Cara menambah ukuran kertas pada Printer

Ini adalah cara menambah ukuran kertas pada printer, pada document size melalui pengaturan printer printing preferences atau bisa juga melalui printer properties.

Menambah ukuran kertas pada printer dirasa penting ketika akan menggunakan printer baru, dimana pada saat pencetakan hasilnya suka terpotong atau tidak tercetak sebagian padahal margins kertas masil luas.

Ketika pada saat print menggunakan document size yang sudah tersedia terkadang ukuran yang sesungguhnya tidak sesuai dan mengakibatkan hasil pencetakan melewati margins dan tidak tercetak atau terpotong.

Sebagai contoh adalah ukuran legal, letter atau F4. Pada beberapa tipe printer seperti epson L1455 untuk F4 yang sebenarnya bisa dipilih adalah 8,5″x13″ atau 850MM X 130MM, namun untuk printer yang tidak memiliki default 8,5″x13″ maka baiknya di setting manual saja.

Ducument size pada printer tidak sesuai

Apa yang terjadi apabila ukuran kertas tidak sesuai dengan yang sebenar?

Ducument size default pada printer sebenarnya sudah benar apabila di negaranya, namun untuk di Indonesia sendiri ada ukuran kertas yang dibuat pabrik tidak sesuai dengan dengan ukuran yang dibuat pada printer, contohnya seperti disebutkan diatas, legal, letter, F4, kita menganggap itu ukuran yang sama bisa dicetak pada kertas ukuran F4, ya” untuk mencetak dengan margins yang luas pada dukumen memang bisa masuk tercetak dengan baik, namun ketika mencetak dokumen dengan margis super mepet, maka yang terjadi adalah hasilnya akan terpotong hilang sebagian biasanya bagian bawah, ini diakibatkan ukuran pada lembar kerja dukumen tidak sesuai dengan ukuran kertas yang sesunguhnya, ukuran kertas bisa dilihat pada bungkus kertas itu sendiri, misal F4 itu adalah 216MM X 330MM.

Bagaimana cara mengatasi hasil cetak pada printer yang terpotong?

Tentunya caranya sangat mudah, yaitu dengan cara menambah ukuran kertas pada printer, lakukan penambahan ukuran kertas pada masing-masing printer dengan cara berikut:

Cara menambah ukuran kertas pada printer

Cara menambah ukuran kertas pada printer dibawah ini dilakukan pada komputer dengan OS Windows 10.

  1. Silahkan cari Printer & Scanner pada pencarian windows
cara menambah ukuran kertas pada printer
Klik pada salah printer yang akan di setting
  1. Pilih printer yang akan ditambahkan ukuran kertasnya
cara menambah ukuran kertas pada printer
Pilih manage
  1. Klik Manage
cara menambah ukuran kertas pada printer
Pilih saja Printing preferences
  1. Klik pada Printing preferences atau bisa juga melalui Printer properties disarankan langsung saja melalui Printing preferences.
cara menambah ukuran kertas pada printer
Tampilan pada pengaturan document size
  1. Pilih User-Defined pada pilihan Document Size
  2. Buat nama pada Paper Size Name
  3. Pilih pada Unit mm
  4. Atur Paper Width (lebar) kertas, misal kertas F4 itu ukurannya adalah 216MM
  5. Atur Paper Heght (panjang) kertas kertas F4 sendiri memiliki ukuran 330MM, apabila ukuran kertas ingin disesuaikan silahkan ukur saja kertasnya menggunakan penggaris
  6. Klik Save dan OK, apabila tidak ingin menambah ukuran kertas lainnya.
  7. Apabila ingin menambahkan ukuran kertas lainnya jangan klik OK, tetapi silahkan klik lagi User-Defined, dan lanjut langkah 5 sampai 10, dan OK. Kemudian OK lagi pada halaman sebelumnya untuk selesai.
  8. Setelah selesai menambahkan ukuran kertas pada printer, silahkan cek pada Ducument Size apakah ukurannya yang dibuat tadi sudah ada pada pilihan.

Perlu diperhatikan pada saat membuka lembar kerja misal pada Word atau Excel, pastikan pengaturan Layout>Size sesuai ukuran kertas yang di tambahkan sebelumnya.

Begitupun ketika akan mencetak, diantara ukuran kertas pada lembar kerja dan ukuran Document Size yang dipilih pada printer harus selalu sama supaya tidak terjadi kesalahan dalam hasil cetak.

Menambahkan ukuran kertas pada printer memiliki manfaat, dimana ukuran kertas akan sesuai dengan ukuran kertas misal HVS atau pun jenis kertas lainnya seperti kertas foto yang tersedia dipercetakan atau dikantor.

Apabila printer lebih dari satu, maka penambahan ukuran kertas pada printer harus dilakukan pada setiap printer yang ada.

Mengatur ukuran kertas menjadi hal wajib sebelum melakukan pencetakan, dan tidak kalah wajibnya juga lakukan percobaan pencetakan satu atau dua lembar sebelum melakukan pencetakan secara masal, ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan pencetakan pada hasil.

Apabila ada kesalahan dalam mensetting tentunya harus diperbaiki terlebih dahulu, bisa dibayangkan ketika langsung mencetak secara masal maka kesalahan itu bisa menjadi kerugian yang besar.

cara menambah ukuran kertas pada printer
Diligkari adalah ukuran kertas yang ditambahkan secara manual.

Sampai disini cara menambah ukuran kertas pada printer sudah selesai, apabila tidak ada kesalahan dalam melakukannya maka ukuran kertas akan ditampilkan pada Document Size.

Tinggalkan komentar