Cara rakit Komputer Gaming

Cara rakit Komputer Gaming, ini Komponen yang harus disiapkan

Diposting pada

Ingin tahu cara rakit Komputer Gaming? Perhatikan Komponen yang wajib Ada.

Kamu tentu pernah mendengar mengenai komputer rakitan yang digunakan untuk gaming, bukan? Nah, jika kamu juga berminat untuk mengetahui cara rakit komputer, ada beberapa komponen yang wajib ada saat proses perakitan. Simak penjelasan berikut!

Cara rakit Komputer Gaming
  • 1. CPU dan Motherboard

Komponen utama sebuah komputer adalah CPU dan motherboard. Keduanya sangat penting karena tanpa kedua komponen tersebut maka komputer tidak dapat dioperasikan. CPU harus kompatibel dengan motherboard agar komputer dapat bekerja dengan baik dan benar. Pastikan CPU dan motherboard memiliki performa mumpuni mengingat komputer rakitan yang akan dibuat khusus gaming. 

  • 2. RAM

Random Access Memory atau RAM dapat mendukung kinerja CPU dan motherboard. RAM komputer yang besar akan membantu kelancaran program di dalamnya. Processor i5 dengan motherboard H110M serta RAM DDR4 adalah pasangan yang cocok disandingkan. 

  • 3. CPU Cooler

Peranti yang ini tidak bisa diremehkan. Pasalnya kipas ini dapat mendukung performa CPU dan motherboard komputer gaming kamu. Kerjaan kedua perangkat termasuk berat sehingga mudah panas, hal inilah yang membuat kedua butuh pendingin. Komputer yang overheat akan mati seketika sehingga dapat mengganggu kegiatan gaming. 

  • 4. Kartu Grafis

Komputer rakitan untuk kegiatan gaming tentu tidak boleh melupakan peranti kartu grafis atau VGA card. Kartu tersebut dapat mengimplementasikan script grafis dalam monitor komputer. Semakin canggih VGA card yang dimiliki komputer, maka akan semakin detail, halus dan cepat resolusi yang dihasilkan. 

  • 5. Solid State Drive

Cara rakit komputer tidak akan berhasil tanpa semua komponen wajib. SSD dapat berfungsi sebagai penyedia ruang kosong untuk transfer data yang cukup. Kapasitasnya bisa mencapai 500 GB. Jadi semua data yang digunakan dapat ditransfer langsung ke SSD sehingga komputer tidak terlalu berat dan lemot. 

  • 6. Power Supply

Power supply berfungsi untuk penyedia daya pada semua komponen komponen. Power supply yang bagus adalah yang mampu menyalurkan arus secara stabil sehingga semua komponen dapat bekerja dengan baik. 

  • 7. Kotak Casing

Siapkan kotak atau casing komputer setelah semua komponen tersedia. Kamu dapat menggunakan casing yang memiliki sistem ventilasi yang baik. Para gamer biasanya menggunakan casing yang disertai dengan lampu LED sehingga lebih menarik. Apabila kamu tertarik, boleh saja tidak ada larangan. 

  • 8. Sistem Operasi

Apabila seluruh peranti keras komputer gaming telah terangkai, jangan lupakan sistem operasi untuk menjalankan program game. Sebaiknya kamu menggunakan Windows 8 ke atas agar lebih lancar. Pastikan pula kamu gunakan yang asli, jangan bajakan. 

  • 9. Koneksi Internet

Seluruhnya dapat bekerja dengan baik apabila koneksi internet lancar. Kegiatan gaming kamu dapat menggunakan sistem LAN serat optik, wifi maupun modem.  Kegiatan gaming akan lebih seru jika kamu memiliki semua peralatan gaming. Sekian penjelasan mengenai komponen yang harus disiapkan sebelumnya, berikutnya adalah bagaimana cara rakit komputer gaming ini? silahkan bisa dipelajari. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *