Cara Merubah Faskes BPJS Kesehatan Online Melalui PANDAWA


Berikut adalah cara merubah Faskes BPJS Kesehatan online dengan memanfaatkan layanan PANDAWA. PANDAWA sendiri adalah singkatan dari Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp. Jadi ketika peserta ingin melakukan perubahan atau pindah Faskes bisa cukup melalui chat PANDAWA ini.

Layanan PANDAWA adalah sebagai layanan administrasi secara daring yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada para peserta BPJS kesehatan, manfaatnya adalah untuk mengurangi kontak fisik dimasa pandemi seperti sekarang ini. Selain untuk mengurangi kontak fisik tentunya dengan adanya layanan administrasi secara daring ini sangat membantu sekali bagi peserta yang lokasinya jauh dari pelayanan kantor BPJS Kesehatan.

Namun tentunya dengan layanan daring PANDAWA ini peserta perlu memahami, bahwa untuk mendapatkan layanan daring ini memerlukan beberapa proses verifikasi data, sebagai contoh adalah merubah atau memindahkan Faskes atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), kebetulan yang akan dipindahkan adalah peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI), berikut langkah-langkah atau cara merubah Faskes BPJS Kesehatan secara online;

Cara merubah Faskes BPJS Kesehatan online

Akses layanan CHIKA terlebih dahulu dengan menghubungi 08118750400 melalui chat whatsapp, gunanya adalah untuk mengetahui terlebih dahulu kontak PANDAWA didaerah masing-masing, karena untuk layanan administrasi melalui daring ini dilayani oleh kantor BPJS terdekat dikota masing-masing peserta, caranya kurang lebih sebagi berikut;

Saya anggap 08118750400 sudah disimpan dikontak, silahkan chat dengan mengetik Menu dan kirim

Pesan balasan:
Silakan pilih satu Nomor atau opsi menu yang Sahabat inginkan:
1. Cek Status Peserta 
2. Cek Tagihan Iuran 
3. Skrining Kesehatan 
4. Tutorial Mobile JKN 
5. Panduan Layanan 
6. Layanan Pandawa 
7. Cari Lokasi

Ketika mendapat balasan silahkan balas kembali dengan angka sesuai pada pilihan layanan, dan untuk layanan PANDAWA ini adalah nomor 6.

Pesan balasan:
Pandawa Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp. Silahkan pilih satu Nomor Provinsi tempat Sahabat tinggal 
1. ACEH 
2. BALI 
3. BANTEN 
4. BENGKULU 
5. DI YOGYAKARTA  
6. DKI JAKARTA  
7. GORONTALO  
8. JAMBI  
9. JAWA BARAT 
10. JAWA TENGAH  
11. JAWA TIMUR 
12. KALIMANTAN BARAT 
13. KALIMANTAN SELATAN 
14. KALIMANTAN TENGAH  
15. KALIMANTAN TIMUR 
16. KALIMANTAN UTARA 
17. KEP. BANGKA BELITUNG 
18. KEPULAUAN RIAU 
19. LAMPUNG  
20. MALUKU 
21. MALUKU UTARA 
22. NUSA TENGGARA BARAT  
23. NUSA TENGGARA TIMUR  
24. PAPUA  
25. PAPUA BARAT  
26. RIAU 
27. SULAWESI BARAT 
28. SULAWESI SELATAN 
29. SULAWESI TENGAH  
30. SULAWESI TENGGARA  
31. SULAWESI UTARA 
32. SUMATRA BARAT  
33. SUMATRA SELATAN  
34. SUMATRA UTARA

Kemudian mendapat balasan lagi untuk memilih Provinsi, silahkan pilih dan balas pesan dengan angka sesuai provinsi dimana peserta tinggal, misal saya adalah Jawa Barat adalah nomor 9.

Pesan balasan:
Silahkan pilih satu Nomor daerah tempat anda tinggal 
1. KAB. BANDUNG 
2. KAB. BANDUNG BARAT 
3. KAB. BEKASI 
4. KAB. BOGOR 
5. KAB. CIAMIS 
6. KAB. CIANJUR 
7. KAB. CIREBON 
8. KAB. GARUT 
9. KAB. INDRAMAYU 
10. KAB. KARAWANG 
11. KAB. KUNINGAN 
12. KAB. MAJALENGKA 
13. KAB. PANGANDARAN 
14. KAB. PURWAKARTA 
15. KAB. SUBANG 
16. KAB. SUKABUMI 
17. KAB. SUMEDANG 
18. KAB. TASIKMALAYA 
19. KOTA BANDUNG 
20. KOTA BANJAR 
21. KOTA BEKASI 
22. KOTA BOGOR 
23. KOTA CIMAHI 
24. KOTA CIREBON 
25. KOTA DEPOK 
26. KOTA SUKABUMI 
27. KOTA TASIKMALAYA

Silahkan balas dengan mengirim pesan angka sesuai daerah dimana peserta tinggal, misalkan saya adalah tinggal di Kabupaten Sukabumi berarti pilih nomor 16.

Pesan balasan:
Ketik lapor Layanan Administrasi anda melalui Whatsapp dan kirimkan ke nomor 0821-2244-3487 
(Wilayah Daerah Tinggal: KAB. SUKABUMI, KAB. CIANJUR, KOTA SUKABUMI) 
Pemberlakuan Layanan ini hanya beroperasi setiap hari Senin sd Jumat pukul 08.00 sd 15.00 waktu setempat, untuk daerah PPKM pukul 08.00 sd 14.00

Setelah mendapat balasan berisi informasi kontak layanan daring PANDAWA, silahkan simpan nomor kontaknya terlebih dahulu.

