Cara Mengaktifkan Keamanan Sidik Jari Pada WhatsApp


Berikut adalah cara mengaktifkan fitur keamanan WhatsApp dengan sidik jari atau pingerprint, cara mengaktifkan keamanan sidik jari pada WhatsApp terbilang mudah, hanya perlu beberapa langkah saja.

Sebelum Anda mengaktifkan fitur keamanan dengan pingerprint atau sidik jari pada aplikasi WhatsApp, pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone yang dimiliki sudah support untuk pingerprint ini, bisa di cek pada pengaturan smarphone atau pada spesifikasi dari HP biasanya ada pada dus smartphonenya itu sendiri.

Fitur mengunci whatsapp dengan sidik jari hanya bisa diaktifkan pada smarphone yang sudah menggunakan sensor sidik jari, untuk smartphone yang belum memilki sensor sidik jari hanya bisa menggunakan PIN atau pengenalan wajah, pengenalan wajah sendiri menggunakan kamera depan.

Setelah dipastikan smartphone android yang dimaksud support fitur keamanan pingerprint atau sidik jari, selanjutnya sebelum melakukan aktivasi kunci sidik jari pada aplikasi whatsapp, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengaktifkan atau mendaftarkan sidik jari Anda pada pengaturan sidik jari yang ada pada smartphone minimal satu sidik jari. Caranya seperti berikut (pada contoh adalah menggunakan HP Samsung A03s);

Cara Mengaktifkan Keamanan Sidik

Cara Mendaftarkan sidik jari

  • Silahkan masuk kepengaturan HP Anda
  • Temukan Pengaturan biometrik lainnya
  • Sidik jari
  • Masukan PIN HP Anda apabila menggunakan PIN
  • Silahkan pindai sidik jari yang akan gunakan untuk membuka kunci nantinya
  • Pindai sidik jari Anda sampai terlihat penuh atau terlihat hijau semua pada gambar, lakukan sesuai perintah yang ada, lakukan mulai dari bagian tengah, angkat jari lalu tempelkan lagi bagian lainnya yang masih kosong sampai 100% hijau semua.
  • Setelah 100% sidik jari berhasil ditambahkan.
Related Posts :  Cara Mengatasi Patah Hati

Tips mendaftarkan sidik jari

  • Pilih sidik jari yang memang mudah dan nyaman digunakan untuk membuka HP
  • Pilih jari yang sidik jarinya normal atau utuh, jari tidak terluka atau kulitnya mengelupas.
  • Daftarkan sidik jari lebih dari satu, misal jari tangan kiri satu dan kanan satu.

Berikut vidio cara mendaftarkan sidik jari Anda pada pengaturan keamanan HP;

Apabila akan melakukan aktitivasi kunci sidik jari pada whatsapp, sebelumnya Anda harus mendaftarkan sidik jari Anda terlebih dahulu pada pengaturan biometrik di smartphone seperti diatas, setelahnya barulah aktivasi sidik jari pada whatsapp.

Apabila sidik jari sudah didaftarkan lanjut ke bagaimana cara mengatur atau mengunci WhatsApp dengan sidik jari?

Cara Mengaktifkan Keamanan Sidik Jari Pada WhatsApp

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp seperti biasa.
  • Klik pada titik tiga vertikal pada kanan atas Chat WhatsApp.
  • Klik pada Setelan.
  • Klik pada Akun.
  • Klik Privasi.
  • Klik Kunci sidik jari, apabila tidak ditemukan coba scroll kebawah.
  • Geser kekanan pada tombol Buka kunci dengan sidik jari.
  • Tekan pada sensor bergambar sidik jari, gunakan jari yang sudah didaftarkan sidik jarinya pada pengaturan smartphone sebelumnya.
  • Pada pilihan Kunci otomatis, pilih sesuai yang diinginkan. Segera artinya ketika WhatsApp di close ataupun layar HP mati maka akan langsung terkunci. Setelah 1 menit artinya untuk mengunci memerlukan 1 menit setelah aplikasi close atau layar HP mati. Sebaiknya pilih segera saja.

Cara aktifkan fitur keamanan WhatsApp dengan sidik jari atau pingerprint ini tentunya hanya bisa dilakukan pada perangkat Android yang sudah memiliki fitur sensor sidik jari, dan mendukng API sidik jari Google. Pada contoh cara mengunci whatsapp dengan sidik jari diatas saya sendiri menggunakan HP Samsung A30s, dan saya sendiri sudah mengatur atau mengaktifkan fitur keamanan sidik jari untuk membuka HP sebelumnya.

Related Posts :  Cara Mudah Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Tiba-tiba Hilang

Keamanan privasi pribadi sangat penting untuk diterapkan termasuk chat pada whatsapp, apalagi untuk pengguna yang sering menaruh HP dimana saja, membuat resiko chat whatsapp diketahui orang lain lebih besar. Dengan Anda menggunakan pengunci sidik jari, maka resiko itu akan diminimalisir, karena tanpa sidik jari Anda maka orang lain tidak bisa membuka aplikasi whatsapp Anda, sekalipun mengetahui PIN HP Anda.

Ketika mengaktifkan fitur ini maka WhatsApp yang ada pada HP Anda benar-benar tidak bisa dibuka oleh orang lain yang sidik jarinya tidak terdaftar, tidak seperti pembuka kunci layar yang bisa atau ada pilihan menggunakan PIN. Namun untuk menerima panggilan masuk masih bisa tanpa sidik jari.

Demikian cara mengaktifkan keamanan sidik jari pada aplikasi whatsApp, mudah untuk untuk dilakukan. Bagi pengguna HP dengan merk lain, mungkin akan sedikit berbeda untuk cara mendaftarkan sidik jarinya saja, silahkan bisa pelajari sendiri di pengaturan HP yang dimiliki. Pada vidio diatas menggunakan dua HP, yaitu HP Samsung A30s untuk cara mengaktifkan keamanan sidik jari pada whatsapp, dan A03s untuk mendaftarkan sidik jari pada pengaturan HP.

Tinggalkan komentar