Cara Merakit Prosesor Pada Motherboard Komputer

Diposting pada

Cara Merakit Prosesor Pada Motherboard – Merakit komputer merupakan salah satu cara untuk meningkatkan performa komputer tersebut. Biasanya saat merakit, komputer di upgrade dengan cara mengganti beberapa komponen pada pc dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Pada umumnya para gamer kerap kali merakit komputer mereka sehingga pc tersebut semakin mumpuni digunakan untuk kebutuhan gaming.

Merakit komputer tentu perlu dilakukan dengan hati – hati, karena jika salah dalam pemasangan komponen bisa saja pc tersebut rusak nantinya. Sebenarnya merakit komputer bukanlah pekerjaan sulit, hanya saja dibutuhkan ketelitian saat penerapannya. Prosesor merupakan salah satu komponen yang sering diupdate untuk meningkatkan performa komputer tersebut. berikut beberapa cara merakit prosesor pada motherboard.

Cara Merakit Prosesor

Fungsi Prosesor.

Prosesor bisa disebut sebagai salah satu komponen paling penting diperhatikan saat ingin mengupgrade pc tersebut. Prosesor merupakan otak komputer, sehingga jika prosesornya memiliki spek tinggi, dijamin komputer tersebut juga semakin maksimal performanya. Prosesor tersebut bertugas memproses seluruh data yang ada di dalam pc. Biasanya prosesor yang kecepatannya besar, pasti membuat kinerja pc tersebut cepat juga. Prosesor ini terhubung dengan komponen – komponen vital pada pc, mulai dari RAM, VGA, harddisk, dan yang lainnya. Jika kinerja prosesor lambat, maka segala jenis data nantinya pasti sulit diproses. Oleh karena itu mengganti prosesor dengan spek yang lebih tinggi mampu membuat performa komputer semakin meningkat.

Cara Mengganti Prosesor.

Dalam hal pergantian prosesor sendiri sebenarnya caranya tidak terlalu sulit, karena anda hanya perlu mengganti prosesor lama dengan yang baru. Hanya saja tetap dibutuhkan kecermatan dan ketelitian dalam proses perakitannya. Sedikit kesalahan bisa membuat komputer tidak bekerja maksimal nantinya. Berikut beberapa cara merakit prosesor pada motherboard dengan tepat. 

  1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka kunci prosesor pada motherboard terlebih dahulu. Prosesor dikunci agar stabil serta tidak mudah jatuh dari motherboar. Anda perlu membuka kuncinya untuk melepaskan prosesor lama.
  2. Pastikan bahwa socket pada motherboard cocok dengan bentuk prosesor baru yang anda gunakan. Jika tidak sesuai, maka anda harus mengganti motherboard atau mencari prosesor yang cocok dengan socket tersebut.
  3. Setelah itu masukkan prosesor tersebut ke dalam tray. Pastikan untuk memasukkannya secara hati – hati, agar tidak ada kerusakan pada gerigi pin prosesor tersebut.
  4. Jika prosesor sudah menempel dengan baik pada motherboard, berarti proses pemasangan berhasil dilakukan. Jika posisinya kurang tepat, maka jangan pernah paksakan, tetapi langsung angkat dan lakukan pemasangan kembali.
  5. Setelah itu kuni kembali socket prosesor tersebut lalu oleskan thermal paste. Thermal paste ini berfungsi untuk mengisi celah mikroskopis, sehingga suhu prosesor tetap dingin nantinya.

Jika sudah selesai maka nyalakan komputer dan cek apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Itu lah cara merakit prosesor pada motherboard dengan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *