Cara pencairan BPNT pada EDC BNI Agen46


Untuk Anda Agen BNI 46 yang sudah memiliki mesin EDC, Anda sebagai Agen46 sudah bisa melakukan pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Pemerintah dalam hal ini Kemensos menggunakan menu atau fitur yang sudah disediakan pada EDC BNI46.

Namun tentunya untuk bisa melakukan pencairan BPNT ini Agen “harus” memiliki rekomendasi dari Kementrian Sosial atau paling tidak dari Pendamping PKH setempat.

Menurut beberapa Agen yang sudah menjadi Agen BNI 46 dan bisa melakukan pencairan BPNT ini, didalam ruang lingkup satu Desa itu hanya ada satu Agen 46 atau disebut e-warung Kemensos yang bisa melayani belanjanya para Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) ini.

Cara penarikan Bantuan Pangan Non Tunai pada mesin EDC Agen46, berikut tata caranya :

  1. Pada menu EDC BNI Agen 46 pilih PROG.PEMERINTAH Enter
    Pilih CEK KUOTA & KUR
  2. Gesek Kartu lalu enter
  3. Pilih Ya / enter
  4. Masukan PIN enter
  5. Tunggu struk keluar

Selanjutnya untuk penarikan / pencairan BPNT, namun sebelumnya siapkan atau catat kode BPNT pada struk CEK KUOTA tadi yang masih tersedia saldonya (ditandai panah merah pada gambar).

Silahkan ke menu utama terlebih dahulu dengan menekan tombol warna merah pada EDC 46 BNI.

  1. Pada menu AGEN46 kembali buka menu PROG. PEMERINTAH lalu enter
  2. Masuk di menu BANTUAN SOSIAL lalu enter
  3. Pilih PEMBELIAN lalu enter
  4. Gesek kartu kartu ATM
  5. Klik ya / enter
  6. Kemudian masukan JENIS PRODUK (untuk jenis produk masukan kode pada struk CEK KUOTA tadi yang masih tersedia saldonya seperti diberi tanda panah pada gambar diatas tadi) lalu enter.
  7. Masukan nominal sesuai kuota yaitu 110000 lalu enter.
  8. Masukan PIN ATM enter kembali
  9. Setelah keluar nama, jenis produk dan jumlah transaksi lalu enter kembali
  10. Tunggu struk keluar
  11. Transaksi selesai lalu Agen memberikan bahan pangan sesuai harga nominal yang ditarik yaitu 110000.

Sebagai catatan :

Untuk penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai ini bisa disalurkan oleh Agen yang sesuai dengan kartu yang dimiliki oleh Penerima BPNT. Semisal kartu ATM yang dimiliki adalah kartu yang dikeluarkan oleh BRI maka pengambilannya bisa di Agen BRILink, dan bila yang dimilikinya adalah dikeluarkan oleh Bank BNI maka Penerima bisa mengambil atau mencairkan BPNT ini di Agen BNI 46 yang sudah ditunjuk.

Berbeda dengan bantuan PKH seperti didaerah saya tinggal di Kabupaten Sukabumi. Pencairan PKH BNI bisa di Agen BRILink atau sebaliknya PKH BRI bisa di Agen BNI 46. Namun disarankan bila dekat dengan Agen sesuai yang dikartu disitulah yang disarankan karena tentunya bila di Agen yang tidak sesuai dikartu PKH akan kena biaya lain Bank sebesar Rp.6.500,- , belum lagi ditambah biaya yang dibebankan oleh Agennya itu sendiri.

Sekian, seperti itulah cara pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Agen BNI 46 pada mesin EDC, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *