Cara Transfer Antar Bank Biaya Gratis, Coba Aplikasi Flip

Diposting pada

Transfer antar bank gratis – Setelah lama tidak pernah menggunakan aplikasi Flip untuk transfer uang antar bank, hari ini saya coba kembali aplikasi Flip ini untuk transfer antar bank, dengan tujuan bank BCA untuk keperluan isi saldo Mitra Bukalapak (MBL) dengan metode transfer cek manual.

Transfer antar bank menggunakan Flip memang sedari dulu gratis biaya admin, namun ada tapinya, dari pertama dirilis dan saya menggunakannya, transfer menggunakan Flip tidak realtime seperti halnya transfer via mesin ATM, atau mobile banking yang bisa hitungan detik dana sudah berpindah kerekening tujuannya, itu dulu, saya coba gunakan lagi sekarang, ternyata setelah mencobanya sistemnya masih sama, transfer antar bank memerlukan waktu sekitar 10 menit dari setelah kita transfer dana ke rekening Flip, berikutnya barulah dana masuk kerekaning tujuan.

Cara kerja aplikasi Flip.

Flip pada dasarnya sebagai jembatan transaksi perpindahan dana antar rekening lain bank, ketika custumer melakukan transaksi di Flip, maka customer akan melakukan transfer dana terlebih dahulu ke rekening Flip sesuai bank yang dimiliki oleh customer, sebagai contoh customer memiliki nomor rekening bank BNI dan akan transfer kerekening bank BCA, maka custumer hanya perlu transfer kerekening bank BNI Flip, selanjutnya setelah dana diterima Flip, dana akan dilanjutkan kerekning BCA yang dituju oleh customer tadi, semua sudah tahu bahwa transfer sesama bank itu gratis, maka sistem Flip juga menganut sistem itu, nantinya Flip akan transfer melanjutkan dana dari customer melalui bank yang sesuai dengan yang dituju oleh custumer tadi, yaitu bank BCA. Artinya customer transfer ke rekening Flip sesama BRI, dana ditampung di rekening BRI Flip, dari rekening BCA Flip dana akan dilanjutkan kerekening tujuan sesuai instruksi customer yaitu bank BCA, bukan dari rekenig BRI Flip, jadi tetap transaksi transfer dana semua dilakukan sesama bank, baik itu customer maupun Flip.

Bank Flip.

Transfer antar bank yang bisa dilakukan di Flip tergolong masih terbatas, bank akan terus ditambahkan sesuai voting customer, semakin banyak permintaan untuk suatu bank maka selanjutnya kemungkinan akan ditambahkan pada bank Flip selanjutnya, berikut adalah nama-nama bank yang bisa ditransaksikan di Flip :

  • Bank BNI
  • BNI Syariah
  • Bank BRI
  • Bank Mandiri
  • Mandiri Syariah
  • Bank BCA
  • Bank CIMB Niaga
  • CIMB Syariah
  • Bank Muamalat
  • Bank BTPN
  • Bank BTPN Wow
  • Jenius

Untuk bank-bank diatas customer hanya butuh memiliki salah satu saja untuk bisa melakukan transaksi transfer antar bank bebas biaya admin alias gratis di Flip, berlaku untuk tujuan bank selain bank yang dimiliki customer.

Cara transaksi Flip.

Untuk cara transaksi transfer antar bank melalui aplikasi Flip sangat mudah hampir sama saja dengan transaksi aplikasi lainnya, yang diperlukan kita registrasi terlebih dahulu di aplikasi maupun di website flip.id.

transfer antar bank gratis

Setelah registrasi berhasil, lakukan tata cara transfer uang antar bank gratis via aplikasi Flip berikut ini, sebagai contoh adalah seperti disebutkan diawal isi saldo Mitra Bukalapak melalui transfer BCA manual:

transfer antar bank gratis

Namun sebelum melakukan transaksi di aplikasi Flip, silahkan lakukan pengambilan tiket deposit untuk MBL ini, karena untuk isi saldo MBL melalui BCA diharuskan ambil tiket deposit terlebih dahulu.