Related Posts :  Cara download reels video Instagram edukasi

Untuk melanjutkan perubahan atau pindah Faskes BPJS langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara merubah Faskes BPJS Kesehatan online melalui PANDAWA

Cara merubah Faskes BPJS Kesehatan online

Setelah mendapatkan nomor kontak PANDAWA kantor cabang BPJS terdekat dimana peserta tinggal, selanjutnya adalah berikirim pesan dengan kontak PANDAWA tersebut, untuk mengawali percakapan silahkan kirim pesan ketik saja Layanan administrasi dan kirim ke nomor kontak PANDAWA tersebut.

Tunggu sampai menerima balasan, dan pada pesan balasan tersebut ada link untuk isi formulir secara online, silahkan buka linknya dan isi formulirnya. Karena ini adalah layanan daring melalui pesan whatsapp disertakan juga pada pesan nomor-nomor yang akan menghubungi peserta untuk proses selanjutnya, silahkan catat nomor tersebut untuk terhindar dari penipuan.

Kemudian peserta akan dihubungi melalui pesan whatsapp oleh salah satu nomor yang dicantumkan pada pesan pertama, pesan berisikan seperti berikut;

Selamat sore Bapak/Ibu sarta, perkenalkan saya Nadia frontliner PANDAWA BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi.
Mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk mengetikkan 13 digit nomor Kartu BPJS Kesehatan atau 16 Digit Nomor Induk Kependudukan untuk kami lakukan pengecekan data terlebih dahulu
Contoh : 0001234567890
Nomor kartu/NIK tersebut dikirim paling lambat 30 menit sejak respon ini.
Apabila melebihi batas waktu tersebut, maka layanan Bapak/Ibu dianggap batal dan harap Bapak/Ibu mengulang proses layanan melalui Whatsapp ADMIN Pandawa di nomor 082122443487. Terima kasih

Silahkan balas pesan tersebut dengan mengirimkan nomor NIK peserta BPJS yang akan di rubah atau pindah Faskesnya.

Persyaratan pindah Faskes secara online

Pesan balasan:
Kami informasikan untuk Perubahan Data harap mengirimkan persyaratan :
- Foto selfie dengan menunjukkan KTP di samping wajah (pastikan seluruh wajah terlihat tanpa menggunakan masker / kacamata hitam / topi). Foto selfie dapat dilakukan oleh peserta atau anggota keluarga yang terdaftar dalam satu KK.
- Foto Kartu Keluarga (difotokan jelas dan terbaca)
- Foto JKN KIS
- Sebutkan apa yang akan diubah
- Nomor Hp Aktif
Persyaratan tersebut dikirim melalui Whatsapp paling lambat 30 menit sejak respon ini.
Apabila pengiriman foto persyaratan melebihi batas waktu tersebut, maka layanan Bapak/Ibu dianggap batal dan harap Bapak/Ibu mengulang proses layanan melalui Whatsapp ADMIN Pandawa di nomor 082122443487
Harap melakukan konfirmasi kembali melalui Whatsapp jika telah mengirimkan foto persyaratan dengan mengetik “SELESAI”
Terima kasih

Silahkan lakukan atau siapkan persyaratan perubahan data diatas, dan kirim dengan membalas pesan whatsapp, ingat waktu membalas pesan adalah 30 menit setelah menerima pesan persyaratan, apabila lebih dari yang ditentukan harus mengulang kembali proses dari awal.

Related Posts :  Keunggulan Recruitment Software untuk Perusahaan

Setelah persyaratan dikirim kemudian akan dikirimi pesan untuk mengisi formulir, silahkan buka linknya pada pesan dan isi data yang diperlukan, setelah berhasil mengisi formulir silahkan konfirmasi kenomor yang mengirim formulir tersebut dengan mengetik SELESAI.

Tunggu proses perubahan data diproses biasanya memakan waktu 1×24 jam kerja bisa lebih cepat. Apabila perubahan data berhasil diproses akan diberitahukan kembali melalui pesan.

Setelah perubahan data Faskes berhasil dilakukan ada langkah selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu peserta harus download dan registrasi atau login pada aplikasi JKN mobile untuk mendownload kartu BPJS atau JKN yang baru. Nah, disini biasanya peserta terkendala lagi dengan akun pada aplikasi JKN mobile ini, peserta apalagi peserta PBI pada kebanyakan tidak menggunakan nomor HP yang sesuai. Sedangkan ketika login atau registrasi akun JKN mobile yang diperlukan adalah menggunakan nomor BPJS dan harus memiliki nomor yang sudah terdaftar sebelumnya pada saat pendaftraan BPJS. Nomor HP ini wajib untuk menerima SMS OTP sebagai verifikasi.

Bagiamana apabila tidak bisa login atau registrasi akun pada aplikasi JKN Mobile? Apabila kasusnya seperti ini yang harus dilakukan adalah melakukan perubahan data terlebih dahulu terkait nomor HP yang terdaftar pada BPJS, dan ini bisa saja dilakukan secara online melalui PANDAWA yang tentunya harus mengulang dari awal melalui chat Admin KC BPJS terlebih dahulu, selanjutnya melalui proses-proses seperti diatas.

Seperti itulah kurang lebih cara merubah Faskes BPJS Kesehatan online melalui PANDAWA. Memang rada rada ribet sih, harus melewati beberapa proses. Seharusnya mungkin kedepannya layanan daring PANDAWA ini lebih baik lagi, dan lebih cepat dalam pelayanannya.

Perlu diingat” diatas hanya sebagai gambaran bagaimana cara merubah Faskes peserta BPJS, setiap daerah atau KC BPJS memiliki nomor kontak PANDAWA yang berbeda-beda, jadi pastikan nomor yang dihubungi adalah benar KC BPJS terdekat didaerah peserta berada.

Tinggalkan komentar