cara pemasangan voltage stabilizer

Cara Pemasangan Voltage Stabilizer Hurricane XCS Pada Mobil Agya

Diposting pada

Berikut adalah cara pemasangan voltage stabilizer Hurricane XCS 3 pada mobil Agya TRD 2020, mudah dan simpel hanya membutuhkan kurang lebih 5 menit saja.

Apa itu volt stabilizer mobil dan motor?

Volt stabilizer adalah alat yang digunakan dan bermanfaat menstabilkan kelistrikan pada kendaraan mobil dan motor, dengan pemasangan alat ini maka diharapkan akan menjadikan mobil lebih bertenaga, hemat BBM, aki menjadi lebih awet, semua komponen elektronik bekerja optimal dan lebih tahan lama.

Apa benar volt stabilizer bisa bekerja?

Tentunya” alat ini manfaatnya adalah menstabilkan kelistrikan pada kendaraan, secara teori dengan sistem kelistrikan yang stabil maka diklaim banyak manfaat seperti bisa meningkatkan performa kendaraan yang dipasangi alat volt stabilizer ini.

Amankah menggunakan alat volt stabilizer pada kendaraan?

Untuk menjawab pertanyaan ini tentunya kembali pada masing-masing individu, karena beberapa ada yang menjawab “tidak aman” dan juga ada yang jawab aman-aman saja setelah menggunakan alat ini selama beberapa tahun, berikut saya kutif penjelasan dari salah satu produsen dari volt stabilizer, produsen mengklaim bahwa tanpa alat tambahan pun yang terpasang mobil bisa terbakar seperti diberitakan, dan mereka pun mngklaim bahwa produknya aman sudah teruji selama 25 tahun lebih.

Hurricane salah satu produsen volt stabilizer/Penjelasan terkait volt stabilizer

Bagaimana dengan garansi mobil?

Khusus produk Hurricane, produsen mengklaim dengan pemasangan produk mereka tidak ada masalah dengan garansi resmi mobil.

Kita lanjut ke cara pemasangan alat volt stabilizer, saya praktekan pada mobil Toyota Agya tahun 2020, namun sebelumnya kita ketahui dulu apa yang didapatkan dalam paket pembelian volt stabilizer XCS mobil ini, saya sendiri membeli secara online XCS 3S, dalam paket terdiri dari unit volt stabilizer XCS hurricane dengan 2 kabel min dan plus, satu kabel ground, satu breket berikut baut-bautnya, dan untuk garansi pada dusnya tertera barcode yang harus didaftarkan disitus hurricane atau via kontak resminya.

cara pemasangan voltage stabilizer

Cara pemasangan voltage stabilizer XCS di mobil Agya;

  • Siapkan kunci 10
  • Sambungkan kabel merah XCS volt stabilizer ke positif aki
  • Sambungkan kabel hitam XCS volt stabilizer ke negatif aki
  • Kabel ground yang sudah disediakan dalam paket silahkan satu sisi sambungkan ke negatif aki, dan satu sisinya lagi sambungkan ke body mobil dengan cara dibaut.
  • Posisikan unit stabilizer dengan baik dan kencangkan
  • Langkah kalibrasi;
    • Putar kontak tapi tidak menghidupkan mesin
    • Kondisi mesin mati injak pedal gas selama kurang lebih 15 detik dan lepas
    • Nyalakan mesin, injak pedal gas sebanyak 3 kali dan lepas
    • Injak pedal gas dan tahan di rpm 3rb selama 15 detik

Untuk mengecek pungsi atau tidaknya volt stabilizer silahkan gunakan lampu 12 volt, caranya buka kabel volt stabilizer yang tersambung ke aki, lalu coba volt stabilizer untuk menyalakan lampu, apabila lampu menyala maka dipastikan stabilizer berpungsi dengan baik.

Selanjutnya untuk menguji hasil dari penggunaan volt stabilizer ini, salah satunya pada penggunaan bahan bakar silahkan catat meter rata-rata penggunaan bahan bakar sebelum menggunakan alat, dan kemudian reset untuk mengetahui perbandingan setelah menggunakan alat, pengujian bisa berlangsung selama satu minggu dan atau untuk lebih meyakinkan jarak tempuhnya itu harus sama dengan jarak tempuh sebelum menggunakan volt stabilizer.

Untuk saya sendiri pada mobil Agya yang digunakan ada kenaikan sekitar 1KM perliter dengan masa pemakaian 1 minggu, kondisi jalan didaerah saya terbilang rusak juga banyak tanjakan, mobil yang saya gunakan usianya sekitar 8 bulan dari pembelian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *