Cara tarik tunai di Agen Brilink, 3 menu bisa dipilih


Mau tarik uang tapi bingung, tarik tunai di Agen BRILink saja.

Ke kantor bank harus ngantri, mesin ATM gangguan atau uangnya sedang kosong? Jangan bingung, sekarang kita bisa melakukan transaksi tarik uang dari rekening di Agen BRILink dengan kartu ATM.

Apa itu Agen BRILink? Agen BRILink adalah nasabah bank BRI yang bergabung dengan Program BRILink, layanan keuangan tanpa kantor yang diluncurkan bank BRI. Agen BRILink melayani berbagai jenis layanan perbankan seperti setor tunai ke rekening BRI dan bank lain, tarik tunai dari rekening BRI dan bank lain, juga melakukan pembayaran PLN, telkom, cicilan kendaraan, asuransi, DPLK, bayar kartu kredit dan masih banyak lagi transaksi-transaksi yang bisa kita lakukan di agen BRILink.

Bagaimana cara tarik tunai di AGEN BRILink?

Proses tarik uang di agen BRILink berbeda dengan proses di kantor bank. Jika di kantor bank kita menggunakan buku tabungan, di agen BRILink cara tarik uang tunai adalah dengan menggunakan kartu ATM. ATM yang bisa digunakan bukan hanya ATM BRI, tapi juga ATM bank lain yang berlogo link, prima, mastercard, GPN dan atau ATM bersama. Jadi tarik tunai di Agen BRILink lebih mirip dengan tarik tunai di Mesin ATM, hanya saja uangnya dikeluarkan dari Agen BRILink, bukan dari Mesin mini ATM.

Agen BRILink dalam melakukan transaksinya menggunakan mesin berukuran kecil yang bernama EDC. Mesin EDC memiliki fitur yang hampir sama dengan mesin ATM, karenanya EDC sering disebut juga mini ATM.

Ketika nasabah ingin menarik uang, prosesnya adalah dengan mentransfer uang dari rekening nasabah ke rekening agen BRILink, kemudian agen BRILink akan memberikan uang tunai kepada nasabah. Mau menggunakan menu tarik tunai ataupun transfer bank pada EDC, prosesnya sama, sama-sama mentransfer atau memindahkan uang dari rekening nasabah kerekening agen. Bedanya, apabila menggunakan menu tarik tunai maka agen tidak perlu memasukan rekening, karena pada menu ini sudah otomatis tersimpan rekening agen atau disebut rekening operasional agen BRILink. Kemudian ketika menggunakan menu transfer BRI, maka agen harus memasukan nomor rekening sebagai tujuan, dengan menu ini bisa digunakan juga ketika nasabah mau transfer uang dari rekeningnya kerekening BRI orang lain melalui kartu ATM.

Jadi, jika kita ingin tarik tunai di agen BRILink, kita wajib membawa kartu ATM. Agen BRILink akan menggesek kartu ATM kita di mesin EDC untuk melakukan trasfer uang. Khusus untuk yang menggunakan ATM BRI ada tiga menu yang bisa digunakan Agen BRILink untuk tarik tunai yaitu :

  1. Setor Simpanan
  2. Tarik Tunai
  3. Transfer BRI
Related Posts :  Cara tarik tunai BRILink Mobile aplikasi

Kemudian bagaimana agen BRILink melakukan tarik tunai dengan ketiga menu diatas? Berikut adalah cara-caranya.

tarik tunai di Agen Brilink

Cara tarik tunai di Agen BRILink EDC Konvensional

  1. Setor Simpanan
    • Pada mesin EDC masuk ke menu Tunai Setoran Simpanan Enter Gesek artu ATM Nasabah Masukan nomor rekening Agen Enter Masukan nominal yang akan di tarik Enter Masukan PIN ATM Nasabah Enter Konfirmasi Enter lagi Transaksi berhasil struk tercetak.
  2. Tarik Tunai
    • Pada mesin EDC masuk ke menu Tunai Tarik Tunai Gesek Kartu ATM Masukan jumlah uang yang akan ditarik Enter Konformasi masukan PIN ATM oleh Nasabah Silahkan tunggu Struk keluar transaksi berhasil dilakukan.
  3. Transfer BRI
    • Pada mesin EDC masuk ke menu Mini ATM Transfer Sesama BRI Gesek kartu ATM Nasabah Masukan nomor rekening BRI Agen Setelah enter masukan nominal Masukan PIN ATM Nasabah Konfirmasi Transaksi berhasil cetak struk.

Cara tarik tunai di Agen BRILink dengan ATM Bank

Untuk tarik tunai ATM Bank lain sebetulnya tidak ada menu khusus untuk tarik tunai seperti ATM Bank BRI itu sendiri. Tarik tunai ATM Bank lain adalah dengan cara menggunakan menu transfer Bank lain yang ada di EDC, berikut adalah caranya :

Pada mesin EDC masuk menu Mini ATM ⇒ Transfer ⇒ Transfer antar Bank ⇒ Gesek kartu ATM Nasabah karena yang akan ditarik adalah ATM Nasabah ⇒ Pilih tabungan ⇒ Masukan kode Bank + rekening Agen ⇒ Masukan nominal yang akan di tarik ⇒ Masukan PIN ATM Nasabah ⇒ Konfirmasi ⇒ Tunggu struk keluar transaksi tarik tunai ATM Bank lain berhasil dilaksanakan.

Setelah transaksi berhasil agen BRILink akan memberikan jumlah uang yang ditarik dikurangi biaya transaksi kepada agen BRILink. Biaya transaksi ini akan berbeda-beda di setiap agen BRILink. Karena ketentuan biaya transaksi ditentukan oleh masing-masing agen BRILink, walaupun memang pada dasarnya bank sudah mengaturnya terkait biaya transaksi di Agen BRILink ini.

Untuk menjaga keamanan rekening kita, ketika mengetik nomor PIN tutuplah dengan tangan.

Cara tarik tunai di Agen BRILink tanpa mesin EDC

Kini tarik tunai di Agen BRILink bisa dilakukan tanpa mengunakan mesin EDC, bisa juga menggunakan aplikasi BRILink Mobile. Sebelum Agen bisa melakukan transaksi tarik tunai menggunakan aplikasi ini, Agen harus terlebih dahulu melakukan pengajuan untuk mendapatkan user id dan password. Selanjutnya setelah mendapatkan user id dan password lakukan instal dan aktivasi aplikasi pada smartphone.

Related Posts :  Perkenalkan Layanan Laku Pandai dari Mandiri, Si Makmur

Cara tarik tunai menggunakan aplikasi BRILink Mobile sedikit berbeda, seperti kartu ATM tidak digesek melainkan nomornya yang diinput, keamanannya bukan PIN tetapi kode OTP yang dikirim ke nomor terdaftar BRI Mobile, SMS Mobile, Internet Banking BRI, SMS Notifikasi, untuk nasabah yang hanya terdaftar SMS notifikasi sendiri hanya bisa digunakan untuk cek saldo saja, untuk tarik tunai atau transfer, nasabah harus terdaftar mobile banking atau internet banking sudah aktivasi finansial.

Cara tarik tunai di Agen BRILink EDC Android

Ada satu lagi tambahan media atau alat transaksi Agen BRILink, yaitu alat transaksi berbasis Android atau disebut mesin EDC Android BRILink. Dengan mesin EDC Android ini Agen bisa tarik tunai dengan cara kartu ATM digesek sama seperti di EDC Konvensional, dan untuk keamanannya tidak lagi menggunakan kode OTP, keamanannya diganti dengan PIN sama seperti transaksi di EDC Konvensional. Sayangnya untuk saat ini transaksi pada EDC Android belum bisa menggunakan ATM bank lain, EDC Android dikhususkan transaksi tarik tunai, transfer BRI, transfer bank lain menggunakan kartu ATM BRI saja.

Itulah cara melakukan transaksi tarik tunai uang di agen BRILink.

Melakukan transaksi perbankan di Agen BRILink dijamin Aman karena Agen BRILink adalah nasabah BRI yang sudah mendapatkan kepercayaan bank BRI untuk melakukan transaksi perbankan.

Seseorang yang ingin menjadi Agen BRIlink harus mengajukan permohonan dan memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu yang telah ditetapkan oleh Bank BRI. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan transaksi perbankan Anda di Agen BRILink terdekat.

2 pemikiran pada “Cara tarik tunai di Agen Brilink, 3 menu bisa dipilih”

  1. apakah ada cara/menu yang dapat dimanfaatkan untuk tarik tunai melebihi limit ATM non BRI? karena saya sering kadatangan nasabah non BRI untuk tarik tunai melebihi limit….

    Balas

Tinggalkan komentar