Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Cek Kerusakan Hard disk Menggunakan Aplikasi Terbaik

1 min read

Hard disk merupakan salah satu perangkat keras yang sangat penting pada sebuah komputer. Tanpa adanya perangkat keras ini, bisa dipastikan akan kesulitan untuk menyimpan data yang sudah dimiliki. Saat ini memang banyak jenis penyimpanan yang bisa digunakan, misalnya seperti flash disk dan lainnya. Hanya saja tetap tidak bisa menyimpan data secara permanen.

Dengan menggunakan hard disk maka data yang disimpan bisa dengan ukuran yang besar. Baik itu data yang berkapasitas 1 GB sampai dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Untuk mengakses data yang sudah disimpan juga cukup mudah dalam sebuah hard disk, namun hal tersebut hanya bisa mudah bila memang hard disk dalam keadaan normal.

Tetapi berbeda lagi bila hard disk tidak dalam keadaan normal. Bukan hanya susah untuk membuka data melainkan data yang ada bisa saja tidak bisa terbaca dengan baik. Maka dari itu perlu sekali mengetahui kerusakan hard disk sejak awal guna tidak menimbulkan efek lebih parah lagi ke depannya.

Bila anda ingin mengetahui dari kerusakan hard disk sejak awal, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan. Yakni berkaitan dengan mendeteksi kerusakan hard disk, diantaranya seperti bad sector, interrupt atau hanya maintenance biasa.

Cek Kerusakan Hard disk Menggunakan Aplikasi Terbaik

Aplikasi terkait yang bisa digunakan untuk mendeteksi kerusakan hard disk sejak awal. Termasuk juga kerusakan bad sector. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Aplikasi Macrorit

Aplikasi yang menjadi rekomendasi bisa digunakan untuk mengetahui kerusakan pada sebuah hard disk yakni menggunakan Macrorit. Aplikasi ini tentunya bisa mendeteksi bad sector pada hard disk. Cukup melakukan scan menggunakan aplikasi ini maka kerusakan yang terjadi pada hard disk sudah bisa diketahui.

RELATED :  Cara mengatasi bluetooth tidak berfungsi di windows 10

Bagi anda yang ingin mengetahui kerusakan pada hard disk, maka bisa menggunakan Macrorit. Cukup download maka sudah bisa mendapatkan aplikasi ini, dikarenakan memang tersedia secara gratis.

2. Aplikasi Windows HDD Check Disk

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mengetahui kerusakan pada sebuah hard disk yakni menggunakan Windows HDD Check Disk. Dengan aplikasi ini memungkinkan sekali dapat mengetahui kerusakan yang ada pada hard disk, baik itu ciri bad sector maupun maintenance lainnya.

Namun ada baiknya bila sedang melakukan pengecekan kerusakan, jangan menjalankan aplikasi secara multitasking atau lebih dari satu dalam waktu yang sama. Silahkan menjalankan aplikasi ini hingga selesai baru kemudian bisa menjalankan aplikasi lainnya.

3. Aplikasi Data Lifeguard Diagnostic

Aplikasi ini juga dengan fungsi yang sama terutama bila dibandingkan dengan beberapa aplikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pada saat penggunaan, maka anda akan melihat beberapa fitur yang hanya dimiliki Data Lifeguard Diagnostic. Diantaranya yakni:

  • Fitur Extented Test – Yakni dengan fungsi melakukan scan media, kemudian juga bisa mendeteksi terjadinya bad sector pada perangkat keras hard disk.
  • Fitur View Tets Result – berguna untuk melihat hasil scan yang sudah dilakukan sebelumnya pada sebuah hard disk.
  • Fitur Quic Test – memiliki fungsi untuk mengumpulkan serta memverifikasi sebuah informasi data.

4. Aplikasi SeaTools

Aplikasi ini selain bisa digunakan untuk cek kerusakan pada HDD internal hingga HDD eksternal. Itulah salah satu perbedaan yang ada pada aplikasi ini dengan jenis aplikasi lainnya. Aplikasi ini juga bisa digunakan pada semua jenis OS. Baik itu Windows 7, windows 8 hingga windows 10. Kapasitas dari aplikasi ini juga lumayan kecil sehingga tidak membuat kinerja komputer lambat ketika sedang digunakan.

RELATED :  Mengatasi masalah kertas macet pada printer epson L1455

Bagi anda yang ingin melakukan pengecekan pada hard disk yang kurang maksimal kinerjanya bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sudah dijelaskan di atas. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×


RELATED :  Aplikasi Kompres Foto Windows 10