  1. Setelah berhasil ambil tiket deposit MBL, silahkan lanjut buka aplikasi Flip dan pastikan sudah login.
  2. Klik Kirim Uang Gratis pada aplikasi posisinya persis dibawah layar.
  3. Apabila nomor rekening tujuan belum tersimpan, silahkan klik TAMBAH REKENING BARU.
  4. Pilih bank tujuan, masukan nomor rekening tujuan, lalu klik CEK NAMA
  5. Verifikasi nama apakah sudah benar, apabila sudah benar sesuai klik LANJUT
  6. Masukan nominal transfer sesuai tiket deposit yang tadi diambil di aplikasi Mitra Bukalapak, masukan berita transfer atau bisa biarkan saja, untuk defaultnya biasanya terisi nama, lalu klik LANJUT, apabila tidak bisa diklik lanjut-nya silahkan terlebih dahulu berita transfer
  7. Verifikasi kembali seperti nama, nomor rekening, nominal transfer, apabila sudah sesuai silahkan klik LANJUT METODE PEMBAYARAN
  8. Pilih bank sesuai yang kita (customer) miliki misalkan saya memiliki rekening bank BRI, maka pilih BRI dan tunggu beberapa saat sampai keluar halaman nomor rekening Flip dan jumlah yang harus di transfer
  9. Silahkan lakukan transfer ke rekening Flip yang tertera sesuai bank yang dipilih, nominalnya harus sesuai dengan yang tertera di tiket termasuk kode uniknya, tujuan kode unik ini adalah sebagai identifikasi atas trasfer dana yang dilakukan untuk mempermudah sistem memverifikasinya, nominal kode unik tidak akan masuk kerekening tujuan customer, nominal kode unik akan secara otomatis ditambahkan kesaldo customer pada aplikasi Flip, nantinya saldo bisa digunakan untuk transaksi lainnya seperti beli pulsa dan lain-lain pada aplikasi Filip. Transfer ke Flip bisa dilakukan melalui ATM, EDC dan juga mobile banking, namun tentunya lebih disarankan melalui mobile banking atau internet banking. Setelah transfer berhasil, silahkan klik SAYA SUDAH TRANSFER
  10. Bisal dilihat Flip sedang mengecek transaksimu, waktu pengecekan membutuhkan sekitar 10 menit, namun bisa lebih cepat apabila bukan dijam-jam sibuk, setelah pengecekan selesai dan uang sudah masuk kerekening FLip maka selanjutnya Flip akan melanjutkan uang ke rekening tujuan, kita bisa mengecek transaksi dalam proses pada menu Transaksi
  11. Setelah transaksi berhasil akan ada notifikasi melalui email yang terdaftar dan atau melalui notifikasi pada aplikasi, selalnjutnya bukti transfer bisa diunduh atau dibagikan melalui media chat.
  12. Setelah mendapatkan bukti transfer dari Flip, karena tadi menggunakan tiket deposit MBL cek manual maka Mitra harus menunggu kembali sekitar sampai 15 menit dana masuk ke saldo Mitra Bukalapak.

Transfer antar bank gratis bebas biaya admin sudah berhasil dilakukan menggunakan aplikasi Flip, setiap aplikasi tentunya ada kekurangan dan juga ada kelebihannya, seperti halnya Flip yang memang sistemnya belum bisa secara cepat memproses untuk hal pengecekan dana dari customer, Flip masih memerlukan waktu sekitar 10 menit dalam memproses transaksi, sebenarnya sekarang Flip sudah ada peningkatan dalam hal waktu apabila dibandingkan dulu sebelumnya, sekarang setelah dana dari customer terverifikasi maka dana secara instan akan masuk kerekenig tujuan, jadi 10 menit itu adalah hanya untuk memverifikasi dana dari cutomer, dan juga perlu diingat Flip memiliki jam operasionalnya, dari jam 07 pagi sampai jam 08 malam WIB, jadi kalau melakukan transaksi diluar jam opersioanal maka akan diproses pada jam opersional berikutnya, kelebihan dari Flip itu sendiri tentunya adalah transfer antar bank gratis biaya admin, itu sudah pasti. Harapan kedepannya Flip semakin maksimal terutama masalah waktu pengecekan dana dari customer, lebih cepat lebih efisien, apabila menggunakan pembayaran virtual account bank kayanya itu menjadi solusi yang efektif, tetapi itu kembali kepada pihak Flip.

Nominal yang bisa dikirim via Flip

Muncul pertanyaan, apa transaksi di Flip ada limitnya? Untuk transfer gratisnya ada limitnya, yaitu minimal Rp.10.000,- sampai dengan nilai maksimal Rp.5.000.000,- perhari, limit akan dikalkulasi dalam 1×24 jam, misalkan 3 kali transaksi dengan nominal sama Rp.1.000.000,- maka 3xRp.1.000.000,-= Rp.3.000.000,-, kita kurangi saja limit perhari Rp.5.000.000,- – Rp.1.000.000,- = Rp.2.000.000,-, jadi kita hanya bisa transfer gratis dengan nominal Rp.2.000.000,-. Apabila kita butuh transfer dana lebih dari Rp.5.000.000,- maka kita akan dikenai biaya sebesar Rp.2.500,- pertransaksi dengan nilai maksimal Rp.20.000.000,- pertransaksi, tanpa ada limit berapa kali transfer dalam satu hari.

Sekian cara transfer antar bank gratis menggunakan aplikasi FLip, dengan aplikasi Flip kita bisa menghemat biaya admin sebesar Rp.6.500,- dalam setiap transaksi transfer antar bank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *