Cara Mengatasi Lupa PIN BRIMO (Pengalaman Pribadi)

Transaksi perbankan aman dan nyaman dengan aplikasi BRIMO dari bank BRI. BRIMO sekarang ketika melakukan transaksi untuk keamanannya bukan lagi menggunakan password, password hanya digunakan ketika akan login atau aktivasi aplikasi BRIMO pertamakali saja.

Dengan menggunakan PIN tentunya lebih simpel persis seperti menggunakan kartu ATM di mesin ATM. Sebelumnya setiap transaksi finansial pada BRIMO menggunakan password dengan kombinasi huruf dan angka setidaknya delapan karakter, sekarang dengan PIN hanya dengan 6 digit angka saja.

Password maupun PIN itu tetap sama harus dirahasiakan, tidak boleh diketahui orang lain bahkan usahakan kombinasinya tidak mudah untuk ditebak.

Dengan PIN maupun password yang namanya juga manusia tetap saja ada kalanya lupa. Dulu lagi menggunakan password sering kali lupa password BRIMO, sekarang sudah ganti keamanannya dengan PIN masih sama juga sering lupa PIN, masa harus tidak menggunakan PIN maupun password saat bertransaksi? Bisa habis tuh isi rekeningnya dibobol maling.

Pada BRIMO sendiri memberikan kemudahan dalam mengatasi lupa password BRIMO internet banking BRI, ini sudah saya ulas caranya. Kini BRIMO sudah menggunakan PIN jadi nambah nih yang sering lupanya adalah kode PIN, padahal kodenya di buat oleh kita sendiri, ya’ begitulah manusia tempat salah dan lupa.

Lalu bagaimana ketika nasabah mengalami lupa PIN BRIMO?

Cara untuk mengatasi lupa PIN BRIMO adalah dengan cara mereset, kemudian menggantinya.

Yang diperlukan untuk bisa mereset atau mengganti PIN BRIMO adalah dengan menerima kode OTP yang dikirim via SMS kenomor yang terdaftar dan teregistrasi finansial pada internet banking BRI baik versi web ib.bri.co.id maupun BRIMO, itu sama saja.

Cara Reset PIN BRIMO

Untuk memulainya adalah sebagai berikut:

Untuk melakukan reset PIN BRIMO yang perlu dilakukan adalah mengakses fitur LUPA PIN pada aplikasi, untuk bisa akses fitur ini adalah dengan melakukan transaksi terlebih dahulu.

cara mengatasi lupa pin

  • 1. Pastikan bahwa akun sedang login pada BRIMO.
cara mengatasi lupa pin
  • 2. Silahkan lakukan transaksi finansial apapun seperti biasa.
cara mengatasi lupa pin
  • 3. Ketika diminta memasukan PIN, maka disini bisa menemukan fitur LUPA PIN, silahkan klik LUPA PIN.
cara mengatasi lupa pin
  • 4. Masukan password internet banking.
buat pin brimo baru
  • 5. Masukan kode OTP yang secara otomatis dikirim kenomor teregistrasi setelah memasukan password internet banking.
  • 6. Masukan PIN baru.
  • 7. Masukan kembali PIN baru sebagai verifikasi.
  • 8. Reset PIN BRIMO sudah berhasil dengan cara mengganti PIN dengan PIN baru, silahkan untuk mencoba transaksi dengan PIN baru.

Itulah cara mengatasi lupa PIN transaksi BRIMO, caranya mudah dan simpel tidak perlu ke bank atau telpon call center, cukup secara mandiri saja.

Lupa PIN BRIMO tentunya berbeda dengan lupa PIN ATM yang mengharuskan ke kantor bank.

Tip Untuk Keamanan PIN BRIMO

Sekedar tambahan, untuk keamanan sebaiknya dalam pembuatan PIN BRIMO hindari hal-hal berikut:

  • Hindari PIN sama dengan PIN ATM.
  • Hindari kombinasi tanggal lahir (kombinasi tanggal lahir sangat rentan mudah ditebak orang lain).
  • Hindari kombinasi angka berurutan seperti:123456, 112233.
  • Hindari PIN ambil dari nomor HP.
  • Hindari mencatat PIN, seringkali orang mencatat PIN misal dikertas lebih parah lagi ada yang menuliskannya di kartu ATM. Kalaupun ingin mencatatnya catatannya silahkan simpan dirumah jangan disatukan didompet atau dengan barang yang sering dibawa bersamaan dengan HP yang terinstal BRIMO.

Meskipun sekarang BRIMO sudah mengunakan PIN tentunya password tetap diperlukan pada saat login aplikasi. PIN BRIMO dibutuhkan ketika akan melakukan transaksi finansial. Kalau menggunakan internet banking ib.bri.co.id itu adalah kode OTP sebagai keamanan kedua.

Masih amankah ketika PIN BRIMO diketahui orang lain?

BRIMO masih aman walaupun PIN sudah diketahui orang lain. Apabila orang lain mengetahui PIN BRIMO maka BRIMO tetap aman selama tidak mengetahui password, password diperlukan pada saat login BRIMO, dan PIN sendiri diperlukan pada saat akan menyelesaikan transaksi finansial.

Hal lain yang perlu diketahui, pastikan sebeum melakukan reset PIN BRIMO pulsa pada nomor teregistrasi mencukupi untuk menerima SMS, setidaknya 2000 lebih juga ga apa-apa. Apabila pulsa tidak mencukupi maka reset PIN BRIMO akan gagal karena OTP gagal terkirim.