Cara menukar uang baru 2022 melalui Kas Keliling


Menukar uang baru 2022 – Di tahun 2022 ini Pemerintah mengeluarkan uang baru emisi tahun 2022. Masyarakat bisa menukarkan uang rupiah salah satunya melalui kas keliling bank Indonesia. Khusus untuk uang kertas tahun emisi 2022 Masyarakat bisa menukarkannya secara paket dengan nilai Rp.200.000,-, dan maksimal persekali penukaran adalah 5 paket atau senilai Rp.1.000.000,-.

Kas keliling untuk menukar uang baru 2022

Apa itu kas keliling?

Cara menukar uang baru 2022

Kas keliling adalah tempat penukaran uang secara mobile yang disediakan oleh bank Indonesia dengan tujuan Masyarakat bisa mendapatkan uang layak edar, ketika Masyarakat memiliki uang yang dianggap sudah tidak layak edar maka bisa uang tersebut bisa ditukarkan melalui layanan kas keliling ini.

Lokasi menukar uang baru 2022 melalui kas keliling

Untuk lokasi kas keliling ini bisa Masyarakat ketahui melalui aplikasi yang disediakan oleh bank Indonesia, yaitu pada aplikasi PINTAR pada saat melakukan pemesanan. INGAT! Waktu penukaran pun sesuai yang ditentukan pada aplikasi PINTAR, jadi catat tanggal waktu penukarannya.

Pecahan uang yang dapat ditukar

Penukaran uang yang disediakan oleh Bank melalui kas keliling dalam satu paket adalah sebagai berikut:

LembarPecahan
1Rp.100.000,-
1Rp.50.000,-
1Rp.20.000,-
1Rp.10.000,-
2Rp.5.000,-
4Rp.2.000,-
2Rp.1.000,-

Cara menukar uang baru 2022

  • Siapkan edentitas diri (KTP)
  • Nomor Telpon
  • Alamat email
  • Cari di Google PINTAR BI atau bisa langsung buka link https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling
  • Kemudian pilih lokasi dimulai dari mencari provinsi dimana kita berada
  • Setelah memilih provinsinya silahkan cari dan pilih kota terdekat dengan tempat tinggal. Apabila tidak bisa dipilih maka maka bisa dilihat pemberitahuan apa, misal melebihi batas waktu penukaran yang ditentukan atau kuota penukaran sudah habis, apabila pemberitahuannya kuota sudah habis bisa pilih kota terdekat lainnya.
  • Apabila masih tersedia dan masih jam layanan kas keliling maka Anda akan diarahkan kehalaman pengisian data pemesan, seperti nomor KTP, nama lengkap, nomor telpon dan alamat email, pastikan email aktif karena nantinya bukti pemesanan akan dikirim via email
  • Selesai mengisi data pemesan lanjut kerincian pecahan uang Rupiah, kemudian dapatkan bukti pemesanan yang dikirim ke email yang tadi sudah dimasukan
  • Silahkan datang langsung ke layanan kas keliling Bank Indonesia yang telah dipilih, alamat dan waktu penukaran sudah tertera pada bukti pemesanan, jangan lupa bawa uang yang mau ditukar dan pastikan uang yang akan ditukar sudah dirapikan sesuai pecahan dan jumlah lembaran pada bukti pemesanan.

Baca juga: Cara cek Keaslian Uang Rupiah Dengan 3D Dan Sinar UV

Seperti itulah kiranya cara menukar uang baru 2022, yang harus dilakukan pertama-tama adalah melakukan pemesanan pada aplikasi PINTAR melalui halaman PINTAR (bi.go.id), kemudian setelah mendapatkan bukti pemesanan yang dikirim via email silahkan datang langsung ketempat penukaran atau kas keliling Bank Indonesia sesuai yang tertera pada bukti pemesanan dengan membawa uang pecahan dan nominal yang akan ditukar sesuai pada bukti pemesanan.

Tinggalkan komentar