Cara pasang Mouse Wireless dan Mouse Kabel pada Komputer

Diposting pada

Masih bingung? Ini dia cara pasang Mouse Wireless dan Mouse Kabel.

Meskipun kita hidup di zaman modern yang telah dilengkapi dengan berbagai teknologi, masih ada sebagian dari pemula yang bingung dengan cara pasang mouse wireless dan mouse kabel. Nah, berikut penjelasan singkatnya untuk kamu yang belum paham caranya. 

Cara Pasang Mouse Wireless Bluetooth.

Mouse merupakan perlengkapan komputer yang membantu pergerakan kursor. Tanpa mouse, komputer akan sulit digunakan. Awalnya mouse dibuat lengkap dengan kabel agar bisa disambung ke port mouse pada CPU komputer. Namun seiring berkembangnya zaman, hadirlah mouse yang lebih modern yakni mouse wireless.  

Terdapat dua cara memasang mouse wireless bluetooth, yakni:

  • 1. Mouse Wireless Tanpa Bluetooth.

Kamu dapat memasang mouse wireless tanpa menggunakan bluetooth. Siapkan baterai AA, lalu buka penutup baterai yang terletak pada bagian bawah mouse wireless. Setelah itu pasangkan baterai seperti biasa dengan benar agar mouse berfungsi. Apabila sudah terpasang dengan benar maka cabut USB dongle kecil yang terletak di samping penutup baterai. Pasang kembali penutup baterainya dengan rapat dan sesuai prosedur agar tidak lepas. 

Selanjutnya langsung hubungkan USB dongle yang telah kamu cabut sebelumnya dengan port USB yang ada pada komputer maupun laptop. Hidupkan wireless optical scroll mouse dengan menggeser tombol On/Off di bagian bawah mouse. Kini kamu dapat menggunakan mouse wireless untuk keperluan apa saja. 

Pada penjelasan cara pasang mouse wireless dan mouse kabel selanjutnya akan dibahas mengenai cara pasang mouse wireless dengan bluetooth. 

  • 2. Mouse Wireless Dengan Bluetooth

Awalnya nyalakan bluetooth pada laptop, komputer, maupun android. Kemudian nyalakan pula mouse dengan menggeser tombol On/Off yang ada di bagian bawah mouse. Pastikan mouse nyala dan bluetooth laptop, komputer maupun android nyala. Setelah itu tekan tombol klik kanan, kiri dan scroll secara bersamaan, tahan. Masuk ke menu bluetooth di laptop, komputer atau android dan cari device baru. Apabila nama device baru muncul langsung hubungkan. Kamu sudah dapat menggunakan mouse wireless sekarang.

Jika terdapat masalah, kamu bisa lakukan troubleshoot. Mungkin saja mouse wireless tidak tersambung ke laptop, komputer atau android. Oleh karena itu pastikan baterai terpasang dengan benar. Mouse tersendat-sendat dapat diakibatkan oleh baterai yang sudah lemah, ganti yang baru agar lebih lancar. 

Cara Pasang Mouse Kabel.

Mouse kabel adalah mouse yang lebih dulu diciptakan. Meskipun bisa dibilang sudah lawas, namun tidak sedikit orang yang masih menggunakan mouse kabel. Cara pasang mouse kabel yakni hubungkan kabel mouse dengan port yang ada pada laptop maupun komputer. Lalu buka menu Start, pilih menu Control Panel. Klik dua kali pada Device Manager, lalu klik Perbolehkan apabila diminta. 

Scroll ke bawah pada menu Mouse dan keyboard, lalu klik tanda plus untuk menampilkan perangkat yang terhubung. Lalu pilih Properties. Klik pada tab Driver untuk melihat status mouse, apabila terdapat menu Aktifkan itu artinya mouse belum aktifkan dan kamu perlu klik untuk mengaktifkan.

Sekian penjelasan mengenai cara pasang mouse wireless dan mouse kabel. Semoga dapat membantu.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *