Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Cara Mengatasi HP Vivo yang Bermasalah

1 min read

Salah satu brand smartphone yang saat ini sedang populer dan merajai pasar adalah Vivo Smartphone. HP Vivo hadir dengan segudang fitur yang super keren dan membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Mungkin Anda juga salah satunya?

Hanya saja, masih sama dengan ponsel – ponsel yang lain, HP besutan Vivo juga rentan terkena masalah. Jika Anda punya HP Vivo, salah satu masalah yang sering terjadi adalah HP yang sering mengalami bootloop. Lantas bagaimana cara mengatasi HP Vivo yang mengalami bootloop tersebut?

Disini kami akan uraikan langkah tepat sebagai cara mengatasi HP Vivo yang mengalami masalah bootloop. Cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Vivo yang Bermasalah Bootloop

Melalui menu recovery mode dengan wipe data atau factory reset

Cara mengatasi HP Vivo yang mengalami bootloop pertama adalah dengan melalui menu recovery mode dengan wipe data atau factory reset. Caranya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda harus siapkan kondisi daya baterai minimal 50% agar tidak terhenti karena mengalami kehabisan daya baterai.
  • Kemudian Anda perlu masuk ke menu recovery mode dengan cara Anda tekan tombol kombinasi yang meliputi Volume down dan tombol power secara bersama – sama.
  • Setelahnya Anda masuk ke recovery mode dan select boot. Gunakan kemudian tombol volume up dan down untuk melakukan navigasi dan mengonfirmasi pilihan.
  • Kemudian Anda arahkan ke wipe data atau factory reset dan lakukan konfirmasi dengan tombol power.
  • Lanjutkan setelahnya dengan memilih “Yes, delete all user data” kemudian konfirmasi lagi dengan tombol power.
  • Selanjutnya Anda tinggal tunggu beberapa saat sampai proses wipe datanya selesai.
  • Setelah itu gunakan tombol volume up/ volume down untuk melakukan navigasi dan arahkan ke Reboot System jika sudah selesai.
RELATED :  Apa itu kartu debit dan kartu kredit, bagaimana bila benda ini hilang?

Jika langkah diatas sudah dicoba akan tetapi HP Vivo Anda yang mengalami masalah bootloop masih saja tidak teratasi, maka solusi yang lainnya adalah melakukan flash ulang.

Cara mengatasi HP Vivo yang bootloop dengan flash ulang sebagai berikut:

  • Download dan segera install USB Driver Qualqom Driver.
  • Setelahnya Anda download dan install QFIL. Setelah didownload silahkan Anda ekstrak di komputer Anda dan klik kanan.
  • Klik “Run as administrator”.
  • Jangan lupa Anda download firmwarenya. Untuk mendownload firmware pastikan Anda sesuaikan dengan tipe HP Anda.
  • Langkah selanjunya klik pada tab browser dan arahkan ke folder hasil ekstrak firmware HP Vivo QFIL kemudian cari image dengan ekstensi prog_emmc.mbn.
  • Kemudian klik tombol download
  • Hubungkan smartphone Vivo Anda dalam kondisi off.
  • Jika terdeteksi atau install USB Driver berhasil maka proses flashing akan berjalan sekitar 10 menit.
  • Smartphone Anda akan segera direboot secara otomatis jika proses tersebut selesai.

Bootloop sendiri yang sering dialami HP tidak hanya HP Vivo saja sebenarnya melainkan juga berbagai merek HP lain diantaranya :

Bootloop ringan

Bootloop ringan ditandai dengan ketika kita sedang menyalakan ponsel kemudian program HP dapat masuk pada menu utama. Akan tetapi selang beberapa detik kemudian ponsel mengalami hang dan kemudian merestart kembali.

Bootloop biasa

Pada bootloop biasa, ketika kita sedang menyalakan ponsel kemudian HP mampu menyala dan muncul logo boot animasi. Kemudian masuk pada menu utamanya.

Bootloop parah

Bisa dibilang bahwa proses bootloop yang parah seperti penyakit kanker stadium 4 yang menyerang manusia. Hal tersebut karena ketika kita mencoba menyalakan ponsel, dia hanya mampu memunculkan logo animasi bahkan ponsel tidak mampu untuk masuk pada menu utamanya.

Nah, semuanya dapat Anda coba atasi dulu dengan cara mengatasi HP Vivo yang bermasalah diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

RELATED :  Cara mudah isi saldo M-Agen Pos Mobile tanpa ke Kantor Pos
Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *