Cek keanggotaan BPJS dengan nomor KTP/NIK via SMS online

Diposting pada 16.032 views

Pada satu ketika ada Seorang Pelangan Agen BRILink kepada saya bertanya, apakah Anda bisa bantu daftarkan online BPJS Kesehatan untuk saya?, tentu saya jawab bisa’ karena memang pada sebelumnya juga saya sudah pernah membantu mendaftarkan Pelanggan saya yang lainnya.

Untuk mendaftar BPJS secara online hanya perlu nomor Kartu Keluarga yang sudah terdaftar di didata BPJS, Nomor handphone, alamat Email, rekening Bank dan yang terpenting satu lagi adalah nomor kartu BPJS anggota keluarga, bila sudah ada yang pernah daftar BPJS sebelumnya.

Bila merasa tidak pernah daftar bisa cek langsung dengan coba daftarkan nomor KK di BPJS online, nanti akan tertampil data keluarga sesuai yang tertera di Kartu Keluarga. Bila melihat form yang harus diisi seperti gambar dibawah dengan informasi dikotak berwarna dipanah merah (nomor kartu terdaftara) itu dipastikan dalam satu kartu keluarga (KK) Anda sudah terdaftar sebagai Anggota BPJS.

https://1.bp.blogspot.com/-HG0nwQCArwc/XDKmvU11qYI/AAAAAAAAD0w/XnZwa8miQ8Y6wMVE2kB392xXT8KeqDpBgCPcBGAYYCw/s640/Screenshot_285.jpg

Bila Anda yakin tidak pernah diantara Anggota keluarga Anda mendaftar menjadi Anggota BPJS Kesehatan dimungkinkan salah satu keluarga Anda adalah Penerima Bantuan Iuran BPJS Kesehatan dari Pemerintah, namun kartu BPJS Kesehatan PBI-nya tidak sampai ketangan salah satu anggota keluarga PBI Anda, hal seperti ini pernah terjadi pada Pelanggan saya sebelumnya yang pada akhirnya mendapatkan kartu BPJS Kesehatan PBI-nya, dengan cara langsung mengunjungi kantor BPJS terdekatnya atau bila pendatang silahkan kunjungi kantor BPJS terdekat dengan tempat kelahirannya.

Kartu BPJS PBI tidak sampai ketangan yang berhaknya” mungkin ini adalah salah satu masalah dari sekian “masalah” pembagian kartu bantuan jaminan BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang meyebabkan pada saat melakukan pendaftaran BPJS secara online dengan memasukan nomor kartu keluarga dan berhasil dengan data yang ditampilkan lengkap semua anggota keluarga tetapi di salah satu keluarga ada kotak yang diharuskan di isi dengan nomor kartu salahsatu atau lebih anggota keluarga yang sudah terdaftar di BPJS, bila seperti ini sudah barang tentu pendaftaran online tidak bisa dilanjutkan.

Masalahnya adalah anggota keluarga tidak merasa pernah mendaftar BPJS secara online ataupun langsung dikantor BPJS pada sebelumnya, bila ini terjadi pada Anda coba cek keanggotaan BPJS Anda dengan menghubungi kontak BPJS atau datang langsung kekantor BPJS terdekat dengan membawa identitas lengkap, dan atau bisa juga dengan cara dibawah ini;

Cara untuk mengetahui kepesertaan BPJS dengan nomor KTP atau NIK melalui SMS adalah satu pilihan karena caranya yang mudah dan tidak perlu pergi kemana-mana cara ini saya dapatkan dari artikel yang pernah saya baca di situs resminya BPJS yang bisa Anda cek.

Cek keanggotaan BPJS dengan nomor KTP/NIK

Cara cek kepesertaan BPJS dengan sms pertama adalah bila kita tidak mengetahui formatnya seperti apa kita ketik HELP kirim ke 087775500400 tunggu beberapa saat sampai ada balasan seperti;

Format Pengiriman SMS BPJS Kesehatan:

NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI

Sedangkan untuk mengecek tagihan iuran dapat dilakukan melalui pengiriman pesan dengan format :

TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Format SMS diatas silahkan kirimkan ke nomor SMS Gateway BPJS 087775500400

Sebagai contoh;

Bila kita cek menggunakan Nomor Induk Kependudukan atau KTP;

Contoh : NIK 1234567890111213
Kirim ke : 087775500400

Bila cek menggunakan dengan Nomor Kartu BPJS Kesehatan

Contoh : NOKA 0001260979209
Kirim ke : 087775500400

Bila cek keanggotaan dengan Nomor Induk Kepegawaian atau NIP

Contoh : NIP 1962061119880001009
Kirim ke : 087775500400

Dan bila Anda ingin sekedar mengecek iuran BPJS Kesehatan formatnya adalah:

Contoh : TAGIHAN 0001260979209

Perlu jadi catatan bahwa data balasan yang dikirim oleh pihak BPJS tidak termasuk nomor Virtual Acount BPJS yang bersangkutan tetapi hanya nama anggota keluarga yang terdaftar,Faskes dan tanggal lahir, tetapi ini cukup membantu untuk kita bahwa kita sudah terdaftar dan untuk selanjutnya silahkan anda datang ke Kantor BPJS terdekat dengan membawa data seperti KK dan KTP dan tunjukan smsnya kepada petugas.

Sebagai catatan dari saya;

Cara ini kadang berhasil terkadang gagal tidak ada respon, pada saat artikel ini dibuat pengecekan keanggotaan masih bisa dan sukses menerima informasi sesuai nomor NIK yang kita kirim, walaupun memang tidak semua data diberikan secara lengkap tetapi cukup untuk mengetahui keanggotaan kita di BPJS.

Dengan adanya sarana SMS ini satu Pelanggan saya yang mendapatkan PBI seperti diceritakan diatas bisa mendapatkan kartu PBI-nya. Bila ada yang gagal dengan cara SMS itu adalah kewenangan BPJS atau karena masalah teksnis lainnya, solusinya silahkan datang langsung kekantor BPJS terdekat.

Sekian artikel terkait cara cek keanggotaan BPJS dengan nomor KTP/NIK via SMS online kali ini semoga bisa bermanfaat.

25 thoughts on “Cek keanggotaan BPJS dengan nomor KTP/NIK via SMS online

  1. Saya mau ngecek apakah ibu saya sudah terdaftar atau belum di bpjs ,saya sudah kirim pesan ke nomer yang tercantum di atas tapi tidak ada respon tolong di bantu ya dari pihak bpjs trims kasih

  2. Bisa gag kalo cek no BPJS cuman pake kartu NIK, masalah nya kartu BPJS keluarga saya hilang semua

  3. Mau nipu ya bos? Mau direport gak? Jan mau sms lgi, data diri yg anda kirim ke nomor itu bkal dipake yg tidak" dan yg sya tau itu dipake buat regis kartu perdana Keep smart guys

  4. saya sdh sms kok tidak ada balasan…. kalo hanya tahu anggota kluarga ynag ikut PBI ato yang lainnya saja, tanpa nomor virtual acount BPJS ybs masih disuruh bawa ke kantor BPJS, kan ribet buat apa online? mohon seyogyanya diberitahu No Virtual/ Noka BPJSnya…..

  5. saya sudah krim HELP lalu agak lama kirim NIKNO. NIK juga tidak ada balasan dari nomer tersebut pak. bagaimana solusinya pak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *