Cara Pasang Memori RAM Pada Komputer Secara Tepat

  • Whatsapp

RAM pada komputer merupakan salah satu komponen yang sangat penting. RAM ini memberikan pengaruh besar terhadap kinerja komputer. Jika PC tersebut digunakan untuk keperluan berat, seperti gaming, editing, dan yang lainnya diperlukan RAM ukuran besar pula. Berikut kami rangkum cara pasang memori RAM pada Komputer dengan tepat.

Pengertian RAM Beserta Fungsinya.

RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory. RAM ini merupakan tempat informasi disimpan dan diambil pada komputer tersebut. Jika pada komputer tersebut ingin menyimpan memori besar dan kinerjanya tetap cepat, maka dibutuhkan RAM besar. Jika ukuran RAM komputer besar, maka banyak perangkat lunak dan informasi yang bisa disimpan dan diproses secara bersamaan dan cepat nantinya. Misalkan pada satu waktu yang bersamaan pengguna membuka Software 5 bahkan lebih, dengan bantuan RAM yang besar tentunya Software-Software tersebut bisa berjalan dengan baik.

Read More

Cara Benar Memasang RAM Pada Komputer.

Sebelum Anda memasang RAM maka pastikan bahwa RAM yang anda beli sesuai dengan spesifikasi motherboard komputer Anda. Karena jika tidak sesuai, RAM tersebut tidak bisa digunakan nantinya. Semisal Motherboard yang menggunakan RAM dengan jenis DDR3 DIMM, maka pada saat membeli pun harus sama, rekomendasi kalau membeli berikut Motherboardnya lebih baik beli satu paket dengan Motherboard, ini akan menghindari kesalahan membeli jenis RAM, atau tanya ahlinya bisa juga pihak tokonya, Mereka tentunya sudah tahu jenis-jenis RAM dan peruntukannya.

  • Setekah membeli RAM langkah selanjutnya memasangnya, memasangkan RAM tentunya sangat mudah hanya perlu kehati-hatian, bisa pasang sendiri, berikut langkah pemasangan RAM tersebut.
  • Lepaskan semua arus listrik yang terhubung ke CPU, setelah itu buka casing CPU tersebut. Buat posisi CPU tertidur agar proses membuka casing lebih mudah, dan pemasangan RAM juga mudah dilakukan.
  • Saat hendak memasang RAM tersebut, apabila ini adalah mengganti RAM lama, buka kunci pada soket terlebih dahulu, dengan cara menekan pengunci kearah bawah lalu tarik kearah luar atau samping, jangan kaget bila terdengar bunyi, dan apabila sebelumnya tidak ada RAM terpasang tinggal geser pengunci kearah luar, untuk pengunci biasanya terletak di bagian kiri dan kanan soket. Setelah terbuka, baru RAM yang baru bisa dipasang.
  • Pada pemsangan RAM yang baru, letakkan RAM pada soket secara hati – hati, dan pastikan posisinya pas dan melekat dengan erat, posisi yang benar saat pemasangan RAM bisa dilihat diantara pin terdapat sedikit lubang, ini harus pas dengan soket yang ada di Motherboard (lihat pada gambar dibawah). Jangan sampai memasang RAM secara terbalik, karena tidak bisa berfungsi nantinya dan apabila terbalik atau pun salah pin maka RAM tidak bisa dikunci. Jika pemasangan susah, jangan pernah paksakan memasangnya, karena RAM bisa patah nantinya, baiknya serahkan pada ahlinya.
Cara Pasang Memori RAM Pada Komputer
  • Jika telah terpasang dengan benar, maka tekan perlahan RAM ke motherboard lalu lakukan penguncian, untuk penguncian sendiri apabila sulit dilakukan bersamaan kiri dan kanan silahkan lakukan penguncian satu persatu, semisal kiri terlebih dahulu, dengan cara jempol menahan atas RAM dan telunjuk menarik pengunci hingga muncul bunyi “klik” pertanda RAM sudah terkunci, lanjut ke pengunci satunya lagi sebelah kanan caranya sama menggunakan jempol dan telunjuk, tekan RAM dan tarik pengunci dengan telunjuk sampai berbunyi klik pertanda RAM sudah terkunci dengan baik, pada posisi melakukan penguncian beberapa kasus terasa keras agak susah, jangan ragu apabila memang peletakan RAM sudah tepat, silahkan tahan atas RAM dengan jempol dan telunjuk tetap menarik lebih keras.

Setelah RAM terpasang dengan baik, maka tutup kembali casing CPU lalu cek apakah RAM tersebut sudah bekerja dengan baik atau tidak dengan cara menghidupkan komputer. Itu lah cara pasang memori RAM pada Komputer dengan tepat.