Cara menghapus aktivitas Google pada HP atau Komputer melalui Aktivitas Google Saya


Dalam post kali ini saya akan membagikan cara menghapus aktivitas Google pada HP atau Komputer melalui akun Google yang terhubung. Menghapus aktivitas atau history Google bisa dilakukan dengan akun Google yang digunakan pada perangkat yang digunakan baik itu HP maupun Komputer melalui Aktivitas Google Saya (myactivity.google.com).

Aktivitas atau histori yang otomatis tersimpan dengan akun Google bukan hanya pencarian saja, tetapi ada tiga histori atau catatan aktivitas pengguna yang secara otomatis tersimpan pada akun Google yang digunakan. Sebelum ke cara menghapus aktivitas Google alangkah baiknya kenali apa itu Aktivitas Google Saya?

Inilah Aktivitas Google Saya.

Cara menghapus aktivitas Google pada HP

Aktivitas web dan aplikasi.

Ketika aktivitas web dan aplikasi diaktifkan maka secara otomatis histori atau catatan aktivitas akan tersimpan.

Ketika ini diaktifkan maka histori pencarian atau situs yang dikunjungi pada web browser akan tersimpan pada akun Google yang digunakan.

Kemudian begitupun aplikasi yang sebelumnya sudah atau pernah dibuka pun akan tersimpan pada akun Google ini.

Intinya ketika pengguna mengakses web atau membuka aplikasi pada HP akan tercatat secara otomatis pada catatan aktivitas saya pada akun Google ini.

Histori lokasi.

Bukan hanya aktivitas pencarian dan penggunaan aplikasi saja lokasi pun bisa tercatat secara otomatis ketika histori lokasi diaktifkan.

Histori lokasi akan secara otomatis menyimpan tempat – tempat yang pernah dikunjungi oleh pengguna dengan perangkat pengguna tentunya.

Histori Youtube.

Dengan mengaktifkan histori Youtube tentunya perangkat akan secara otomatis menyimpan catatan aktivitas pada pencarian atau tontonan Anda pada Youtube ketika menggunakan akun Google Anda dimanapun pada perangkat manapun.

Ketika histori Youtube diaktifkan setiap Anda melakukan pencarian dan nonton vidio di Youtube akan tersimpan pada catatan aktivitas, ini membantu pengguna ketika ingin menonton lagi vidio yang sudah ditonton sebelumnya, dan juga membantu Youtube dalam memberikan vidio – vidio yang relevan pada setiap penggunanya.

Cara menghapus aktivitas Google.

Untuk cara menghapus aktivitas Google di Aktivitas Google Saya silahkan lakukan cara berikut:

  • Silahkan buka halaman Aktivitas Google Saya (myactivity.google.com)
  • Silahkan login dengan akun Google yang terhubung dengan perangkat yang digunakan
  • Setelah berhasil login silahkan temukan menu Hapus lalu klik.
  • Terbuka halaman Hapus aktivitas dan rentang waktu aktivitas akan di hapus yang bisa dipilih misal sejam terakhir sehari terakhir sepanjang waktu atau mau atur sendiri rentang waktunya. Sebagai contoh menghapus sepanjang waktu, yang artinya histori akan dihapus secara keseluruhan. Silahkan klik sepanjang waktu. Aplikasi yang pernah dibuka akan terbuka silahkan klik Hapus saja.
  • Penghapusan catatan aktivitas saya di Google berhasil.

Menghapus aktivitas Google saya dengan cara yang dicontohkan diatas artinya menghapus histori pencarian pada web browser dan aplikasi dan lokasi yang pernah dikunjungi begitupun pencarian atau tontonan vidio di Youtube secara keseluruhan.

Apabila ingin menghapus waktu tertentu silahkan Anda bisa pilih rentang waktu yang lain, atau bisa juga rentang waktunya diatur sendiri, misal hanya ingin menghapus histori yang sudah lama – lama silahkan Anda bisa atur tanggal atau bulannya.

Dengan menghapus aktivitas Google tentunya Anda sudah setuju dengan semua resikonya, histori yang sudah dihapus pada catatan aktivitas Google saya tidak bisa dikembalikan yang artinya itu adalah hapus permanen.

Manfaat dari mengaktifkan Aktivitas Google Saya

Ada manfaat yang bisa didapat dengan mengaktifkan Aktivitas Google Saya. Kita bisa menemukan apa yang sudah diakses pada web dibuka pada aplikasi atau ditonton kalau di Youtube dan juga lokasi di Google maps. Apabila HP Anda suka di gunakan oleh Anak maka Anda bisa mengetaui apa saja yang sudah dilakukan oleh Anak dengan melihatnya pada halaman histori Aktivitas Google Saya ini. Bukan hanya itu dengan mengaktifkan Aktivitas Google Saya maka Anda akan menemukan apa yang sering Anda cari yang lebih relevan.

Itulah cara menghapus aktivitas Google, histori aktivitas Google saya bisa ditemukan apabila pada akun Anda mengaktifkannya, dan apabila Anda tidak mengaktifkannya histori atau catatan aktivitas tidak akan tersimpan.


Tinggalkan komentar