Cara mengatasi Internet lambat di Windows 10, pengalaman Sendiri


Cara mengatasi internet lambat pada Windows 10 yang bisa dicoba, cara ini tentunya tidak menjamin akses internet 100% lebih cepat setelah melakukan cara ini, namun dengan cara ini akan menimalkan penggunaan internet pada Komputer Windows 10 yang tidak diperlukan.

Kalian yang pernah atau lagi mengalami internet pada Komputer menjadi lambat setelah update Windows?

Pernah saya almi juga, kebetulan Windows yang saya gunakan adalah Windows 10, ini pengalaman saya merasakan tiba-tiba internet jadi lambat banget tidak dari biasanya, padahal digunakan di HP internet stabil normal seperti biasanya, internet yang saya gunakan adalah menggunakan Wifi voucheran menggunakan jaringan Indihome dari Telkom.

Internet menjadi lambat pada akses Komputer yang digunakan memang banyak penyebabnya, bisa jaringan providernya lagi lambat, bisa juga perangkat modemnya yang bermasalah, atau karena memang internet providernyanya lagi lambat atau bermasalah tapi masih bisa tersambung (tidak terputus), pada beberapa provider ada yang namanya paket internet save, dimana dengan paket ini pengguna tidak perlu khawatir apabila kuota habis maka pengguna masih tetap bisa akses internet namun kecepatannya diturunkan, apabila kasusnya seperti ini tentunya masalah ada pada provider.

Namun apabila penyebab yang disebutkan diatas tidak ada masalah, maka bagi pengguna Komputer yang terkoneksi via wifi modem yang harus dilakukan adalah coba akses internet dari perangkat lain semisal HP, sebelumnya putuskan koneksi Komputer yang bermasalah internet lambat, apabila ada perangkat lainnya juga yang terhubung bisa putuskan juga, cukup lakukan pengecekan dengan satu perangkat saja, apabila akses internet dengan perangkat percobaan berjalan normal maka selanjutnya yang patut dicurigai adalah terjadinya masalah di Komputer Windows yang digunakan seperti yang saya alami.

Related Posts :  Tips Agar Blog Banyak Pengunjung Untuk Blogger

Cara mengatasi internet lambat di Windows 10

Berikut cara mengatasi internet lambat yang harus dilakukan, salah satunya pengecekan pada Komputer dengan Windows 10 ini :

Silahkan buka pengaturan,

Cara Mengatasi Internet Lambat Di Windows 10
  1. Network & Internet
  2. Change connection properties
  3. Pada Set as metered connection set ke On
  4. Klik pada Set a data limit to help control data usage on this network
  5. Silahkan klik pada jaringan yang terhubung, misalkan Wi-Fi
  6. Pada Usage detils, pilih salah satu jaringan yang terhubung, pastikan Reset usage stats bisa di klik, apabila tidak bisa diklik silahkan pilihannya ganti dengan (all networks), silahkan reset
  7. Setelah berhasil melakukan pengaturan metered connection dan reset data usage, silahkan putuskan jaringan dan sambungkan kembali

Setelah pengaturan berhasil dirubah seperti diatas cek internet dengan cara mebuka browser dan serching apakah sudah sudah normal, untuk saya sendiri setelah melakuan pengaturan diatas internet pada Komputer saya kembali normal.

Penutup

Itulah salah satu cara mengatasi internet lambat pada Komputer Windows 10, patut dicoba menurut saya, karena untuk saya sendiri cara diatas berhasil membuat internet pada Komputer saya normal lagi, seperti disebutkan diatas bahwa awal mula internet lambat pada Komputer yang saya miliki setelah download dan update Windows, sehingga semua pengaturan berubah ke awal lagi, beberapa aplikasi yang memerlukan internet pada Windows 10 kembali aktif dan membuat pemakaian internet meningkat, padahal sebelumnya aplikasi-aplikasi tersebut dalam keadaan tidak aktif.

Paling memberatkan internet pada Windows 10 adalah ketika download update Windows aktif, Windows 10 secara otomatis akan mendownload file update dilatar belakang ketika Komputer tersambung internet, ini tentunya membuat internet menjadi lambat. Mungkin cara terbaik adalah mematikan update otomatis pada Windows.

Related Posts :  Tips Memilih Laptop Second yang Paling Bagus

Lakukan cara diatas, dengan cara diatas yaitu dengan menghidupkan metered connection adalah memberitahukan pada Windows bahwa internet dibatasi, sehingga Windows tidak melakukan download update secara otomatis bukan mematikan Windows update.

Selain Windows update, yang membutuhkan internet besar adalah OneDrive, ketika sinkronasi diaktifkan maka secara otomatis file terupload ke OneDrive tentunya ini akan memerlukan internet, dengan aktifkan metered connection maka sinkronasi akan dinonaktifkan oleh sistem. OneDrive sendiri secara otomatis terinstal dan aktif pada Windows 10.

Cara mengatasi internet lambat yang dijelaskan diatas bukan satu-satunya cara, tetapi hanya salah satu saja yang saya terapkan pada Komputer Windows 10 yang saya miliki. Masih banyak cara mengatasi internet lambat pada Windows 10 lainnya. Apabila cara diatas tidak cukup berhasil mengatasi internet lambat pada Windows 10 yang Anda Miliki silahkan gunakan cara lainnya.

Tinggalkan komentar