunakan dengan kertas HVS dan untuk ukuran e-id bisa disesuaikan ukurannya, bila 100% terlalu besar bisa dikurangi supaya tidak terlalu besar.

Setelah e-id tercetak potong pada garis yang sudah disediakan dan barulah lipatkan. Karena e-id yang dicetak pada kertas biasa yang mudah rusak supaya awet e-id bisa dilaminating. E-id BPJS (KIS) pun sudah bisa digunakan.

Sekian artikel terkait Cetak kartu virtual acount BPJS online.

Gambar Gravatar
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *