Cara Mengatasi Uang Nyangkut Di ATM BRI Setor Tunai (CRM)

Berikut adalah cara mengatasi uang nyangkut di ATM BRI setor tunai BRI (CRM BRI). Ketika mengalami hal ini Nasabah jangan panik, silahkan catat nomor transaksi atau TID pada struk dan juga pesan pada layar mesin ketika terjadi eror yang menyebabkan uang nyangkut di mesin CRM BRI ini.

Cara mengatasi uang nyangkut di mesin setor tunai BRI (CRM BRI).

Sebelum kecara mengatasi uang nyangkut di ATM BRI setor tunai CRM, beberapa hal yang harus diperhatikan ketika terjadi masalah ini, karena nantinya akan ditanyakan pada saat buat laporan ke BRI, apa saja itu?

  • Catat jumlah uang yang nyangkut di mesin setor tunai BRI ini. Ini harus menjadi catatan bagi semua Nasabah yang sering setor tunai melalui mesin setor tunai CRM, sebelum uang disetorkan baiknya hitung terlebih dahulu pada setiap kali transaksi, jadi ketika terjadi eror dan uang nyangkut di ATM BRI maka kita tahu berapa uang yang nyangkut tersebut.
  • Catat pesan atau kode eror pada layar mesin ketika terjadi masalah, jika membawa HP dan sempat silahkan foto saja layarnya.
  • Simpan struk transaksi, biasanya walaupun transaksi gagal struk emergency receipt tetap akan keluar, didalam struk terdapat nomor transaksi ID (TID), nah nomor TID ini yang nantinya ditanyakan pada saat buat laporan.
  • Jangan lupa catat juga ID mesin ATM yang digunakan, ID meisn ATM sebenarnya tidak ditanyakan ketika buat laporan, namun tidak salahnya ID mesin ATM tetap dicatat untuk berjaga – jaga siapa tahu di tanyakan.
  • Catat atau ingat jumlah transaksi setor tunai pada sebelum buat laporan, yang berhasil berapa kali dan juga yang gagal berapa kali, yang perlu benar – benar dicatat adalah transaksi setor tunai yang gagal termasuk jumlahnya, karena yang gagal inilah yang akan dilaporkan. Kalau yang berhasil tentunya tinggal melihat saja pada mutasi rekening melalui internet banking.

Itulah hal -hal yang perlu dicatat atau diperhatikan ketika terjadi masalah setor tunai uang nyangkut di ATM BRI CRM, kemudian setelah hal – hal diatas dicatat silahkan buat laporan, ada beberapa channel BRI untuk melaporkan terkait masalah ini, cukup pilih salah satu cara saja.

Silakan melakukan pembuatan laporan setor tunai yang gagal dan belum bertambah ke saldo rekening dengan cara:

  1. Mengirimkan pesan pada Internet Banking versi Website https://ib.bri.co.id > Log In > Pilih menu Layanan Nasabah > Pesan > Buat Pesan Baru (jika terdaftar)
  2. Menghubungi Contact BRI 14017/1500 017
  3. Datang ke Kantor BRI terdekat kecuali Teras BRI membawa buku tabungan, KTP dan kartu ATM
Uang Nyangkut Di ATM BRI

Disini sebagai contoh adalah menggunakan cara nomor 2, yaitu dengan cara menghubungi contact BRI 14017/1500 017, ini dipilih karena cara ini memang mudah bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan masih terhubung dengan jaringan telpon.

Kenapa tidak menggunakan cara pertama bukannya lebih mudah? Ya, cara pertama memang paling mudah, namun tidak dipilih karena pada saat itu cara pertama lagi mengalami gangguan.

Sebelum membuat laporan melalui telpon ke 14017/1500 017 boleh dipersiapkan buku tabungan, kartu ATM, KTP, dan jika telponnya menggunakan HP jangan lupa isi pulsa terlebih dahulu minimal 25 ribu, 50 ribu itu lebih baik, karena pada saat melakukan panggilan bisa saja memerlukan waktu lebih lama, untuk yang dicontohkan pada post ini menghabiskan pulsa kurang dari 25 ribu.

Uang Nyangkut Di ATM BRI
Struk emergency receipt

Lakukan pembuatan laporan seperti berikut:

  • Silahkan telpon ke 14017/1500017
  • Setelah tersambung dengarkan intruksinya, dan pilih angka sesuai yang diintruksikan, misal biasanya pertama – tama disuruh pilih bahasa, silahkan tekan angka sesuai bahasa yang dipilih.
  • Setelah memilih bahasa dengar pilihan layanan selanjutnya, pastikan memilih layanan berbicara langsung dengan customer service.
  • Apabila sudah terhubung atau berbicara langsung dengan customer service silahkan sebutkan saja masalahnya, misalnya pada kasus ini mau membuat laporan setor tunai di mesin ATM yang gagal dan belum bertambah ke saldo rekening.
  • Setelah menyebutkan tujuan kita maka CS akan mengkonfirmasi terlebih dahulu nama, alamat, tanggal lahir, nama ibu kandung, jenis buku tabungan.
  • Setelah terkonfirmasi selanjutnya yang akan ditanyakan adalah terkait transaksinya, seperti: Transaksi ID (TID), TID bisa dilihat pada struk emergency receipt contoh bisa dilihat pada gambar diberi kotak merah.
  • Pesan yang muncul pada layar ketika terjadi masalah, misal sedang terjadi gangguan mesin atau jaringan komunikasi.
  • Jumlah nominal yang disetor, jumlah nominal yang disetor adalah jumlah uang yang dimasukan kemesin yang kemudian terjadi eror
  • Jumlah transaksi setor tunai pada saat itu, atau hari itu sebelum melakukan pelaporan termasuk nominal pertransaksinya
  • Waktu transaksi (jam dan menitnya)
  • Setelah data yang diminta sudah lengkap, maka selanjutnya CS akan mengkonfirmasi terkait laporannya, setelah Anda menyatakan bahwa data laporan sudah sesuai selanjutnya CS akan membuatkan laporan by sistem, dan Anda akan diberikan nomor atau ID laporannya, silahkan catat ID laporannya.
  • Setelah ID laporan dibuat dan diberikan itu tandanya laporan Anda sudah masuk dalam antrian untuk dilakukan penanganan, Anda tinggal menunggu sampai 10 hari kerja kedepan.

Cara mengecek status laporan

Anda bisa mengecek terkait laporan Anda kapan saja cukup melalui media sosial BRI dengan cara berikut;

Kita gunakan saja media chat WhatsApp Sabrina +628121214017, silahkan simpan terlebih dahulu nomornya di kontak Anda.

  • Untuk mengawali chat silahkan ketikan saja misal selamat sore atau apa saja
  • Kemudian akan dibalas menu layanan Sabrina
  • Silahkan pilih dengan cara membalas chat Status tiket laporan
  • Diminta nomor tiket laporan, silahkan balas dengan nomor tiket laporan yang diberikan pada saat pelaporan diatas.
  • Anda akan menerima balasan terkait status laporan Anda.

Selain melalui kontak whatsapp, bagi pengguna aplikasi BRIMO bisa cek status laporan pada menu akun>pusat bantuan>pengaduan saya>tiket aktif.

Seperti itulah proses cara mengatasi uang nyangkut di ATM BRI ketika mesin setor tunai, setelah melakukan atau membuat laporan dengan cara diatas maka Anda tinggal menunggu saja, nantinya apabila sudah dilakukan pengecekan ternyata ditemukan kesalahan by sistem dan memiliki keseuaian dengan laporan maka uang akan dilangsungkan kerekening tujuan.

Apabila dalam 10 hari kerja uang belum kembali silahkan cek status laporan Anda dengan menggunakan layanan chat Sabrina seperti dicontohkan diatas yang mudah dan simpel, tidak perlu lagi mendatangi kantor BRI atau pun telpon contact BRI yan gmemakan pulsa.