Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Cara Merekam Layar Laptop dengan Menggunakan Windows 10

1 min read

Sebelum windows 10 hadir, memang melakukan aktivitas merekam layar laptop adalah suatu hal yang sulit karena Anda masih harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan perekaman layar.

Akan tetapi setelah hadirnya windows 10, sekarang ini merekam aktivitas layar menjadi hal yang jauh lebih mudah. Pada windows 10, Microsoft membawa sebuah fitur baru yang bernama Xbox DVR.

Fitur tersebut sangat memungkinkan bagi pengguna windows 10 untuk merekam layar pada laptop atau PC yang sudah dibekali dengan windows 10. Mengenai bagaimana cara merekam layar laptop dengan menggunakan windows 10 akan kami ulas dalam informasi lengkap di bawah ini. Check these out!

Cara Merekam Layar Laptop dengan Windows 10

Melakukan log in dan konfigurasi

Sebelum Anda melakukan langkah perekaman layar, terdapat beberapa hal yang Anda harus konfigurasikan terlebih dahulu. Anda harus log in ke Xbox DVR dengan Anda menggunakan akun Microsoft. Kemudian klik di bagian Settings dan pilih game DVR. Selanjutnya klik pada bagian Windows Setting.

Pada bagian ini Anda bisa memilih lokasi penyimpanan hasil screen recorder dengan cara menentukan kualitas rekaman yang Anda akan hasilkan nantinya. Kemudian pada pilihan paling bawah Anda juga dapat menentukan berapa frame rate video hasil dari rekaman Anda.

Anda harus tahu bahwa semakin besar fps yang Anda pilih maka akan semakin besar juga ukuran video yang dihasilkan. Kualitas video juga dapat Anda pilih. Ada yang high dan juga ada yang standar. Jika memang sudah, maka sekarang Anda sudah siap untuk merekam layar atau screen record pada PC dan juga laptop Anda.

RELATED :  Mengatasi aplikasi BRILink Mobile tidak bisa cetak struk ke printer bluetooth

Cara merekam layar ketika sedang bermain game

Merekam layar laptop atau screen record untuk bermain game biasanya dilakukan para gamer atau YouTuber. Jika Anda adalah tipikal orang yang tidak mau ribet, maka Anda cukup hanya dengan menekan tombol windows + G. Game Bar kemudian akan muncul.

Pada bagian Game Bar ini Anda bisa ambil rekaman layar ketika bermain game. Mengambil screenshot bahkan langsung melakukan broadcastnya.

Cara merekam layar untuk aplikasi lain

Xbox DVR juga dapat merekam layar dari aplikasi yang lain. Cara yang satu ini merupakan cara yang sangat cocok bagi Anda yang ingin merekam video tutorial dan mengupload ke channel YouTube. Caranya juga sama seperti cara screen record game.

Anda cukup dengan tekan tombol Windows + G. Akan tetapi memang terdapat sedikit perbedaan. Hal tersebut karena Adobe Photoshop sendiri bukan suatu game. Maka Anda akan mendapatkan notifikasi yang berbunyi Do you want to open Game Bar? Anda bisa checklist Yes, this is a game.

Shortcut Keyboard pada Game DVR Dalam rangka memudahkan Anda untuk melakukan perekaman layar laptop, maka ada beberapa shortcut sebagai alternatif cara merekam layar laptop yang Anda bisa gunakan, diantaranya :

  • Windows logo + G : Buka di bagian Game Bar
  • Windows logo + Alt + G : Digunakan untuk merekam moment – moment terakhir di sebuah gameplay (Anda dapat melakukan modifikasi di bagian game bar > settings)
  • Windows logo + Alt + R : merupakan kombinasi tombol yang digunakan untuk memulai dan melakukan stop pada rekaman video
  • Windows logo + Alt + PrintScreen : Digunakan untuk mengambil screenshot
  • Windows logo + Alt + T : Digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan timer recording
  • Windows logo + Alt + M : Digunakan untuk memulai dan stop rekaman dengan memanfaatkan mikrofon
RELATED :  Tips Baterai Android Awet 100% Ampuh

Itulah beberapa alternatif cara merekam layar laptop dengan menggunakan windows 10 yang Anda harus tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *