Cara Mengatasi Bunyi Pada Lakher Rasio Pada Motor

  • Whatsapp

Cara Mengatasi Bunyi Pada Lakher Rasio – Bunyi ngaung atau bunyi nging yang timbul ketika sepeda motor anda berada pada RPM tinggi, merupakan masalah yang sering terjadi. Sumber permasalahan ini terletak pada lakher rasio sepeda motor tersebut. Dalam artikel kali ini, Jangeby Channel akan membahas dengan lebih detil apa sebetulnya yang terjadi pada lakher sepeda motor, bagaimana cara mengatasi permasalahan yang timbul, dan berapa biaya yang diperlukan untuk mengatasinya.

Contoh kasus diambil dari sepeda motor terparah 2020 yang dapat ditonton dengan lebih dekat pada link berikut disini. Sedangkan pembahasan lengkap tentang cara mengatasi bunyi dari lakher sepeda motor dapat dibuka di tautan berikut disini. Jangan lupa like, subscribe, dan nyalakan notifikasi jangeby channel untuk mendapatkan informasi terbaru seputar masalah dan solusi yang berkaitan dengan sepeda motor anda.

Read More

A picture containing small, engine, sitting, holdingDescription automatically generated

Kali ini kita akan melakukan cabut bearing atau lakher rasio dengan menggunakan tracker cabut bearing khusus. Sebenarnya, cabut bearing dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam alat. Ada yang cabut bearing dengan lilin, roti, dan masih banyak lagi. Pada video kali ini, Jangeby Channel melakukannya dengan menggunakan tracker cabut bearing yang serba multi guna.

A picture containing person, motorcycle, black, holdingDescription automatically generated

Sebelum kita mulai tutorialnya, Jangeby channel akan mengingatkan lagi cara melakukan perawatan yang baik pada gigi rasio. Perawatan baik tentunya dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada gigi rasio sepeda motor. Tentunya, teman-teman tidak ingin sepeda motornya mengalami kerusakan seperti pada video contoh. Pertama-tama, yang harus diperhatikan adalah selang hawa. Selang hawa harus selalu dijaga kesehatannya. Selang hawa yang robek atau tidak terpasang dengan benar akan membuat air, debu, dan kotoran masuk ke dalam gigi rasio. Yang kedua, selalu periksa seal as pulley. Apabila seal bocor maka oli akan keluar dan mengganggu kinerja pulley belakang. Dan yang ketiga adalah, seal as roda. Kebocoran pada seal as roda membuat oli keluar dari beberapa bagian gear box rasio. Oli gardan dan cara pemakaian juga harus diperhatikan. Gantilah oli gardan secara berkala dan gunakan sepeda motor anda dengan hati-hati di jalan.

A picture containing person, indoor, engine, sittingDescription automatically generated

Suara yang dihasilkan dari gigi rasio yang rusak dapat berupa suara ngiung, ngaung, ataupun suara menangis. Karakter bunyi yang bersumber dari gigi rasio rusak adalah bunyi dengung yang muncul ketika sepeda motor mencapai kecepatan di atas 50 kilometer per jam. Ukuran lakher untuk sepeda motor Mio G pada video sebenarnya sama dengan sepeda motor Mio jenis lain. Lakher yang digunakan adalah lakher dengan kode 2PH. Lakher as pulleynya menggunakan ukuran 6204. Sedangkan, ukuran lawannya adalah 6201. Untuk giginya sendiri ada dua buah dengan ukuran 6301. Lalu untuk lawan as roda berukuran 6303. Yang terakhir, lakher as roda memiliki ukuran 62/22.

A close up of an engineDescription automatically generated

Cara cabut bearing menggunakan tracker cukup mudah. Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah membuka trackernya supaya mata tracker mekar. Setelah itu masukkan, tracker ke dalam gigi rasio. Masukkan piringan tracker, tabung tracker, dan mur tracker. Putar sampe full dengan menggunakan kunci 19. Ketika sudah full, tracker akan lepas sendiri bersama dengan gigi rasio yang hendak diganti. Cara ini dapat digunakan untuk berbagai ukuran lakher. Yang perlu anda lakukan hanyalah menyesuaikan besar mata tracker yang dipakai. Setelah cabut bearing dilakukan, sepeda motor kembali sehat. Biaya untuk pergantian seluruh lakher sepeda motor ini kurang lebih sejumlah tujuh ratus ribu rupiah.

Tutorial cara mengganti lakher rasio dengan menggunakan tracker multiguna ini dibuat untuk membantu mengatasi permasalahan bunyi dengung yang timbul pada sepeda motor. Jangeby Channel berharap semoga tutorial ini mampu menjadi acuan perbaikan sepeda motor anda ke depannya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *