Cara Mudah Percepat Kinerja Komputer atau Laptop

  • Whatsapp

Kinerja Komputer atau laptop dipengaruhi banyak faktor. Komputer ataupun laptop berumur tua mungkin sering mengalami kelambatan dalam menjalankan sistemnya. Kinerja komputer atau laptop yang lemot akan mengganggu aktivitas kita dan membuang banyak waktu di depan komputer. Berikut cara mudah untuk mempercepat kinerja laptop Anda.

1.Delete Spyware

Dari sekian banyak problem yang sering terjadi di perangkat PC atau komputer yakni serangan dari spyware, virus atau pun malware. Oleh karena itu dibutuhkan antivirus untuk melindungi data dalam PC (komputer) agar tak ditempeli mereka. Salah satu aplikasi untuk delete spyware di OS Windows antara lain Windows Live OneCare ataupun Microsoft Security Essentials. Saat perangkat PC atau laptop telah terpasang antivirus maka akan melancarkan kinerja komputer atau laptop. Delete Spyware merupakan salah satu cara mudah yang bisa mempercepat kinerja laptop Anda.

Read More

2.Optimalkan Kinerja HardDisk

Jika kapasitas harddisk sudah penuh, maka akan mengakibatkan kinerja perangkat komputer menjadi agak lambat. Simpanlah data-data yang dianggap penting saja dan buanglah data-data yang dianggap tidak penting. Serta jangan lupa rutin menghapus file buangan di recycle bin.

3.Disk Defragment

Fragmentasi disk dapat memperlancar kinerja komputer atau laptop. Selain memiliki kemampuan agar komputer bekerja secara normal, langkah ini bisa difungsikan sebagai penghapus file yang tidak digunakan. Anda dapat melakukan defraghard yang bertujuan untuk menyusun data-daya yang terdapat didalam harddisk tersusun secara sistematis. Dengan demikian, saat ingin menggunakan salah satu data maka akan muncul secara cepat. Hal ini akan mengurangi kinerja komputer yang lemot atau lelet. Tak perlu terlalu sering melakukan defragment. Cukup dirutinkan saja.

4.Perbaiki Bad Sector

Cara berikutnya untuk mempercepat kinerja komputer ialah dengan memperbaiki bad sector. Silahkan Anda dapat melakukan pengecekan bad sector yang terletak di dalam harddisk. Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan perbaikan lewat aplikasi tool Error Checking Utility. Rutinkanlah perbaikan bad sector ini, misal seminggu sekali. Hal ini akan mempercepat kinerja komputer atau laptop Anda agar tidak lemot.

5.Memaksimalkan RAM

Mempercepat kinerja computer juga dapat dilakukan dengan mengoptimalkan RAM. Tak hanya di harddisk saja, RAM juga sangat berpengaruh terhadap kinerja perangkat komputer. Jika kapasitas RAM yang dimiliki perangkat komputer cukup kecil, sebaiknya tidak menginstall terlalu banyak aplikasi. Cukuplah aplikasi yang dianggap  penting saja. Hal ini sangat penting karena jika memori RAM telah penuh biasanya kinerja perangkat komputer akan menjadi lambat.

6.Sesuaikan Setting Visual Efek

Cara terakhir untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop ialah dengan menyesuaikan pengaturan visual efek. Sesuaikan Visual Efek bertujuan mengurangi space penggunaan GPU Card ataupun RAM. Dengan langkah ini, Anda akan mengurangi beban GPU Card ataupun RAM dan mencegahnya overload. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja perangkat komputer.

Demikian langkah-langkah mudah mempercepat kinerja computer atau laptop. Semakin cepat kinerja perangkat computer Anda, semakin efisien pula waktu penyelesaian pekerjaan Anda. Dengan demikian cara mempercepat komputer dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *